Jadwal-Formasi Seleksi CASN 2024 Dilakukan 3 Periode Mulai Maret

Exam with school student having a educational test, thinking hard, writing answer in classroom for  university education admission and world literacy day concept
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)

Pada 6 Januari 2024, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa tahun ini pemerintah akan kembali membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Tidak tanggung-tanggung, lowongan yang akan dibuka sebanyak 2,3 juta formasi. Lalu kapan seleksi CASN akan dimulai?

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dilakukan sebanyak 3 kali. Masyarakat pun antusias menyambut hal ini.

Terlebih pemerintah akan memprioritaskan lulusan baru atau fresh graduate pada penerimaan CASN tahun ini. Mari simak informasi lengkap mengenai jadwal seleksi CASN dan formasinya berikut ini!

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, seleksi CASN 2024 akan dilakukan sebanyak 3 kali. Berikut adalah jadwal detailnya:

1. Periode I

Pada periode pertama, pemerintah akan mengadakan seleksi untuk CPNS serta kedinasan. Periode tersebut akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Maret 2024.

2. Periode II

Kemudian para periode kedua, pemerintah akan melaksanakan seleksi CPNS serta PPPK. Untuk periode kedua ini akan mulai bergulir pada Juni 2024.

3. Periode III

Sama seperti periode kedua, pemerintah kembali membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai CPNS dan PPPK. Jika tidak ada perubahan, periode ketiga ini akan dimulai pada Agustus 2024 mendatang.

Formasi CASN 2024

Total kebutuhan ASN 2024 adalah 2,3 juta. Jumlah tersebut terbagi untuk instansi pusat dan daerah. Berikut ini rincian formasinya yang dijelaskan oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas.

1. Instansi Pusat

Instansi pusat membutuhkan ASN baru sebanyak 429.183 yang terbagi ke dalam dua kategori, yaitu CPNS dan PPPK. Kebutuhan CPNS sebanyak 207.247 dan kebutuhan PPPK sebanyak 221.936.

Formasi tersebut merupakan gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis lainnya.

2. Instansi Daerah

Kebutuhan ASN baru di instansi daerah jauh lebih besar. Untuk CPNS teknis dibutuhkan 483.575. Sementara itu, detail kebutuhan PPPK guru, tenaga kesehatan, dan teknis dapat dilihat di bawah ini:

  • Guru: 419.146
  • Tenaga kesehatan: 417.196
  • Tenaga teknis: 547.416

Pada tahun 2024 ini, pemerintah akan merekrut lulusan baru atau fresh graduate melalui seleksi CPNS. Sementara untuk PPPK sendiri difokuskan untuk menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN.

Demikian penjelasan mengenai seleksi CASN 2024 yang akan segera dimulai pada Maret mendatang. Persiapkan diri dan pantau terus updatenya untuk mengetahui persyaratan lengkap serta cara daftarnya!

(aku/ahr)detik