7 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Perawat, Jelas dan Terstruktur

Ilustrasi teks laporan observasi
7 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Perawat, Jelas dan Terstruktur (Foto: Getty Images/pablohart)-

Pendaftaran penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini terdiri dari tenaga teknis, tenaga kesehatan, dan guru. Adapun formasi tenaga kesehatan PPPK 2023 tersebut termasuk juga diperuntukkan untuk perawat.

Sebagai salah satu kelengkapan dokumen pendaftaran, pelamar PPPK perawat diwajibkan untuk menyantumkan deskripsi pengalaman kerja untuk memberikan gambaran kepada pemberi kerja dalam hal ini pemerintah mengenai kemampuan kerja yang dimiliki pelamar.

Mengingat pentingnya hal tersebut, deskripsi pengalaman kerja harus dituliskan secara rinci dan detail yang mencakup beberapa poin penting seperti posisi, pencapaian, jangka waktu, dan tempat kerja sebelumnya.

Nah, bagi detikers yang akan melamarkan diri pada PPPK perawat dapat membaca dan menyimak contoh-contoh deskripsi pengalaman kerja berikut ini sebagai referensi.

7 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Perawat

Perawat Gawat Darurat

Perkenalkan saya Nur Aliya, biasa dipanggil Aliya. Saat ini saya bekerja sebagai Perawat Unit Gawat Darurat di RSUD Sleman.

Saya telah bekerja di RSUD Sleman selama 5 tahun sebagai Perawat UGD. Tugas yang saya lakukan dalam pekerjaan ini yaitu merawat pasien gawat darurat dengan cepat dan efisien, memberikan perawatan awal, dan melakukan tindakan darurat seperti CPR. Saya juga sering terlibat dalam pelatihan staf tentang penanganan keadaan darurat sehingga mampu mengelola situasi darurat dengan tenang, berkoordinasi dengan tim darurat, dan menyampaikan informasi pasien kepada dokter gawat darurat.

Dengan dasar pengalaman ini, saya mampu dan layak menjadi bagian dalam PPPK perawat dalam seleksi CASN tahun 2023 ini.

Perawat Pediatri

Nama saya Filmi Himalaya, biasa dipanggil Hima. Saya lahir di Gresik, 21 Agustus 1997. Saat ini, saya bekerja sebagai perawat di Klinik Margomulyo.

Selama menjadi perawat di Klinik Margomulyo sejak tahun 2020 saya memiliki pengalaman kerja di bidang pediatri yang memberikan perawatan khusus kepada anak-anak dengan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, melakukan vaksinasi, pemeriksaan fisik, serta memberikan edukasi kepada orangtua tentang perawatan anak. Saya juga aktif terlibat koordinasi perawatan lintas disiplin dengan dokter spesialis anak.

Secara personal, saya merupakan pribadi yang tekun dan bertanggung jawab. Saya juga mudah untuk beradaptasi di lingkungan baru.

Demikian essay pengalaman kerja ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Terima kasih.

Perawat Anak-anak dengan Kebutuhan Khusus di Sekolah

Perkenalkan saya Fahmi Fauzan, biasa dipanggil Fahmi. Saya berasal dari Bandung, dan saat ini berusia 25 tahun.

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai perawat anak-anak berkebutuhan khusus di RSKIA Sadewa selama 3 tahun. Tugas saya dalam pekerjaan adalah merawat anak-anak dengan kebutuhan khusus, termasuk anak-anak dengan gangguan perkembangan dan kesehatan. Selain itu saya juga berpengalaman dalam menjalin kerjasama dengan beberapa pihak sekolah untuk menjadi sukarelawan memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak untuk meningkatkan kualitas hidup mereka di lingkungan sekolah.

Saya rasa pengalaman kerja saya memiliki keterkaitan dengan posisi yang saya lamar sebagai Perawat Anak-anak dengan Kebutuhan Khusus di lingkungan sekolah.

Perawat Pusat Kesehatan Lingkungan Tingkat Daerah

Perkenalkan saya Lily Hermawan, biasa dipanggil Lily. Saya berasal dari Jakarta, dan saat ini berdomisili di Kota Yogyakarta.

Saya merupakan perawat di RSA UGM yang berkonsentrasi pada pemberian konseling kesehatan kepada masyarakat tentang dampak lingkungan terhadap kesehatan. Saya aktif terlibat dalam program pemantauan lingkungan dan pemantauan kualitas air dan udara serta sering mengkoordinasikan upaya penelitian epidemiologi terkait masalah lingkungan

Dengan pengalaman kerja yang telah saya paparkan di atas dirasa cocok untuk menjadi PPPK Perawat di bidang yang sama di lingkungan daerah dalam seleksi CASN tahun 2023 ini.

Posisi Perawat Kardiologi

Perkenalkan saya Rahman Hilmi, biasa dipanggil Hilmi. Saya berdomisili dan lahir di Yogyakarta. Saat ini, saya berusia 24 tahun.

Saya lulusan Kedokteran UGM dengan program studi Keperawatan yang kini menjadi perawat di RS Hermina sejak tahun 2019. Selama 3 tahun terakhir saya ditugaskan menjadi perawat di unit Kardiologi yang bertugas Merawat pasien dengan gangguan jantung seperti penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Selain itu, sebagai perawat kardiologi saya melakukan pemantauan elektrokardiografi (EKG) dan merespons dengan cepat terhadap perubahan dalam status pasien.

Di luar pekerjaan saya sering terlibat dalam komunitas untuk memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga tentang manajemen penyakit kardiologi.

Demikian essay ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Terima kasih

Perawat Hemodialisis

Perkenalkan saya Sakura Kustanto, biasa dipanggil Sakura. Saat ini, saya berusia 27 tahun dan berdomisili di Surabaya.

Saya merupakan perawat Hemodialisis di Klinik Keluarga Sejahtera selama 6 tahun. Menjadi perawat hemodialisis saya bertugas merawat pasien dengan penyakit ginjal dalam prosedur hemodialisis dan mengawasi kondisi pasien selama sesi dialisis, memantau tekanan darah, dan memastikan sterilisasi peralatan dialisis.

Di luar pekerjaan saya sering terlibat dalam komunitas untuk memberikan edukasi kepada pasien mengenai penyakit ginjal dan pencegahannya.

Demikian essay ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Terima kasih.

Tim Kesehatan Masyarakat

Perkenalkan saya Fadilah Hanafi, biasa dipanggil Fadilah. Saat ini, saya berusia 26 tahun dan berdomisili di Semarang.

Saya merupakan lulusan Keperawatan UNDIP tahun 2020. Saya kini perawat di Klinik Realino cabang Yogyakarta selama 3 tahun. Menjadi perawat di di klinik tersebut saya aktif terlibat dalam program-program kesehatan masyarakat, termasuk penyuluhan kesehatan dan kampanye imunisasi di wilayah pedesaan. Di samping itu saya juga melakukan pemantauan perkembangan kesehatan masyarakat dan menyusun laporan evaluasi program dan menjalin kerjasama dengan komunitas lokal untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan.

Pengalaman saya selama menjadi perawat yang telah melakukan banyak kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dirasa sesuai dengan formasi PPPK Perawat Tim Kesehatan Masyarakat di lingkungan daerah. Oleh karena itu saya bertekad untuk mendaftarkan diri dan bergabung dalam bagian CASN tahun 2023 dalam formasi PPPK Perawat. Demikian essay ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Terima kasih.

Demikian beberapa contoh deskripsi pengalaman kerja PPPK perawat untuk berbagai posisi. Semoga bermanfaat, Lur!

(rih/ahr)detik