6 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja PPPK Teknis untuk Berbagai Posisi

Exam with school student having a educational test, thinking hard, writing answer in classroom for  university education admission and world literacy day concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong

Apakah detikers ingin mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis? Nah, berikut contoh deskripsi pengalaman kerja PPPK Teknis untuk memenuhi persyaratannya.

Deksripsi pengalaman kerja merupakan salah satu keterangan yang harus disertakan ketika mengikuti seleksi PPPK Teknis. Dalam membuat deskripsi pengalaman kerja, terdapat beberapa poin penting yang perlu dicantumkan bagi pelamar, seperti tempat kerja, posisi, pencapaian, dan informasi lainnya selama bekerja.

Nah, bagi detikers yang masih bingung untuk membuat deskripsi pengalaman kerja PPPK Teknis, berikut ini contoh deskripsi pengalaman kerja untuk berbagai posisi. 

Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja PPPK Teknis

1. Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja PPPK Teknis untuk Posisi Pranata Hubungan Masyarakat (Humas)

"Saya Rasmilawanti dengan pengalaman bekerja selama 3 tahun sebagai Public Relation (PR) & Communication Specialist di perusahaan PT Cipta Karya.

Di perusahaan tersebut saya bertugas untuk menjalin banyak kerja sama dan membangun relasi baik dengan klien yang mempunyai hubungan terkait proyek perusahaan.

Saya juga harus memastikan segala bentuk kerja sama dengan klien berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai harapan.

Salah satu pencapaian terbesar saya yaitu mampu membangun relasi profesional dengan klien sehingga menciptakan kerja sama yang menguntungkan di antara dua belah pihak.

Tak hanya itu, saya ikut memimpin rapat pertemuan internal dan eksternal, menyediakan konten press release untuk kepentingan media massa, media monitoring, serta media visit.

Dikarenakan proyek yang diambil memerlukan banyak tenaga profesional, saya pun berperan menjalin kerja sama dengan tim marketing untuk keperluan beriklan."

2. Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja untuk Tenaga Pariwisata

"Saya adalah Nur Ainun, biasa dipanggil Nur, dan berusia 25 tahun. Saya lahir di Makassar, pada tanggal 15 Agustus 1998.

Saya adalah tenaga honorer di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan. Saya telah menjadi tenaga honorer selama 5 tahun, mulai dari tahun 2017 hingga saat ini.

Selama 5 tahun lebih bekerja sebagai tenaga honorer di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, saya telah ikut serta dalam mengelola event pariwisata, baik skala provinsi hingga nasional. Selain itu, saya juga turut dalam beberapa proyek promosi pariwisata Sulsel.

Berbagai pengalaman tersebut telah menjadi pembelajaran berharga bagi saya dalam pengembangan kemampuan saya di bidang kepariwisataan Sulawesi Selatan.

saya adalah sosok pendidik muda yang berdedikasi dan penuh semangat. Saya tidak pernah lelah belajar akan hal baru yang dapat mengembangkan kompetensi saya di bidang pariwisata.

Demikian essay ini saya tulis dengan sebenarnya-benarnya. Terima kasih."

3. Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja untuk PPPK Pertanian

"Perkenalkan, saya Fatimah. Saya lahir di Bone, 5 Februari 1994. Saat ini, saya menjadi tenaga honorer di Dinas Pertanian Pinrang.

Saya sudah menjadi tenaga honorer selama kurang lebih 4 tahun. Alhamdulillah hingga saat ini masih diberi kesempatan untuk mengabdi untuk lebih memajukan bidang pertanian di Sulawesi Selatan.

Selain fokus bekerja di Dinas Pertanian Pinrang, saya juga aktif dalam mengikuti pelatihan di bidang pertanian, yang di mana hal tersebut bisa meningkatkan kinerja saya selama bekerja.

Alhamdulillah meskipun gaji saya pas pasan saya tetap bisa melaksanakan tugas saya dengan semangat dan pantang menyerah."

4. Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja untuk Posisi Pengelola Pengadaan Barang/Jasa

"Nama saya Kembang, lahir 15 April 1996 di Jakarta. Saya adalah lulusan S1 Akuntansi di Universitas Negeri Indonesia.

Saat ini saya bekerja sebagai seorang akuntan yang cakap di Perusahaan Medical. Saya memiliki pemahaman yang mendalam tentang Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan peraturan perpajakan terkini.

Saya juga terampil dalam menggunakan perangkat lunak akuntansi terkini, seperti SAP, QuickBooks, dan Excel, untuk menganalisis data keuangan dengan akurasi dan efisiensi.

Kemampuan saya dalam menyelesaikan tugas dengan detail dan tepat waktu telah membantu perusahaan mematuhi peraturan dan mencapai tujuan keuangan mereka."

5. Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja untuk Posisi Pranata Komputer

"Nama saya Andika Pramata, biasa dipanggil Dika. Saat ini saya bekerja sebagai honorer di Kantor Daerah Pangkep.

Selama bekerja kurang lebih tiga tahun, berbagai keterampilan di bidang komputer telah saya miliki.

Seperti melakukan penggandaan data, melakukan perekaman data tanpa validasi, membuat laporan hasil perekaman data, dan membuat program.

Berbekal dengan pengalaman yang saya miliki, saya bertekad untuk menjadi bagian dari Badan Kepegawaian Negara. Maka dari itu, pada seleksi CASN tahun ini, saya memutuskan untuk mendaftar di BKN khususnya untuk posisi jabatan Pranata Komputer."

6. Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja untuk Posisi Arsiparis

"Perkenalkan nama saya Melati, saya lahir di Gowa, tanggal 30 September 1995. Saya memiliki pengalaman kerja sebagai arsiparis di Perpustakaan Daerah Gowa.

Didukung oleh latar belakang pendidikan yang saya miliki, menjadikan saya lebih terampil dalam menjalankan tugas menjadi seorang arsiparis.

Adapun keterampilan yang saya miliki yaitu melaksanakan kegiatan pengelolaan arsip dan pembinaan kearsipan sesuai dengan peraturan ketatalaksanaan kearsipan dan prosedur pengelolaan kearsipan untuk tertib administrasi kearsipan di lingkungan kerja.

Selain itu, saya memiliki karakter yang jujur, disiplin dan bisa dipercaya. Dengan karakter tersebut tentunya membantu saya dalam bekerja.

Terbukti selama bekerja sebagai arsiparis, tidak ada kebocoran data yang terjadi dan dokumen yang ada di kantor tersimpan dengan rapi sehingga memudahkan pegawai ketika mencari data yang diperlukan."

Demikian contoh deskripsi pengalaman kerja PPPK Teknis untuk berbagai posisi jabatan. Semoga membantu!(alk/alk)detik