Tips dan Trik Lolos ASN 2024 dari Nazir Lulusan ASN

Berikut Tips dan Trik Lolos CPNS/PPPK 2024 dari Nazir, Lulusan Tahun Lalu

Muhammad Nazir Putra, lulusan tahun lalu bagikan tips lolos CPNS/PPPK 2024 dan trik ikut tes menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Mudah, Berikut Tips dan Trik Lolos CPNS/PPPK 2024 dari Nazir, Lulusan Tahun Lalu
Dok. Kemenpan RBILUSTRASI CPNS - Latihan soal CPNS 2024, lengkap dengan link pendaftaran dan jadwal daftarnya akan diulas sebagai berikut. 

Berikut tips dan trik agar lolos CPNS dan PPPK 2024.

Tips dan trik ini dibagikan oleh lulusan CPNS tahun lalu.

Adalah Muhammad Nazir Putra, Aparatur Sipil Negara (ASN) asal Blang Asan Pidie yang kini sudah menetap di Ulee Kareng, Banda Aceh ini lulus tes PPPK pada 2023 lalu.

Dia lulus di percobaan pertamanya usai menyingkirkan sekitar 50-an pesaing dari 7 kuota yang disediakan untuk formasi guru di Kota Banda Aceh.

Rencananya, dia akan menerima SK serta pelantikan pada akhir April ini, dan nantinya bakal bekerja di SD Negeri 4 Banda Aceh.

Alumnus S2 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini bercerita, sempat ragu pada tahap pemberkasan karena tes kali ini merupakan pengalaman pertamanya mendaftar jadi ASN.

"Pengalaman pertama ikut tes dengan sistem yang bagi saya kala itu lumayan sulit ya, karena dengan pengalaman perdana juga," ungkap Nazir  Minggu (21/4/2024).

Sempat berulang kali harus membeli e-meterai yang menguras kantong saat pemberkasan, sebab diakuinya masih perdana dan belum punya pengalaman sama sekali mendaftar CPNS/PPPK.

"Akhirnya dengan nekat di H-1 penutupan pendaftaran, baru sukses untuk pemberkasan," kenangnya.

Sempat takut dan insecure karena banyaknya saingan mendaftar, ditambah melihat tingginya nilai teman-teman yang satu formasi ikut ujian lebih awal pada hari pertama, membuat Nazir tambah pesimis.

Meski demikian, semua kerja keras yang dilakukannya selama ini terbayar lunas saat diketahui dia menjadi peserta dengan nilai 589 dan menempatkannya sebagai peraih nilai tertinggi kedua.

"Dengan bismillah dan minta doa restu orang tua, pada hari kedua saat saya melihat papan live score, alhamdulillah memperoleh peringkat kedua," ungkap Nazir.

Muhammad Nazir Putra, lulusan tahun lalu bagikan tips lolos CPNS/PPPK 2024 dan trik ikut tes menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).
Muhammad Nazir Putra, lulusan tahun lalu bagikan tips lolos CPNS/PPPK 2024 dan trik ikut tes menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). (FOR SERAMBINEWS)

Tips Lolos CPNS/PPPK ala Nazir

Sementara pada kesempatan yang sama, alumnus Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK UIN Ar-Raniry lulusan 2021 itu menyampaikan beberapa tips lolos CPNS/PPPK 2024 berdasarkan pengalamannya seperti yang berikut ini.

1. Belajar Soal dan Ikut Try Out

Para pejuang CPNS/PPPK tahun 2024, hal utama yang harus disiapkan di awal sebelum tes adalah banyak-banyak belajar dan latihan soal dari berbagai sumber.

Sebab menurutnya, tes untuk PPPK jauh lebih berat dibandingkan CPNS karena selain soal yang diberikan berbentuk bidang, juga dikombinasikan dengan soal kompetensi dasar.

Setelah belajar soal-soal untuk tes, kemudian disarankan mengikuti try out untuk memprediksi kemampuan diri sendiri dan dapat menargetkan nilai yang akan diperoleh saat hari H nantinya.

"Saya sendiri murni belajar otodidak dari internet seperti membaca contoh-contoh soal dari Tribun dan artikel Serambi, tanpa mengikuti bimbingan belajar (Bimbel)," ungkap Nazir.

Alumnus Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (USK) lulusan 2022 sekaligus penerima beasiswa Bidikmisi itu juga bercerita, dirinya sering menganalisa dan membuat soal sendiri serta menyelesaikannya berdasarkan contoh soal yang ada di internet.

"Bahkan saya fokus kali belajar soal-soal tes saat seminggu sebelum hari H, sempat ikut try out online juga sekali," kenang Nazir.

2. Teliti saat Pemberkasan

Dia juga menyampaikan, setiap instansi berbeda-beda mengenai pemberkasan administrasi yang dibutuhkan.

Untuk itu, dia menyarankan agar sebelum meng-upload berkas harap membaca terlebih dahulu dengan teliti, memahami serta melihat kembali apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang diminta atau belum.

3. Trik saat Ikut Tes

Kemudian bagi peserta CPNS/PPPK disarankan agar mengerjakan soal yang dirasa mudah terlebih dahulu dan dirasa yakin jawabannya sudah benar.

"Jangan sampai berlarut dengan satu soal yang sulit sehingga waktu terus berjalan terbuang sia-sia," jelas Nazir.

Selanjutnya untuk menghadapi wawancara, usahakan agar memberikan jawaban yang terbaik sesuai dengan bidang yang akan dikerjakan nantinya.

"Pesan saya untuk teman-teman pejuang CPNS/PPPK 2024, jangan kalah sebelum bertanding dan percaya diri itu penting," ungkap Nazir.

"Percaya diri diiringi doa restu orang tua itu penting dan paling utama. Dari semua tahapan yang dilalui, tetap minta doa restu orang tua supaya dimudahkan kesuksesan untuk kita," pungkasnya.

Cara Buat Akun CPNS/PPPK dan Kisi Soal

Diketahui tahun ini pemerintah bakal membuka seleksi CPNS mulai pada bulan Mei 2024 mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengonfirmasi, bila formasi belum terpenuhi maka akan dibuka seleksi berikutnya hingga akhir tahun ini.

"Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei," kata Anas dikutip Kompas.com, Jumat (29/3/2024).

“Dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024," sambungnya.

Selanjutnya mengenai link pendaftaran CPNS, PPPK, maupun sekolah kedinasan akan dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Lalu seperti apa cara membuat akun SSCASN? Meski belum dibuka untuk 2024, berikut dikutip dari situs yang dikelola Kominfo, Indonesiabaik.id sebagai panduan lengkapnya.

Cara Buat Akun SSCASN Pendaftaran CPNS

> Akses portal SSCASN melalui link sscasn.bkn.go.id.

> Selanjutnya klik menu “Buat Akun”, maka akan muncul tampilan “Langkah 1: Pengecekan Identitas”.

> Masukkan sesuai KTP data-data berikut: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir

> Masukkan Nomor Handphone dan Email Pribadi yang aktif

> Masukkan kode CAPTCHA

> Setelah data di atas dimasukan, klik Lanjutkan

> Akan muncul tampilan Langkah 2 : Lengkapi Data

> Masukkan Email, Nama Tanpa Gelar (sesuai Ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/Kota Lahir (sesuai Ijazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah).

> Pilih Jenis Kelamin yang sesuai

> Unggah foto scan KTP

> Unggah swafoto sesuai dengan ketentuan

> Klik Lanjutkan

> Akan muncul tampilan langkah 3 : Pengecekan Ulang Data

> Pendaftar HARUS melakukan pengecekan ulang terhadap data-data yang sudah ada dan dimasukkan

> Sebelum akhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang diinput sudah sesuai atau belum

> Jika sudah sesuai, cetak kartu informasi akun

> Pilih menu “Cetak Informasi Pendaftaran”

> Setelah mencetak Kartu Informasi Akun, lanjutkan dengan proses “Login Pendaftaran”

Kisi-kisi Soal CPNS 2024

Sementara mengenai kerjakan contoh soal ini termasuk SKD TWK, TIU TKP lengkap dengan pembahasan yang akan diulas sebagai berikut.

Dalam tes CPNS terdapat tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari tiga materi uji yakni TWK, TIU dan TKP.

Semua dilaksanakan berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) dengan ambang batas (passing grade) TWK 65, TIU 80 dan TKP 166 sebagaimana pengalaman 2023 lalu.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi soal yang kisi-kisinya berkaitan dengan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Tes Intelegensi Umum (TIU) berisi soal yang kisi-kisinya berkaitan dengan kemampuan verbal (Analogi, Silogisme, Analitis). Kemudian kemampuan Numerik (Berhitung, Deret Angka, Perbandingan Kualitatif, Soal Cerita). Selanjutnya kemampuan figural (Analogi, Ketidaksamaan, Serial).

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisi soal yang kisi-kisinya berkaitan dengan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme serta anti radikalisme. Aceh Tribun