Seleksi CPNS 2023 dan PPPK Dibuka Pertengahan Tahun


Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan, perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk formasi CPNS 2023 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka pada tahun ini.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni menyatakan, pihaknya ingin agar seleksi CPNS dan PPPK 2023 bisa digelar lebih cepat daripada tahun lalu.

"Tengah tahun. Kita pingin lebih cepat dari tahun lalu. Tahun lalu kan telat nih, dari 2022 kegeser ke 2023 eksekusinya sebagian. Ini kita mau lebih cepat," tegas Alex Denni saat ditemui di The Westin Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Sebagai catatan, pemerintah di tahun lalu memang terlambat mengadakan penerimaan PPPK 2022. Rencana perekrutan sudah diusung sejak awal menuju pertengahan tahun, namun proses pendaftarannya baru dibuka per Oktober-Desember 2022.

Saat ditanyai soal jadwal perekrutan PPPK dan CPNS 2023, Alex Denni mengatakan, itu akan dirundingkan dengan sejumlah stakeholder terkait pada Kamis (26/1/2023) besok.

"Proses ini jalan, besok kita sepakati timeline 2023. Jadi setelah besok baru kita punya timeline 2023," ujar dia.

Begitu pun soal total formasi yang akan disediakan dalam proses perekrutan kali ini, ia belum bisa menyebut angka. Namun, ia menyebut akan ada tiga formasi prioritas.

"Kita prinsipnya memenuhi kebutuhan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berkaitan dengan digital, karena kita mau transformasi digital. Itu prioritas," pungkas Alex Denni.lipuran6