Bocoran dari BKN Tentang Jadwal Seleksi CPNS 2024 Dibuka

Pemerintah Kota Cimahi tidak akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2022.
Foto: Muhammad Iqbal/detik

Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) makin dekat. Pemerintah bakal membuka lowongan CPNS dan PPPK 2024 untuk ratusan ribu formasi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah memberikan izin usulan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang dibuka oleh beberapa kementerian. Kementerian Agama (Kemenag) menjadi salah satu yang mengusulkan formasi paling banyak.

Sementara itu, Plt. Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nanang Subandi mengatakan pihaknya selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN akan segera membuka seleksi paling lambat di awal bulan Mei 2024.

Rangkaian seleksi CASN 2024 akan dimulai dengan penerimaan siswa-siswi Sekolah Kedinasan. Setelah itu, seleksi CPNS dan PPPK baru akan dimulai.

"Untuk rencana pembukaan seleksi CASN tahun ini, Panselnas masih merencanakan agenda seleksi CASN 2024 akan diawali dengan penerimaan Sekolah Kedinasan yang dijadwalkan akhir April atau Mei, dan dilanjutkan dengan seleksi CPNS dan PPPK," ungkap Nanang saat dihubungi detikcom, Minggu (21/4/2024).

Ketika ditanya lebih rinci soal kapan tepatnya seleksi dibuka termasuk jadwal resmi seleksi CPNS, Nanang cuma mengatakan semua akan diumumkan saat seleksi benar-benar dibuka.

Dia cuma bilang Panselnas belum memiliki rencana untuk mengubah waktu seleksi yang diperkirakan paling lambat bulan Mei itu.

"Jadwal rincinya akan diumumkan saat pembukaan dimulai. Terkait adanya perubahan atau tidak, harus melewati keputusan resmi Panselnas," beber Nanang.

Sebelumnya, Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto pernah mengatakan pengumuman dan pembukaan seleksi CASN 2024 akan ditandai dengan adanya pengumuman rincian formasi dari masing-masing instansi pada bulan Mei 2024. Sementara, untuk tes seleksinya kemungkinan baru akan efektif pada bulan Juni 2024.

"Insya Allah akhir Mei akan kita lakukan pengumuman. Kemudian di bulan Juni kita akan melakukan seleksi untuk formasi di luar kedinasan atau formasi umum," katanya kepada awak media, Jakarta, Selasa (19/3/2024) yang lalu.

Anas juga memaparkan secara keseluruhan pada tahun ini seleksi CPNS akan dibuka sebanyak tiga kali, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya satu kali. Total ada sebanyak 2,3 juta formasi yang ditargetkan bisa dibuka tahun ini.

"Kalau biasanya tes CPNS hanya sekali setahun, tahun ini tes CPNS tidak sekali, tapi tiga kali. Kenapa? Karena di satu angkatan CPNS tidak semua memenuhi target. Karena yang daftar 10.000, tapi yang memenuhi kualifikasi tidak sampai 50%, ada yang 40% sehingga kuota itu hangus. Tapi kalau sekarang, nanti tidak terpenuhi, kita isi lagi di bulan berikutnya sampai nanti Desember," papar Anas.

Berikut ini daftar Kementerian yang sudah mengumumkan pembukaan formasi CPNS dan PPPK di 2024:

1. Kemenag 110.553 Formasi
Kemenag bakal menerima pegawai baru sebanyak 110.553 calon ASN. Formasi tersebut terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Ini tercatat sebagai formasi terbesar sepanjang sejarah.

Sejumlah formasi yang dibuka seperti guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan tenaga pendidik penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

2. Kemendikbudristek 40.541 Formasi
Kemendikbudristek membuka formasi sebanyak 40.541 calon ASN. Rinciannya, formasi yang dibuka adalah sebanyak 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK.

Formasi yang dibuka ini menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga pendidik dan peneliti honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek.

Selain itu, kebutuhan formasi yang diajukan juga akan digunakan untuk pemenuhan sumber daya di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen. Selama beberapa tahun terakhir, alokasi formasi untuk dosen di perguruan tinggi negeri sangat terbatas. Padahal, di sisi lain, jumlah mahasiswa terus meningkat.

Sisanya, formasi yang dibuka akan digunakan untuk pemenuhan tenaga pendidik untuk penempatan di IKN Kalimantan Timur.

3. Kemensos 40.839 Formasi
Kemensos membuka lowongan aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 40.839 formasi pada tahun 2024. Formasi dibuka untuk berbagai keahlian, termasuk dokter, auditor untuk tata kelola, serta berbagai posisi lainnya di Kemensos.

Terdiri dari 226 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 40.573 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

4. Kementerian PUPR 26.319 Formasi
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka 26.319 formasi calon ASN. Kebutuhan formasi itu terdiri dari 6.385 CPNS Tenaga Teknis, 3 CPNS Tenaga Kesehatan, serta 19.931 PPPK Tenaga Teknis.

Diharapkan, jumlah kebutuhan ini dapat memenuhi SDM kompeten yang akan membuat terobosan dalam pembangunan infrastruktur.

5. Bawaslu 18.557 Formasi
Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) mengusulkan total 18.557 formasi calon ASN baru. Rinciannya 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK.

Formasi yang dibuka memiliki peran enting dalam mendukung kinerja Bawaslu seperti analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor. Rekrutmen pegawai baru ini juga diharapkan memberi kesempatan besar kepada para honorer di lingkungan Bawaslu yang selama ini sudah mengabdi kepada negara.

6. Kemenhub 18.017 Formasi
Jumlah kebutuhan calon ASN baru yang dibuka Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencapai 18.017 pegawai. Formasi sebanyak 18.017 tersebut terdiri atas CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Rinciannya, Kemenhub membuka 1.385 CPNS Tenaga Teknis, 6 CPNS Tenaga Kesehatan, 16.543 PPPK Tenaga Teknis, dan 83 PPPK Tenaga Kesehatan.

(hal/rir)
Herdi Alif Al Hikam - detikFinance