Cara Daftar Seleksi CPNS Kemendikbud 2023, Mulai Buat Akun SSCASN-Cetak Kartu

Ilustrasi link pendaftaran CPNS 2023.
Foto: Istimewa/ Unsplash.com 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan seleksi CPNS 2023. Formasi yang dibutuhkan dalam penerimaan kali ini adalah 16.102 dosen perguruan tinggi negeri (PTN).

Seleksi CPNS Kemendikbudristek menerapkan tiga jenis tes yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Adapun kriteria kebutuhan formasi di antaranya adalah pelamar kebutuhan khusus lulusan cumlaude, pelamar kebutuhan khusus penyandang disabilitas, pelamar kebutuhan khusus putra/putri Papua/Papua Barat, dan pelamar umum.

Sama halnya dengan seleksi CPNS instansi lainnya, pelamar jabatan dosen di lingkungan Kemendikbudristek juga wajib melakukan registrasi akun SSCASN melalui https://sscasn.bkn.go.id. Proses pendaftaran akan berakhir pada proses cetak kartu peserta.

Cara Daftar Seleksi CPNS Kemendikbudristek 2023

1. Pelamar wajib mempunyai alamat email aktif.

2. Lakukan registrasi secara online di portal https://sscasn.bkn.go.id.

3. Login ke portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id menggunakan NIK dan password yang dipakai untuk mendaftar.

4. Lengkapi data diri. Jika pendaftar adalah penyandang disabilitas, maka wajib memilih jenis disabilitas dan mencantumkan link video singkat yang memperlihatkan kegiatan sehari-hari pelamar saat beraktivitas, sesuai jabatan yang dilamar.

5. Pilih jenis seleksi CPNS.

6. Pilih instansi Kemendikbudristek dan isi informasi yang diminta.

7. Isi riwayat pekerjaan dan/atau riwayat penulisan ilmiah apabila ada.

8. Unggah hasil scan dokumen pernyataan asli yang terdiri atas:

- Pasfoto terbaru berpakaian formal dan latar belakang merah.

- KTP atau surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil yang masih berlaku.

- Surat lamaran dapat diketik atau ditulis dengan tinta hitam dan ditujukan kepada Mendikbudristek sesuai tanggal pendaftaran. Surat ditandatangani (tanda tangan basah) dan dibubuhi e-materai Rp 10 ribu. Format lamaran dapat diunduh melalui laman https://casn.kemdikbud.go.id.

- Ijazah dan dokumen syarat lain yang ketentuannya:

+ Ijazah sesuai syarat kebutuhan jabatan yang dilamar.

+ Lulusan luar negeri wajib melampirkan ijazah dan surat keputusan penyetaraan ijazah dari kementerian penyelenggara urusan pemerintahan bidang pendidikan tinggi.

+ Jabatan yang memberikan syarat tambahan berupa bidang minat atau pendidikan jenjang sebelumnya, maka wajib menyerahkan dokumen yang menunjukkan informasi minat atau ijazah jenjang pendidikan sebelumnya.

+ Ijazah dan dokumen syarat lainnya yang berkaitan dengan kualifikasi pendidikan, diunggah dalam satu file.

+ SKL atau ijazah sementara tidak bisa digunakan melamar.

- Transkrip nilai, dengan ketentuan:

+ Lulusan dalam negeri wajib melampirkan transkrip nilai sesuai syarat kebutuhan jabatan dan melampirkan surat keterangan dari kampus yang menyatakan bahwa yang bersangkutan lulus dengan predikat cumlaude (jika keterangan cumlaude tidak tertera di ijazah/transkrip nilai).

+ Lulusan luar negeri wajib melampirkan transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi IPK. Jika tidak melampirkan transkrip nilai, maka wajib melampirkan surat keterangan dari kampus bahwa program yang diambil adalah berbasis riset. Pelamar juga wajib menyerahkan hasil konversi IPK yang memuat keterangan cumlaude (untuk pelamar kebutuhan khusus lulusan cumlaude).

9. Surat pernyataan data diri yang diketik, ditandatangani, dan dibubuhi e-materai Rp 10 ribu. Format surat pernyataan dapat diunduh melalui https://casn.kemdikbud.go.id.

10. Bagi pelamar kebutuhan khusus lulusan cumlaude, wajib melampirkan:

- Salinan sertifikat/surat akreditas kampus atau tangkapan layar (screen capture) yang mencantumkan nomor SK penetapan akreditasi.

- Salinan surat/sertifikat akreditasi prodi atau tangkapan layar yang memuat nomor SK penetapan akreditasi prodi.

11. Khusus pelamar disabilitas yang mendaftar kebutuhan umum maupun khusus, wajib menyerahkan:

- Surat keterangan resmi dari dokter RS/puskesmas yang menjelaskan jenis dan derajat disabilitas.

- Tautan video singkat yang memperlihatkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang dilamar. Video dapat diunggah melalui YouTube/Google Drive/Dropbox/media penyimpanan lain. Tautan harus dipastikan dapat diakses panitia.

12. Khusus pelamar kebutuhan khusus putra/putri Papua dan Papua Barat, wajib menyertakan:

- Akta kelahiran atau surat keterangan lahir

- Surat keterangan dari kepala desa/kepala suku yang menyebutkan bahwa orang tua pelamar adalah orang asli Papua/Papua Barat.

13. Proses pembubuhan e-materai yang dilakukan melalui https://sscasn.bkn.go.id atau https://meterai-elektronik.com/.

14. Memastikan seluruh data dan dokumen lengkap, benar, dan terbaca.

15. Akhiri proses pendaftaran dan cetak kartu pendaftaran.

Pendaftaran CPNS Kemendikbudristek dimulai pada 27 September dan akan ditutup 9 Oktober 2023 mendatang. Informasi rincian jabatan dan penempatan dapat dilihat melalui https://casn.kemdikbud.go.id. Semoga berhasil!

(nah/faz)detik