Penjelasan MenPAN-RB Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka

MenPAN-RB Azwar Anas seusai menghadiri acara Musrenbang Provinsi Jateng di Gedung Gradika, Semarang, Senin (29/4/2024).
MenPAN-RB Azwar Anas seusai menghadiri acara Musrenbang Provinsi Jateng di Gedung Gradika, Semarang, Senin (29/4/2024). Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng

Proses penerimaan CPNS 2024 akan dibuka dalam waktu dekat. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas menyebut pihaknya masih melakukan audit terkait formasi yang diterima.

"Mulai bulan depan sudah mulai proses ini, mestinya kan ini sudah mulai diumumkan, tapi tahapan seleksi akhir banyak formasi yang mesti kita cek lagi karena auditornya ada yang nggak diusulkan, talenta digital nggak diusulkan, kita akan cek lagi," kata Azwar Anas di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Senin (29/4/2024).

Azwar Anas menyebut tahun ini akan dibuka 2,3 juta formasi yang terbagi antara PPPK dan CPNS. Sebanyak 600 ribu formasi di antaranya akan dibuka untuk lulusan baru atau fresh graduate.

"Ada 2,3 (juta formasi) juga 600 ribu fresh graduate," ujarnya.

Dari 600 ribu fresh graduate itu, 200 ribu akan dipersiapkan untuk bekerja di Ibu Kota Negara (IKN). Azwar Anas telah meminta masing-masing instansi yang dibutuhkan untuk mencantumkan formasi untuk dipersiapkan ke IKN.

"Instansi pusat kan nanti akan pindah, misalnya Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, nah terutama talenta-talenta digital nanti mereka akan buka formasi di samping formasi mereka sendiri adalah mereka yang disiapkan ke IKN," jelasnya.

Selain itu, Azwar Anas juga tengah menyiapkan berbagai insentif bagi formasi CPNS di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Sebab, pada seleksi sebelumnya, ada sebanyak 100 ribu formasi CPNS yang tidak terisi.

"Formasi 3T ini kemarin ada 100 ribu lebih kosong, kenapa? Mereka tidak tertarik karena tidak ada insentif mulai waktu libur, pendapatan, dan seterusnya," pungkasnya.

(dil/apl)
Afzal Nur Iman - detikJateng