14 Contoh Alasan Sanggah CPNS dan PPPK 2023 serta Cara Mengajukannya

Ilustrasi tes CPNS
Foto: Ilustrasi/Luthfy Syahban

Hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2023 telah diumumkan sejak 15 Oktober 2023. Hasil pengumuman dapat diakses secara online melalui laman resmi SSCASN BKN.

Adapun bagi para pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) berhak melakukan upaya sanggah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Alasan sanggah yang diajukan pelamar adalah bentuk verifikasi terhadap kesalahan yang berasal dari panitia pelaksana.

Batas waktu mengajukan alasan sanggah ini dapat diajukan mulai 19 Oktober 2023 hingga 21 Oktober 2023. Lantas, bagaimana cara mengajukan sanggahan dan seperti apa kalimat alasan sanggahan yang dapat disampaikan?

Berikut contoh alasan sanggah bagi pelamar CPNS dan PPPK 2023 lengkap syarat dan cara mengajukan yang dapat detikers jadikan referensi.

Contoh Alasan Sanggah CPNS dan PPPK 2023

1. Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai

  • Contoh alasan sanggah: Kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan terakhir) sudah sesuai dengan persyaratan, mohon dicek kembali.

2. Berkas Foto/Scan Data/Surat Pernyataan Kurang Jelas

  • Contoh alasan sanggah: Saya mohon maaf atas kelalaian saya, saya harap bapak/ibu tetap meluluskan berkas ini karena berkas yang saya unggah sudah didukung dengan berkas lainnya dan kesalahan terletak pada Scan Data/pas foto/surat pernyataan kurang jelas. Besar harapan saya agar dapat diterima.

3. Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai

  • Contoh alasan sanggah: Kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan terakhir) sudah sesuai dengan persyaratan, mohon dicek kembali.

4. Tanggal Lahir di KTP Melampaui Batas Usia

Biasanya karena tanggal lahir di KTP terbaca angka yang membuat pelamar melampaui batas usia yang disyaratkan, misalnya angka 6 terbaca 8 karena dokumen tidak terlalu jelas. Hal ini bisa membuat instansi tidak akan meloloskan pelamar tersebut dan memberikan alasan bahwa pelamar melampaui batas usia.

  • Contoh alasan sanggah: Mohon dicek kembali, berdasarkan dokumen yang saya unggah, saya masuk dalam kriteria usia yang dipersyaratkan.

5. KTP Buram

  • Contoh alasan sanggah: Mohon dicek kembali, berdasarkan dokumen yang saya unggah, saya masuk dalam kriteria usia yang dipersyaratkan.

6. Surat Lamaran dan Surat Pernyataan Buram dan Tidak Terbaca

  • Contoh alasan sanggah: Terima kasih tim verifikator, mohon maaf sebelumnya kemarin setelah saya unggah dokumen saya dan saya cek kembali berkas saya sudah sesuai dengan versi yang diminta yakni PDF dengan kapasitas yang telah sesuai dengan ketentuan. Kemudian saya cek ulang dokumen yang telah saya unggah tersebut dan hasilnya sudah terlihat sangat jelas tanpa buram.

7. Format Surat Pernyataan Tidak Sesuai

  • Contoh alasan sanggah: Saya meminta maaf atas kelalaian saya karena tidak membaca secara teliti poin per poin, tetapi saya harap bapak/ibu verifikator tetap meluluskan berkas ini karena berkas yang saya unggah ini sudah didukung dengan berkas-berkas yang lainnya dan kesalahannya hanya terletak di satu titik poin ini saja. Terima kasih sebelumnya, besar harapan saya agar berkas ini dapat diterima.

8. Format Surat Lamaran dan Surat Pernyataan yang Diunggah Berwarna Hitam Putih atau Fotocopy-an

  • Contoh alasan sanggah: Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada tim verifikator yang telah memeriksa berkas saya, namun saya juga memohon maaf karena kelalaian saya yang telah mengunggah beberapa berkas berwarna hitam putih atau fotocopy-an. Sedangkan yang diminta untuk diunggah adalah berkas yang asli. Besar harapan saya untuk dapat diloloskan dalam seleksi ini, apabila tim verifikator meminta berkas yang asli, saya akan segera mengirimkan ulang dengan berkas yang asli.

9. Scan Ijazah Buram atau Tidak Terbaca

  • Contoh alasan sanggah: Terima kasih bapak/ibu verifikator yang memeriksa seluruh berkas saya. Mohon maaf sebelumnya, saya sudah mengunggah file scan asli ijazah dalam format PDF dan ukuran yang sesuai. Ketika saya cek, dokumen tersebut sudah benar, jelas, dan tidak buram. Saya mohon bapak/ibu untuk mengecek ulang dokumen tersebut. Saya berharap sekiranya bapak/ibu tetap meloloskan berkas administrasi saya.

10. Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai dengan Jabatan yang Dilamar

  • Contoh alasan sanggah: Terima kasih bapak/ibu verifikator yang sudah memverifikasi data saya. Kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan terakhir) sudah sesuai dengan persyaratan. Mohon dicek kembali. Saya mohon kiranya bapak/ibu tetap meloloskan kualifikasi pendidikan saya.

11. Pakaian Tidak Sesuai Ketentuan

  • Contoh alasan sanggah: Saya menghormati hasil seleksi administrasi. Namun, mohon maaf saya menyatakan sudah memenuhi ketentuan pas foto terbaru dengan mengenakan pakaian formal dan berlatar belakang merah. Oleh karena itu, mohon untuk dicek kembali, terima kasih.

12. Akreditasi Program Studi Tidak Sesuai Persyaratan

  • Contoh alasan sanggah: Terima kasih kepada tim verifikator yang telah memeriksa dokumen saya. Tetapi, saya merasa ada kesalahan dalam pengecekan akreditasi program studi. Saya sudah melakukan pengecekan kembali di laman resmi BAN-PT dan menemukan hasil bahwa akreditasi program studi saya sudah sesuai dengan persyaratan yang diberlakukan. Mohon untuk dicek ulang. Terima kasih atas perhatiannya.

13. Surat Pernyataan dan Surat Lamaran Pelamar Tidak Sesuai dengan Format

- Contoh alasan sanggah: Mohon maaf tim verifikator, saya sudah memastikan kembali bahwa surat pernyataan dan surat lamaran yang diunggah telah sesuai dengan format ketentuan dari instansi. Saya tidak menemukan adanya penambahan ataupun pengurangan kalimat yang telah diuraikan dalam kedua dokumen tersebut. Saya mohon agar dilakukan pengecekan kembali. Terima kasih.

14. Ijazah yang Diunggah Pelamar Tidak Sesuai dengan yang Dipersyaratkan

- Contoh alasan sanggah: Dengan hormat, terima kasih kepada tim verifikator yang telah memeriksa lamaran saya. Tetapi, mohon maaf saya ingin menyatakan bahwa ijazah yang saya unggah merupakan dokumen asli dan sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Mohon kesediaannya untuk dilakukan pemeriksaan kembali. Terima kasih.

Syarat dan Ketentuan Ajukan Sanggah CPNS dan PPPK 2023

Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS, ada beberapa syarat dan ketentuan dalam proses pengajuan alasan sanggah bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

  1. Sanggahan dapat diajukan oleh peserta yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
  2. Sanggahan hanya dianjurkan bagi peserta yang menemukan kesalahan verifikasi dari pihak panitia.
  3. Sanggahan atas kesalahan yang dilakukan oleh pihak pelamar tidak mengubah hasil verifikasi.
  4. Sanggahan hanya dapat dilakukan satu kali.
  5. Proses sanggahan yang berlaku hanya dari sistem SSCASN.
  6. Alasan sanggah yang pelamar isi harus benar, realistis, tidak mengada-ngada, dan berdasarkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya.
  7. Ada konsekuensi hukum yang timbul apabila ternyata pernyataan yang dibuat pelamar tidak sesuai dengan dokumen.
  8. Jika Peserta memiliki dokumen yang tidak valid lebih dari satu dan hanya ingin melakukan sanggah pada salah satunya saja atau tidak pada semua dokumen, maka tidak akan mengubah hasil. Hal ini dikarenakan satu persyaratan saja tidak valid, maka hasilnya tetap akan TMS (Tidak Memenuhi Syarat).
  9. Pelamar yang tidak melakukan sanggahan selama 3 hari dari tanggal pengumuman kelulusan, maka sanggahan selain dari sistem tidak akan diterima apa pun alasannya.

Cara Ajukan Sanggahan Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2023

Sanggahan oleh pelamar hanya dapat diajukan melalui laman resmi SSCASN. Sanggahan hanya dapat diajukan satu kali dan tidak diperkenankan untuk melakukannya selain dari sistem SSCASN.

  • Kunjungi laman SSCASN
  • Login menggunakan NIK dan password yang telah terdaftar
  • Peserta yang dinyatakan TMS, dapat memilih tombol ajukan sanggah
  • Lalu akan muncul form sanggah yang berisi informasi persyaratan yang tidak terpenuhi, dokumen yang telah diunggah pelamar, dan kolom isian alasan sanggah
  • Peserta dapat menyampaikan alasan sanggah dari hasil seleksi administrasi pada kolom alasan sanggah yang telah disediakan
  • Saat pelamar sudah yakin dengan sanggahan yang telah disampaikan, pelamar dapat mencentang tombol disclaimer
  • Kemudian pilih tombol Akhiri Proses Sanggah
  • Setelah mengisikan sanggahan, maka sistem akan menampilkan peringatan "Apakah Anda yakin untuk mengakhiri dan memproses penyanggahan?".
  • Jika sudah yakin pelamar dapat memilih tombol iya, tetapi jika masih ragu, pelamar bisa pilih tidak.
  • Setelah memilih tombol iya kemudian akan tampil informasi bahwa pengajuan sanggah berhasil.
  • Nantinya akan ada notifikasi yang menyatakan bahwa pengajuan sanggah telah berhasil dilakukan

Nah, itulah 14 contoh alasan sanggah CPNS dan PPPK 2023 lengkap syarat dan caramengajukan.

(edr/alk)detik