3 Cara Melihat Jumlah Pendaftar PPPK 2023, Mudah dan Praktis

 Pendaftaran PPPK Tenaga Teknis 2022

Ilustrasi (Foto: SSCASN BKN RI)

Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) saat ini sedang berlangsung. Untuk menerka persaingan, tak sedikit pelamar yang merasa penasaran dengan jumlah pendaftar PPPK tahun ini.

Lantas, bagaimana cara melihat jumlah pendaftar PPPK 2023?

Dirangkum detikSulsel, jumlah pendaftar PPPK 2023 pada setiap instansi dapat dipantau dengan berbagai cara. Informasi tersebut bisa didapatkan melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Negara (SSCASN), media sosial Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan media sosial instansi terkait.

Pemantauan jumlah pelamar ini dilakukan untuk menerka pesaing sebagai salah satu strategi mengikuti seleksi. Nah, bagi yang penasaran, berikut informasi terkait cara melihat jumlah pendaftar PPPK 2023 selengkapnya.

Cara Melihat Jumlah Pendaftar PPPK 2023

1. Melalui Akun SSCASN

Cara pertama untuk melihat jumlah pendaftar PPPK 2023 bisa melalui laman resmi SSCASN di SSCASN.BKN.go.id. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Buka situs SSCASN.BKN.go.id
  2. Klik garis 3 pada pojok kanan atas
  3. Pilih 'Info lowongan'
  4. Setelahnya laman akan meminta untuk memilih Jenis Pengadaan. Pilihlah di antara dua pilihan yaitu PPPK Teknis atau PPPK Tenaga Kesehatan
  5. Selanjutnya pilih Instansi yang dituju
  6. Pilih tingkat pendidikan. Tahap ini bersifat opsional, sehingga detikers bisa melewatkannya jika merasa tidak dibutuhkan
  7. klik 'cari'
  8. Setelah itu, laman akan memunculkan informasi terkait jumlah kebutuhan instansi yang dipilih serta jumlah pelamarnya
  9. Laman juga akan menampilkan informasi jabatan, lokasi, pendidikan, jenis formal dan kebutuhan.

2. Melalui Akun Instagram BKN

Selain itu, jumlah pendaftar PPPK 2023 juga dapat dilihat melalui akun Instagram resmi BKN @bkngoidofficial. Akun ini akan memberikan informasi terkait jumlah pendaftar CPNS dan PPPK 2023 yang diperbarui setiap harinya pada pukul 06.00 WIB.

Pantauan detikSulsel, berikut update jumlah pelamar seleksi CASN 2023 per tanggal 3 Oktober 2023 dilihat dari akun Instagram resmi @bkngoidofficial:

Jumlah Pelamar Terbaru PPPK 2023

Pelamar PPPK Guru

  • Pendaftar: 338.349
  • Submit: 324.660
  • Memenuhi Syarat: 135.247
  • Tidak Memenuhi Syarat: 6.287

Pelamar PPPK Nakes

  • Pendaftar: 260.473
  • Submit: 32.156
  • Memenuhi Syarat: 7.146
  • Tidak Memenuhi Syarat: 2.325

Pelamar PPPK Teknis

  • Pendaftar: 433.887
  • Submit: 47.662
  • Memenuhi Syarat: 6.504
  • Tidak Memenuhi Syarat: 6.344

Adapun jumlah pelamar submit pada instansi dengan kebutuhan PPPK Guru di daerah terbanyak di Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara yaitu sebanyak 9803 orang. Sedangkan, instansi dengan jumlah pelamar submit terendah yaitu Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yang belum memiliki sama sekali pendaftar.

Sementara itu, jumlah pelamar submit pada instansi dengan kebutuhan PPPK Nakes tertinggi yaitu pemerintah Banyuasin dengan total pendaftar 566 orang. Sedangkan, jumlah pelamar submit pada instansi dengan kebutuhan PPPK Teknis terbanyak adalah kementerian Agama yakni sebanyak 5080 orang.

3. Melalui Website dan Media Sosial Instansi Terkait

Selain cara di atas, jumlah pendaftar PPPK 2023 bisa dipantau melalui website resmi dan akun media sosial instansi yang dituju. Sementara untuk jumlah pendaftar di instansi daerah dapat dilihat melalui laman resmi badan Kepegawaian Daerah masing-masing.

Demikianlah informasi terkait cara melihat jumlah pendaftar PPPK 2023 lengkap dengan update jumlah pendaftar terbaru. Semangat mengikuti seleksi ya

(edr/urw)detik