MenPAN Sampaikan Kabar Terbaru Tes CPNS 2023

Menpan RB Azwar Anas (Devi-detikcom)
MenPAN-RB Azwar Anas (Devi/detik)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan persiapan tes CPNS pada 17 September 2023. Azwar mengatakan pihaknya sudah memperbaiki soal tes CPNS.

"Ya sekarang lagi persiapan, BKN juga mempersiapkan nanti September teman-teman juga mempersiapkan. Kami sudah siapkan konsolidasi soal," ujar Azwar kepada wartawan di gedung BRIN, Jakarta Pusat (Jakpus), Selasa (5/9/2023).

Azwar menjelaskan sebagian besar soal tes CPNS tahun lalu tak relevan. Dia mengatakan perbaikan dilakukan agar memperbesar peluang peserta lolos ujian.

"Karena tahun kemarin banyak yang nggak lolos sehingga kita harus lakukan reformulasi supaya mereka masuk. Karena kemarin bisa jadi sebagian pemahamannya, soalnya contoh kasus di kearsipan, masa pertanyaannya 'Siapa kepala arsip tahun 1970?' kan nggak ada urusannya dengan kompetensi," ujarnya.

Azwar mengatakan pihaknya telah memperbaiki soal tes CPNS 2023. Dia berharap perbaikan soal ujian bisa mempermudah peserta.

"Sekarang kita cek soalnya sudah kita perbaiki mudah-mudahan nanti ini lebih memberi ruang kesuksesan bagi teman-teman yang ikut tes," ujarnya.

Rencananya, pendaftaran dibuka mulai 17 September sampai 6 Oktober 2023. Setidaknya terdapat lowongan di 596 instansi, 72 di antaranya berasal dari kementerian/lembaga, 33 pemerintah provinsi, dan 491 pemerintah kota/kabupaten. Sedangkan untuk posisi yang dibutuhkan, kali ini pemerintah membuka 572.299 formasi yang terdiri dari 28.903 CPNS dan 543.396 PPPK.

"Persiapkan dirimu! Pendaftaran CASN 2023 resmi dibuka! Catat Jadwalnya," ungkap BKN dalam akun media sosial resminya.

"Pendidikan yang tersedia SMA sederajat sampai dengan Strata III (S3). Pendaftaran melalui (Situs) SSCASN," sambung BKN.(haf/haf)detik