Bocoran Jadwal Seleksi CASN 2023 Dibuka

SKB CPNS
Foto: SKB CPNS (Luthfy Syahban/detik

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkap bahwa seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 akan dibuka pertengahan tahun ini.

Seleksi dilakukan untuk mencari calon pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Tengah tahun. Kita pengen lebih cepat dari tahun lalu. Tahun lalu kan telat nih (PPPK) 2022 kegeser ke 2023 eksekusinya sebagian," kata Alex Denni saat ditemui di The Westin Jakarta, Rabu (25/01/2023).

Kendati demikian, Alex belum dapat memastikan berapa formasi yang ditetapkan untuk tahun ini. Menyangkut formasi hingga timeline seleksi tersebut, akan dibahas tuntas dalam rapat yang dilaksanakan esok hari.

"Oh baru besok kita mau meeting (formasi dan timeline)," katanya.

Alex menekankan, untuk seleksi kali ini pihaknya akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan. Setelah ini barulah akan berlanjut ke tenaga digital selaras dengan tengah didorongnya transformasi digital.

Ia juga menjelaskan, formasi ini guru dan tenaga kesehatan ini terlebih dulu akan ditetapkan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tak lupa, pihaknya juga tengah menghimpun usulan kebutuhan formasi dari instansi pemerintahan daerah.

"Kita prinsipnya memenuhi kebutuhan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berkaitan dengan digital karena kita mau transformasi digital. Itu prioritas," kata Alex.

Lebih lanjut Alex mengatakan, proses persiapan seleksi CPNS ini akan terus dijalankan seiring dengan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang tengah berjalan saat ini.

Ia berharap, seleksi kali ini bisa dimulai lebih cepat dari tahun sebelumnya, di mana seleksi PPPK sendiri baru di buka di kisaran Desember 2023. Karena itulah, PANRB menargetkan seleksi kali ini akan dibuka lebih awal, yakni di pertengahan tahun ini.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Kepala Biro Data, Komunikas, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Mohammad Averrouce mengatakan hingga kini progres mengenai CPNS 2023 masih dalam tahap pembahasan antar kementerian atau lembaga terkait.

"Masih proses pembahasan bersama K/L/D," kata Averrouce kepada detikcom melalui pesan singkat, Minggu (15/1/2023).

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas juga sempat mengatakan, pemerintah akan membuka rekrutmen CPNS 2023. Dirinya juga mengungkapkan beberapa formasi lowongan CPNS 2023 yang akan dibuka nanti.

"Calon PNS tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, agen, dan tenaga teknis tertentu lainnya," beber Anas , Rabu (21/12/2022) lalu.

Anas menjelaskan, lowongan CPNS ini akan dibuka seiring dengan indikator jumlah PNS yang akan pensiun. Sementara pemerintah juga harus memenuhi SDM untuk mendukung program strategis nasional dengan mempertimbangkan letak geografis dan kemampuan anggaran.

"Selain itu disiapkan/dikaji terkait pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua barat serta DOB Papua," katanya.

Selain rekrutmen CPNS 2023, pemerintah juga akan kembali membuka lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). "Untuk tahun 2023, pemerintah melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK," kata Anas.

Untuk saat ini, proses rekrutmen atau lowongan CPNS dan PPPK 2023 masih dalam tahap proyeksi kebutuhan. Selain itu, juga mempertimbangkan usulan yang disampaikan oleh Kementerian/Lembaga dan Pemda.detik