Bocoran Informasi CPNS 2021, Siapkan Diri dari Sekarang

Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar serentak hari ini. Peserta penuhi Kantor BKN untuk mengikuti tes tersebut.
Foto: Grandyos Zafna

Sudah lihat pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019? Buat peserta yang lolos selamat, buat yang belum lolos tahun ini bisa persiapkan diri dari sekarang untuk mengikuti CPNS 2021. Berikut bocoran informasi CPNS 2021.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo pernah memberikan bocoran terkait formasi CPNS 2021 yang dibutuhkan. Dia bilang akan ada rekrutmen hingga satu juta formasi guru.

"Tahun depan pak Menteri Pendidikan, Insya Allah akan melaunching rekrutmen 1 juta tenaga guru," kata Tjahjo di Pandeglang, Banten beberapa bulan lalu yang ditulis , Jumat (30/10/2020).

Selain memprioritaskan tenaga pendidik, formasi 2021 juga akan terbuka lebar untuk tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan bidan. Kemudian juga penyuluh seperti untuk pertanian, pengairan, sebagainya.

Ini yang akan kita atur dengan baik, sehingga rekrutmen nanti sesuai kebutuhan," ungkapnya.Saat ini jumlah PNS sebanyak 4.121.176 orang dan belum termasuk peserta yang lolos pengumuman hari ini. Namun Tjahjo pernah menyebut sebanyak 1,6 juta orang hanya sebagai tenaga administrasi di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah. Sehingga kemungkinan formasi tersebut akan dibatasi atau tidak akan dibuka.

Tjahjo menyebut ada beberapa kementerian/lembaga di 2021 yang tidak membuka calon pegawai baru. Kemungkinannya termasuk di KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) karena anggarannya digunakan untuk penanggulangan pandemi COVID-19.

(fdl/fdl)