Jurusan Berpeluang Paling Dibutuhkan di CPNS 2024

Exam with school student having a educational test, thinking hard, writing answer in classroom for  university education admission and world literacy day concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong

Seleksi CPNS 2024 bakal segera diumumkan pelaksanaannya. Kabar gembiranya, pada seleksi CPNS kali ini fresh graduate atau angkatan yang baru lulus pendidikan akan diutamakan untuk bisa menjadi CPNS, lho!

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, rekrutmen ASN 2024 akan diprioritaskan untuk mencari tenaga pendidik atau guru dan tenaga kesehatan, serta talenta digital.

Menurutnya, talenta-talenta digital ini dibutuhkan unutk mendukung pengembangan berbagai sektor di daerah dan transformasi digital pemerintahan. Selain itu atas arahan Presiden Joko Widodo, diharapkan CPNS kali ini banyak mengisi penempatan di IKN, dilansir detikFinance.

Nah, kira-kira jurusan apa saja yang berpeluang mengisi formasi CPNS? Berikut 5 jurusan yang kemungkinan paling dibutuhkan dalam CPNS 2024, dikutip detikSumbagsel dari situs Universitas Islam An-Nur Lampung.

5 Jurusan Berpeluang Paling Dibutuhkan di CPNS 2024

1. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi atau TI bergerak di bidang yang berkaitan dengan aktivitas manusia secara digital. Sehingga tenaga di bidang teknologi informasi pun semakin dibutuhkan, termasuk di sektor pemerintahan.

Peserta didik dari jurusan ini, baik di level universitas maupun sekolah menengah kejuruan, diajarkan soal prinsip-prinsip teknologi informasi, konsep computing dan matematika, proses analisis, perencanaan, pengelolaan, hingga evaluasi sumber daya informasi.

2. Jurusan Pendidikan

Tenaga pendidik atau guru banyak dicari dalam setiap rekrutmen CPNS. Pada CPNS 2024 ini pun, tenaga guru juga dibutuhkan terutama untuk sekolah-sekolah yang berada di daerah dan kekurangan tenaga pengajar.

Ada beragam posisi yang bisa dipilih sesuai dengan program studi atau peminatan selama berkuliah. Misalnya guru SD, guru SMP, guru PAUD, atau guru berdasarkan mata pelajaran seperti pendidikan jasmani dan kesenian. Buat kamu lulusan pendidikan, jangan ragu untuk mendaftar demi meningkatkan kualitas pendidikan di negeri kita.

3. Jurusan Kesehatan

Selain tenaga pendidikan, tenaga kesehatan pun sangat penting. Sebab, kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang wajib dijamin oleh negara.

Jika kamu berasal dari jurusan kesehatan seperti kedokteran, keperawatan, kebidanan, pengobatan tradisional, atau epidemiologi, maka peluangmu mendaftar CPNS 2024 juga besar.

4. Jurusan Politik Pemerintahan

PNS erat kaitannya dengan tugas-tugas pemerintahan. Untuk itu, lulusan dari jurusan politik pemerintahan banyak dicari dalam CPNS untuk memenuhi kebutuhan SDM yang paham mengenai tata kelola pemerintahan.

Banyak kampus negeri yang menyediakan jurusan terkait politik dan pemerintahan. Salah satunya Universitas Sriwijaya dengan Prodi Ilmu Administrasi Negara dan UIN Raden Fatah Palembang dengan Prodi Ilmu Politik.

5. Jurusan Hukum

Lulusan jurusan hukum banyak dibutuhkan untuk formasi yang berkaitan dengan hukum. Misalnya di Kejaksaan Agung. Ada sejumlah formasi yang dibuka khusus untuk lulusan hukum.

Beberapa formasi yang pernah tersedia pada CPNS sebelumnya antara lain Analis Rancangan Naskah Perjanjian dan Ahli Pertama Jaksa.

Itu dia 5 jurusan yang berpeluang paling dibutuhkan dalam CPNS 2024. Apakah ada jurusanmu? Jika belum, tak perlu berkecil hati. Masih ada banyak formasi lain yang akan segera diumumkan oleh Kemen PAN-RB. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang mengikuti CPNS 2024!

(des/des)detik