Latihan Soal Seleksi PPPK Guru Lengkap Dengan Jawaban dan Pembahasan

 Kumpulan contoh soal PPPK guru 2023 berikut bisa dipelajari untuk meningkatkan peluang lolos seleksi. Berikut contoh soal dilengkapi jawabannya.

Ilustrasi. Kumpulan contoh soal PPPK guru 2023 lengkap dengan jawaban dan pembahasannya. (iStockphoto/andresr)

Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan berlangsung tidak lama lagi. Kumpulan contoh soal PPPK guru 2023 dibutuhkan oleh pelamar yang hendak menjadi tenaga pengajar di bidangnya.

Maka itu, peserta perlu mempelajari soal-soal yang mungkin akan keluar saat ujian agar meningkatkan peluang lolos seleksi.

PPPK merupakan pegawai aparatur sipil negara yang nantinya akan diangkat menjadi pegawai dengan perjanjian kerja sesuai instansi yang dibutuhkan pemerintah.

Tes kompetensi teknis PPPK guru ini digunakan menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan, dalam hal ini untuk jabatan fungsional guru.

Dikutip dari Buku Panduan Resmi Seleksi TES CPNS PPPK 2023/2024 dan Seleksi TES CPNS PPPK 2022/2023, berikut contoh soal PPPK guru 2023 untuk bahan latihanmu.

1. Menurut teori kognitif, ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan ....

A. Materi belajar
B. Guru
C. Teman belajar
D. Keluarga
E. Lingkungan

Jawaban E.

2. Anak belajar melalui bentuk perumpamaan dan perbandingan untuk memahami dunia sekitarnya merupakan salah satu tahapan dalam perkembangan kognitif menurut Bruner, tepatnya tahap ....

A. Enaktif
B. Ikonik
C. Simbolik
D. Komparasi
E. Informatif

Pembahasan: Bruner menyebutkan perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap dari caranya melihat lingkungan yaitu:

  • Tahap enaktif yaitu seseorang melakukan aktivitas-aktivitas dalam upayanya untuk memahami lingkungan sekitarnya.
  • Tahap ikonik yaitu seseorang memahami objek-objek atau dunianya melalui gambar dan visualisasi verbal. Artinya, dalam memahami dunia sekitarnya anak belajar melalui bentuk perumpamaan dan perbandingan.
  • Tahap simbolik yaitu seseorang telah mampu memiliki ide-ide atau gagasan-gagasan abstrak yang sangat dipengaruhi oleh kemampuannya dalam berbahasa dan logika.

Jawaban B.


3. Tujuan belajar dirangkum dalam tiga kawasan yang biasa disebut dengan Taksonomi Bloom. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam tingkatan kawasan afektif adalah .....

A. Penerimaan
B. Penggunaan
C. Pemberian respons
D. Pemberian nilai
E. Karakterisasi

Pembahasan: kawasan afektif terdiri atas lima tingkatan yaitu penerimaan, pemberian respons, pemberian nilai, pengorganisasian, dan karakterisasi.

Jawaban B.


4. Materi pelajaran yang disusun dengan menggunakan pola atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks merupakan penerapan dari teori belajar ....

A. Konstruktivisme
B. Humanistik
C. Behavioristik
D. Kognitif
E. Semua jawaban benar

Pembahasan : Teori kognitif merupakan ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang melalui proses interaksi yang berkesinambungan sehingga materi pelajaran disusun dengan menggunakan pola atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks.

Jawaban D.


5. Berdasarkan Teori Kolb, peserta didik yang sangat kritis, suka menganalisis, selalu berpikir rasional menggunakan penalarannya termasuk dalam tipe peserta didik .....

A. Teoris
B. Aktivis
C. Pragmatis
D. Reflektor
E. Evaluator

Berdasarkan Teori Kolb, peserta didik digolongkan menjadi empat tipe, yaitu:

  • Peserta didik tipe aktivis yaitu peserta didik yang cenderung melibatkan diri dan berpartisipasi aktif pada berbagai kegiatan dengan tujuan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.
  • Peserta didik tipe reflektor, tipe ini cenderung berhati-hati mengambil langkan dan penuh pertimbangan.
  • Peserta didik tipe teoris, tipe ini biasanya sangat kritis, suka menganalisis, seallu berpikir rasional menggunakan penalarannya.
  • Peserta didik tipe pragmatis, tipe ini menaruh perhatian besar terhadap aspek-aspek praktis dalam segala hal, mereka tidak suka bertele-tele dalam membahas aspek teoritis-filosofis dari sesuatu.

Jawaban A.


6. Dalam teori belajar konstruktivistik, guru tidak mentransfer pengetahuan yang telah dimilikinya, melainkan membantu peserta didik untuk ....

A. Menemukan cara belajar yang tepat
B. Memahami konsep pengetahuan
C. Menemukan pengetahuan baru
D. Mengembangkan kepribadian dan karakter
E. Membentuk pengetahuannya sendiri

Pembahasan : Dalam teori belajar konstruktivistik, guru tidak mentransfer ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya, melainkan untuk membantu peserta didik membentuk pengetahuannya sendiri sehingga guru dituntut untuk lebih memahami jalan pikiran atau cara pandang peserta didik dalam belajar.

Jawaban E.


7. Dalam proses mengajar Bu Ida berusaha untuk menawarkan berbagai sumber belajar kepada peserta didik seperti situs-situs web yang mendukung pembelajaran. Tindakan yang dilakukan oleh Bu Ida tersebut merupakan penerapan dari teori ....

A. Humanistik
B. Behavioristik
C. Kognitif
D. Konstruktivistik
E. Mimetik

Pembahasan : Penerapan teori humanistik akan sangat baik saat guru dapat membuat hubungan yang kuat dengan peserta didik juga membantunya berkembang secara bebas.

Contohnya dalam proses belajar guru dapat menawarkan berbagai sumber belajar kepada peserta didik seperti situs web yang mendukung.

Jawaban A.


8. Zona perkembangan proksimal menurut Vygotsky meliputi tahapan-tahapan di bawah ini, kecuali ....

A. Tindakan anak masih dipengaruhi atau dibantu orang lain
B. Tindakan anak yang didasarkan atas inisiatif sendiri
C. Tindakan anak berkembang spontan dan terinternalisasi
D. Tindakan anak berkembang terarah dan memiliki tujuan
E. Tindakan anak spontan akan terus diulang-ulang hingga anak siap untuk berpikir abstrak

Pembahasan : Vygotsky mengemukakan ada empat tahapan Zona Perkembangan Proksimal yang terjadi dalam perkembangan dan pembelajaran, yaitu:

  • Tahap 1: tindakan anak masih dipengaruhi atau dibantu orang lain.
  • Tahap 2: tindakan anak yang didasarkan atas inisiatif sendiri
  • Tahap 3: tindakan anak berkembang spontan dan terinternalisasi
  • Tahap 4: tindakan anak spontan akan terus diulang-ulang hingga anak siap untuk berpikir abstrak.

Jawaban D.


9. Dalam menerapkan teori belajar Ausubel terdapat dua fase yang harus dilalui yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Dalam fase perencanaan guru melakukan beberapa hal di bawah ini, kecuali ....

A. Menetapkan tujuan pembelajaran
B. Mendiagnosis latar belakang pengetahuan peserta didik
C. Membuat struktur materi
D. Memformulasikan Advance Organizer
E. Memformulasikan rekonsiliasi integratif

Pembahasan: Pada fase perencanaan dalam penerapan teori belajar Ausubel, guru melakukan hal-hal berikut:

  • Menetapkan tujuan pembelajaran
  • Mendiagnosis latar belakang pengetahuan peserta didik
  • Membuat struktur materi
  • Memformulasikan Advance Organizer

Jawaban E.


10. Proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan suatu aturan melalui contoh-contoh yang menggambarkan aturan yang menjadi sumbernya. Pernyataan tersebut merupakan teori belajar dari .....

A. Thorndike
B. Piaget
C. Bruner
D. Ausubel
E. Dorman

Pembahasan : Jerome Bruner merupakan tokoh teori kognitif yang mengembangkan teori free discovery learning.

Teori tersebut menjelaskan proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan suatu aturan termasuk konsep, teori, definisi dan sebagainya melalui contoh-contoh yang menggambarkan atau mewakili aturan yang menjadi sumbernya.

Jawaban C.

11. Aktivitas belajar yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual, dan proses internal merupakan hakikat belajar berdasarkan teori ....

A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Konstruktivisme
E. Elaborastik

Pembahasan : Hakekat belajar menurut teori kognitif dijelaskan sebagai suatu aktivitas belajar yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual dan proses internal.

Jawaban B.


12. Dalam proses pembelajaran yang dimaksud dengan pesan adalah .....

A. Simbol komunikasi
B. Media pembelajaran
C. Informasi dari guru
D. Materi pembelajaran
E. Pernyataan dari guru

Pembahasan : Pesan atau message merupakan maksud atau informasi yang akan disampaikan oleh komunikator melalui simbol-simbol. Dalam proses pembelajaran yang dimaksud dengan pesan adalah materi pelajaran.

Jawaban E.


13. Pengetahuan keahlian dan algoritma spesifik suatu subjek termasuk ke dalam jenis pengetahuan .....

A. Prosedural
B. Teknikal
C. Metakognitif
D. Faktual
E. Konseptual

Pembahasan: Pengetahuan prosedural adalah pengetahuan mengenai bagaimana melakukan sesuatu. Berikut ini yang termasuk pengetahuan prosedural:

  • Pengetahuan keahlian dan algoritma spesifik suatu subjek
  • Pengetahuan teknik dan metode spesifik suatu objek
  • Pengetahuan kriteria untuk menentukan kapan menggunakan prosedur-prosedur yang tepat

Jawaban A.


14. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam gejala alam abiotik adalah .....

A. Penyebaran hama
B. Pelangi
C. Terjadinya siang dan malam
D. Terjadinya tsunami
E. Bertiupnya angin

Pembahasan : Gejala alam abiotik merupakan serangkaian fenomena yang terjadi akibat benda-benda mati seperti tsunami, bertiupnya angin, hujan, siang dan malam, serta pelangi.

Jawaban A.


15. Guru yang baik harus mampu mengelola pesan yang menarik yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tahapan pertama dalam penyusunan pesan yang baik adalah ....

A. Tahap penelitian
B. Tahap kebutuhan
C. Tahap tindakan
D. Tahap perhatian
E. Tahap visualisasi

Pembahasan : Lima tahap dalam penyusunan pesan yang baik meliputi tahap perhatian, tahap kebutuhan, tahap pemuasan, tahap visualisasi dan tahap tindakan.

Jawaban D.


16. Perkembangan sosial peserta didik dapat dilihat dari kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan sosial peserta didik dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, kecuali .....

A. Keluarga
B. Kematangan
C. Teman
D. Pengalaman
E. Status sosial

Pembahasan : Beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan sosial peserta didik adalah keluarga, kematangan, teman sebaya, sekolah dan status sosial ekonomi.

Jawaban D.


17. Mengikat tali sepatu dan mengancingkan pakaian adalah perkembangan motorik halus yang dimiliki oleh anak berusia ....

A. 4 tahun
B. 5 tahun
C. 6 tahun
D. 7 tahun
E. 8 tahun

Pembahasan : Perkembangan motorik halus anak usia enam tahun adalah kemampuan anak dapat menempel, mengikat tali sepatu dan mengancingkan pakaian.

Jawaban C.


18. Sebelum memulai proses pembelajaran, Bu Damara meminta anak didiknya untuk mengisi sebuah angket yang berisi pertanyaan terkait kegiatan yang biasa dilakukan anak didik di rumah dan kebiasaan saat menghabiskan waktu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ....

A. Motivasi peserta didik
B. Emosi peserta didik
C. Kemampuan awal peserta didik
D. Kondisi sosial peserta didik
E. Gaya belajar peserta didik

Pembahasan : Salah satu cara untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki anak didik adalah dengan menggunakan angket gaya belajar anak.

Dalam angket tersebut ada beberapa pertanyaan terkait kebiasaan belajar, memahami hal menyenangkan yang mereka lakukan untuk menghabiskan waktu.

Jawaban E.


19. Media dan proses pembelajaran berikut sangat sesuai digunakan untuk peserta didik dengan gaya belajar visual, kecuali .....

A. Mengunjungi tempat bersejarah
B. Diskusi dua arah
C. Handout
D. Multimedia
E. Poster

Pembahasan : Diskusi dua arah merupakan proses pembelajaran yang lebih sesuai untuk peserta didik dengan gaya belajar audio.

Jawaban B.


20. Karakteristik peserta didik harus menjadi perhatian dan pijakan pendidik dalam melakukan seluruh aktivitas pembelajaran. Karakteristik peserta didik meliputi hal-hal berikut ini, kecuali .....

A. Etnik
B. Kultural
C. Minat
D. Perkembangan moral dan spiritual
E. Wilayah

Pembahasan : Karakteristik peserta didik meliputi etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral dan spiritual juga perkembangan motorik.

Jawaban E.

21. Berdasarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan yang meliputi ....

A. Pengetahuan, keterampilan dan kreativitas
B. Sikap, pengetahuan dan kreativitas
C. Sikap, pengetahuan dan keterampilan
D. Sikap, keterampilan dan kreatifitas
E. Keterampilan, kreativitas dan pemahaman

Pembahasan : Permendikbud No 20 Tahun 2016 menyatakan Standar Kompetensi Lulusan terkait kriteria kualifikasi kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Jawaban C.


22. Indikator Pencapaian Kompetensi yang utama adalah indikator kunci yang memiliki ciri-ciri berikut, kecuali ....

A. Indikator yang sangat memenuhi kriteria UKRK
B. Memiliki sasaran untuk mengukur ketercapaian standar minimal dari KD
C. Dinyatakan secara tertulis dalam pengembangan RPP
D. Kompetensi yang dituntut adalah kompetensi minimal yang terdapat pada KD
E. Kompetensi yang dituntut melebihi dari tuntutan kompetensi standar minimal KD

Pembahasan : Ciri-ciri indikator kunci adalah:

  • Indikator yang sangat memenuhi kriteria UKRK yaitu Urgensi, Keterkaitan, Relevansi, Keterpakaian
  • Kompetensi yang dituntut adalah kompetensi minimal yang terdapat pada KD
  • Memiliki sasaran untuk mengukur ketercapaian standar minimal dari KD
  • Dinyatakan secara tertulis dalam pengembangan RPP dan harus teraktualisasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehingga kompetensi minimal yang harus dikuasai peserta didik tercapai berdasarkan tuntutan KD mata pelajaran

Jawaban E.


23. Langkah pertama dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan model pembelajaran adalah ....

A. Rumuskan kegiatan inti
B. Pahami KD yang sudah dianalisis
C. Pahami IPK dan materi pembelajaran yang telah dikembangkan
D. Pahami sintak-sintak yang ada pada model pembelajaran
E. Tentukan sumber belajar

Pembahasan : Langkah-langkah kegiatan pembelajaran berdasarkan model pembelajaran:

  • Pahami KD yang sudah dianalisis
  • Pahami IPK dan materi pembelajaran yang telah dikembangkan
  • Pahami sintak-sintak yang ada pada model pembelajaran, rumuskan kegiatan pendahuluan yang meliputi orientasi, motivasi dan apersepsi
  • Rumuskan kegiatan ini
  • Rumuskan kegiatan penutup
  • Tentukan sumber belajar berdasarkan kegiatan pembelajaran
  • Rumusan penilaian yaitu formatif dan sumatif untuk pembelajaran yang mengacu kepada IPK

Jawaban B.


24. Langkah strategi terakhir dalam mendesain pembelajaran berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah ....

A. Menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi
B. Menentukan dan menganalisis KD sekaligus menentukan target yang akan dicapai
C. Merumuskan indikator
D. Merumuskan tujuan pembelajaran
E. Memproyeksikan sumbu simetri dengan mengombinasikan dimensi pengetahuan dan proses berpikir

Pembahasan : Ada lima langkah strategi yang harus diperhatikan dalam mendesai pembelajaran beroreintasi kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu:

  • Menentukan dan menganalisis KD sekaligus menentukan target yang akan dicapai
  • Memproyeksikan sumbu simetri dengan mengombinasikan dimensi pengetahuan dan proses berpikir
  • Merumuskan indikator
  • Merumuskan tujuan pembelajaran
  • Menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi

Jawaban A.


25. IPK pengayaan dirumuskan apabila peserta didik sudah memenuhi ....

A. IPK kunci
B. IPK pendukung
C. Kompetensi minimal KD
D. Kompetensi minimal KI
E. Standar kelulusan

Pembahasan : IPK pengayaan dirumuskan apabila kompetensi minimal KD sudah dipenuhi oleh peserta didik

Jawaban C.


26. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan analisis SKL dan KI adalah ....

A. Membaca dan memahami tentang SKL dan standar isi
B. Melihat keterkaitan antara SKL dan KI
C. Melihat tuntutan yang ada pada deskripsi SKL dan KI
D. Melihat target dan pembelajaran pada SKL dan KI
E. Memperhatikan tempat penerapan yang digambarkan pada SKL dan KI

Pembahasan : Urutan langkah yang harus dilakukan dalam melakukan analisis SKL dan KI adalah:

  • Membaca dan memahami tentang SKL dan standar isi
  • Melihat tuntutan yang ada pada deskripsi SKL dan KI
  • Memperhatikan dimensi dan komponen pengetahuan atau keterampilan pada SKL dan KI
  • Memperhatikan tempat penerapan yang digambarkan pada SKL dan KL
  • Melihat keterkaitan antara SKL dan KI

Jawaban A.


27. Dalam pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi, rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi harus menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang ....

A. Sesuai karakteristik peserta didik
B. Sesuai Kompetensi Dasar
C. Memperhatikan kebutuhan peserta didik
D. Bisa diukur
E. Tepat sasaran

Pembahasan : Pengembangan IPK memperhatikan hal-hal berikut:

  • Proses berpikir yang akan dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi minimal yang ada pada KD
  • Rumusan IPK menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang bisa diukur
  • Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas, dan mudah dipahami
  • Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda
  • Hanya mengandung satu tindakan
  • Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat, dan lingkungan atau daerah

Jawaban D.


28. Sesuai dengan tuntutan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Dasar, pasangan target KD terdiri atas Kompetensi Dasar ....

A. Inti dan Pengayaan
B. Pengetahuan dan Keterampilan
C. Pengayaan dan Pendukung
D. Inti dan Pengetahuan
E. Pengetahuan dan Pengayaan

Pembahasan : Target Kompetensi Dasar meliputi KD pengetahuan dan KD Keterampilan

Jawaban B.


29. Pendekatan saintifik terdiri atas lima langkah kegiatan belajar berikut ini, kecuali ....

A. Mengamati
B. Menelaah
C. Mencoba
D. Menanya
E. Menalar

Pembahasan : Lima langkah pendekatan saintifik yakni mengamati (observing), menanya (questioning), mengumpulkan informasi atau mencoba (experimenting), menalar atau mengasosiasi (associating), mengomunikasikan (communicating).

Jawaban B.


30. Rumusan kegiatan inti pembelajaran berdasarkan pada hal-hal berikut ini, kecuali ....

A. IPK
B. Karakteristik peserta didik
C. Pendekatan saintifik
D. Sumber belajar
E. PPK dan literasi

Pembahasan : Rumusan kegiatan inti pembelajaran berdasarkan pada:

  • IPK
  • Karakteristik peserta didik
  • Pendekatan saintifik
  • 4C (creativity, critical thinking, communication, collaboration)
  • PPK dan literasi

Jawaban D.

31. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus...

A. Merencanakan penilaian secara bertahap dan terus-menerus.
B. Menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar.
C. Menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor.
D. Menggunakan teknik penilaian yang beragam.
E. Ada tiga jawaban benar.

Jawaban C.


32. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut...

A. Pengukuran.
B. Asesmen.
C. Tes.
D. Evaluasi.
E. Semua benar.

Jawaban D.


33. Penilaian hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar...

A. Tes dikerjakan dengan santai, tidak serius.
B. Kemampuan siswa dapat meningkat.
C. Siswa dapat menunjukkan apa yang dipahaminya.
D. Siswa tidak merasa rendah diri.
E. Semua jawaban salah.

Jawaban C.


34. Kelemahan dari penilaian acuan kriteria adalah...

A. Harus menghitung rata-rata lebih dahulu.
B. Kriteria keberhasilan selalu berubah.
C. Tidak dapat dijadikan ukuran untuk menilai keberhasilan pengajaran.
D. Dapat terjadi semua siswa tidak lulus.
E. Semua jawaban benar.

Jawaban D.


35. Aspek konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian antara lain...

A. Pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sesuai indikator.
B. Rumusan kalimat harus dalam bentuk kalimat tanya.
C. Pertanyaan menurut jawaban terurai dan ada pedoman penyekorannya.
D. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda.
E. Ada dua jawaban benar.

Jawaban C.


36. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah...

A. Menentukan siapa yang akan mengobservasi.
B. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi.
C. Menentukan kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi.
D. Menentukan rencana sampling.
E. Semua jawaban salah.

Jawaban B.


37. Suatu sekolah menetapkan kriteria ketuntasan mata pelajaran Fisika adalah 70 persen. Jika suatu tes skor maksimalnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65, maka skor minimal untuk lulus adalah...

A. 45,5.
B. 56.
C. 65.
D. 70.
E. 75.

Jawaban B.


38. Adat yang sudah mengakar dan menjadi tradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan di bidang...

A. Cultural block.
B. Mental block barries.
C. Social block.
D. System block.
E. Cultural social.

Jawaban A.


39. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.

A. Dapat memecahkan suatu masalah.
B. Memiliki unsur keterbaruan.
C. Memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah.
D. Tidak harus baru yang penting pembelajarannya menjadi bervariasi.
E. Ada dua jawaban benar.

Jawaban B.


40. Kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi, dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep...

A. Kompetensi.
B. Standar kompetensi.
C. Kompetensi dasar.
D. Indikator pencapaian belajar.
E. Semua jawaban benar.

Jawaban B.


41. Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah pada umumnya menyajikan tentang...

A. Rangkuman dan tindak lanjut.
B. Simpulan umum.
C. Rekomendasi penulis.
D. Simpulan dan saran.
E. Ada dua jawaban benar.

Jawaban D.


42. Tulisan analisis konseptual terdiri dari...

A. Judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi.
B. Judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, dan referensi.
C. Judul, pendahuluan, diskusi, kesimpulan, dan referensi.
D. Judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, dan referensi.
E. Tidak ada jawaban benar.

Jawaban B.


43. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhatikan dalam menelaah soal bentuk uraian, kecuali...

A. Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi.
B. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian.
C. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
D. Tabel dan grafik disajikan dengan jelas dan terbaca.
E. Tidak ada jawaban benar.

Jawaban A.


44. Referensi memuat semua rujukan yang...

A. Pernah dibaca penulis.
B. Perlu dibaca pembaca.
C. Dimuat dalam badan tulisan.
D. Diperlukan dalam pengembangan tulisan.
E. Semua jawaban benar.

Jawaban C.

45. Adalah proses komunikasi di mana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama. Pernyataan tersebut termasuk komunikasi...

A. Linier.
B. Kontradiktif.
C. Konvergen.
D. Collective.
E. Semua jawaban benar.

Jawaban C.


46. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang atau geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan...

A. Kegiatan pemeliharaan terbatas.
B. Fasilitas fisik.
C. Ukuran kewilayahan.
D. Penggunaan waktu.
E. Tidak ada jawaban.

Jawaban C.


47. Alat penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa...

A. Tes.
B. Daftar pertanyaan.
C. Lembar observasi.
D. Lembar wawancara.
E. Semua jawaban benar.

Jawaban A.


48. Suatu kegiatan yang dilakukan suatu pihak untuk menyampaikan berita kepada pihak yang lain disebut...

A. Telepon.
B. Telegram.
C. Telekomunikasi.
D. Komunikasi.
E. Semua jawaban salah.

Jawaban D.


49. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah...

A. Menjelaskan partisipan.
B. Menulis masalah yang sudah pernah dibahas.
C. Memecahkan suatu penelitian menjadi beberapa artikel.
D. Melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian.
E. Semua jawaban salah.

Jawaban C.


50. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali...

A. Memberikan umpan balik bagi siswa.
B. Mendiagnosis kesulitan belajar siswa.
C. Memberikan umpan balik bagi guru.
D. Mengontrol perkembangan siswa.
E. Semua jawaban salah.

Jawaban D.

Itulah 50 contoh soal PPPK guru 2023 beserta jawabannya. Semoga membantu.

(glo/fef) cnnindonesia