Cara Daftar dan Tahapan CPNS 2024

Ilustrasi tes CPNS
Foto: Ilustrasi/Luthfy Syahban

Pemerintah memastikan pada tahun 2024 akan kembali membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dan PPPK. Pengumuman CPNS 2024 ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Anas mengatakan bahwa tenaga guru dan kesehatan menjadi prioritas dalam seleksi CPNS 2024. Kemudian dalam CPNS 2024, para fresh graduate akan diberikan ruang yang lebih besar untuk berpartisipasi.

"Pemerintah juga berencana membuka rekrutmen CASN 2024 untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah. Anas mengungkapkan, pemenuhan ASN Tahun 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan," kata Anas dilansir dari situs resmi PANRB, Jumat, (5/1/2023).

"Selanjutnya berfokus pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN. Tahun ini, pemerintah membuka ruang lebih luas untuk fresh graduate. Pemerintah membuka kesempatan lebih luas untuk talenta digital," sambungnya.

Meski demikian, informasi pembukaan CPNS 2024 belum dikeluarkan secara resmi. Namun detikers yang ingin mencoba seleksi CPNS 2024 bisa mempelajari berbagai teknis penyeleksian dan cara mendaftar nantinya.

Cara Daftar Seleksi CPNS

Menimbang tahun sebelumnya, registrasi CPNS dilaksanakan secara daring. detikers yang ingin ikut seleksi CPNS harus terlebih dahulu melakukan registrasi akun. Adapun cara registrasi akun CPNS sebagai berikut:

  • Buka laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  • Pilih opsi Daftar
  • Isi informasi data pribadi yang diminta
  • Tekan "Lanjutkan"
  • Klik "Proses Pendaftaran Akun"

Kemudian bagi detikers yang telah memiliki akun, bisa mengisi seluruh data pribadinya guna kelancaran administrasi. Kemudian detikers tinggal langsung mendaftar CPNS nantinya. Langkah-langkah terkait daftar dan input biodata itu bisa detikers lakukan seperti berikut.

  • Login ke akun SSCASN
  • Isi data diri yang diminta
  • Unggah swafoto
  • Tekan "Selanjutnya"
  • Pilih Jenis Seleksi dan Formasi CPNS
  • Unggah Dokumen
  • Cetak Kartu

Tahapan Seleksi CPNS

Usai mendaftar, detikers akan diminta mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang cukup panjang. Mengutip detikJatim, berikut sejumlah tahapan yang harus detikers lewati sebelum dinyatakan lulus.

1. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi ini merupakan tahap awal yang wajib detikers lakukan. Adapun caranya lengkapnya telah dijelaskan sebelumnya.

Seluruh seleksi administrasi ini nantinya akan dilaksanakan melalui daring pada laman SSCASN.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Dalam seleksi ini, ada tiga jenis tes yang harus detikers kerjakan. Pertama adalah Tes Wawasan Kebangsaan yang meliput 30 soal.

Kedua merupakan Tes Intelegensia Umum (TIU) yang terdiri dari 35 soal tentang kemampuan lisan, figural, dan numerik. Terakhir ada Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi ini merupakan seputar bidang yang detikers pilih. Di dalam seleksi ini akan ada tes potensi akademik, tes bahasa asing, tes fisik, psikotes, dan tes praktik kerja.

4. Pengumuman Kelulusan dan Pemberkasan

Setelah melakukan SKD dan SKB, seluruh nilai detikers akan dikalkulasi sesuai aturan yang berlaku. Adapun kalkulasi perhitungan nilai diambil dari 40 persen nilai SKD dan 60 persen nilai SKB.

Kemudian seluruh nilai itu bisa detikers pantau melalui situs web resmi SSCASN. Jika detikers mendapatkan nilai tertinggi maka detikers dinyatakan lulus.

Usai dinyatakan lulus langkah selanjutnya yang detikers lakukan adalah mengisi pemberkasan sesuai format instansi yang detikers pilih.

Demikian informasi seputar pengumuman CPNS 2024 beserta cara daftar dan teknis tahapan yang akan dilewati. Semoga nantinya detikers lulus ya!(nkm/nkm)detik