Kumpulan Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 3.000 Karakter TK, SD, SMP, SMA

Ilustrasi Guru Mengajar
Kumpulan Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru (Foto: Dok. Kemendikbudristek)

Bagi  yang hendak mengikuti seleksi PPPK Guru 2023, kamu diperlukan untuk mengisi deskripsi diri. Bagian tersebut diisi setelah memasukkan informasi tentang biodata, jenis seleksi, dan formasi pada laman SSCASN.

Sesuai namanya, deskripsi diri pada PPPK Guru 2023 merupakan esai singkat yang berisi gambaran diri pelamar dalam pekerjaan maupun kehidupan bermasyarakat.

Panjang deskripsi diri dibatasi hingga 3.000 karakter dan baiknya perlu meliputi informasi tentang

  • data diri;
  • latar belakang pendidikan;
  • pengalaman mengajar;
  • kemampuan/kelebihan yang dimiliki;
  • motivasi mengajar; hingga
  • pengalaman berorganisasi.

Supaya lebih jelas, simak kumpulan contoh deskripsi diri PPPK Guru 3.000 karakter, mulai dari guru SD, SMP, dan SMA sampai guru Agama Islam, Bahasa Indonesia, dan BK.

Kumpulan Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2023

1. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru TK

Nama saya [nama pelamar], lahir di [tempat lahir] pada [tanggal lahir], dan saya adalah seorang guru di TK XX.

Saya sudah 5 tahun menjadi guru di TK XX. Saya bisa mengenali berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar.

Saya telah membuat metode pengajaran baru untuk merangsang motorik anak, yang kini diterapkan secara menyeluruh di TK XX. Metode itu dianggap mampu memaksimalkan perangsangan motorik pada anak-anak.

Saya juga mampu membangun komunikasi yang baik dengan orang tua siswa sehingga orang tua siswa memahami keunggulan dan kecenderungan anaknya.

Di samping itu, saya ikut menjalin hubungan baik sesama tenaga pendidik, dan berkolaborasi memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Bagi saya, menjadi guru TK membuat saya memiliki banyak pengetahuan seputar cara mendidik anak yang tepat. Selain itu, juga memiliki teman kecil yang menyenangkan.

Guru TK juga dituntut untuk kreatif sehingga hal ini juga terus mengasah kreativitas saya.

Demikian esai ini saya tulis dengan sebenarnya-benarnya. Terima kasih.

2. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SD

Nama saya [nama pelamar], lahir di [tempat lahir] pada [tanggal lahir]. Saya adalah seorang guru di SD Kabupaten OO, tepatnya di SDN XX.

Berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar sembilan tahun SD tersebut.

Selama bertugas di sana, saya pernah menjadi wali kelas selama 3 tahun untuk kelas 3 dan 4 tahun untuk kelas 5. Sisanya adalah sebagai guru biasa, yakni saat awal-awal mengajar di sana, pada 2013 silam.

Selama mengajar di sana, saya banyak berkolaborasi dengan para guru lain untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Salah satu program yang yang kami terapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran di alam dengan mengaktifkan media pembelajaran lingkungan sekitar. Tujuannya yakni agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja.

Program ini membuahkan hasil, ditunjukkan dengan penilaian formatif dan sumatif, nilai siswa tersebut menjadi lebih baik. Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, yang diikuti oleh anak-anak usia pra sekolah dasar.

Di sana, mereka bisa bermain sambil belajar dengan cara membaca dan mewarnai hewan kesukaannya. Lingkungan sekitar mengapresiasi kegiatan ini, mereka juga banyak menyumbang buku bacaan dan buku gambar untuk diwarnai anak-anak.

Aktivitas tersebut dapat membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru sehingga menjadi lebih terasah dan banyak menemukan ide yang bisa digunakan untuk pembelajaran untuk siswa.

Menurut saya, seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi dalam menyampaikan materi.

3. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SMP

Nama saya [nama pelamar], lahir di [tempat lahir] pada [tanggal lahir]. Saya adalah menjadi seorang guru honorer SMP Kota OO, tepatnya di SMPN XX.

Saya telah mengajar di SMP tersebut selama kurang lebih 5 tahun. Berbagai macam karakter siswa telah saya temui selama mengajar di SMP tersebut. Saya juga pernah menjadi wali kelas selama 7 tahun untuk siswa kelas 8.

Bagi saya, seorang guru tidak cukup sebatas penguasaan materi saja, melainkan juga harus bisa berinovasi ketika menyampaikan materi.

Dalam kegiatan belajar mengajar, saya berupaya mewujudkan suasana kelas yang menyenangkan, menarik, dan mudah dipahami sesuai karakteristik siswa.

Tidak hanya sekadar memberikan materi pembelajaran, saya pun berupaya menjalin kedekatan antara guru dengan siswa sehingga saya bisa memahami karakteristik dan emosional siswa.

Di samping itu, saya sering melakukan kolaborasi dengan guru lainnya untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul. Hal itu saya lakukan agar bisa belajar banyak hal dari guru-guru lainnya yang lebih berpengalaman di sekolah tersebut.

Selama bertugas sebagai seorang guru, saya memiliki semangat tinggi ketika mengajar dan berinteraksi dengan siswa.

4. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SMA

Saya Dimas Maia Ahmad, lahir di Toraja, 19 Desember 1997, saat ini bekerja sebagai guru honorer di SMA N 1 Makale, Toraja dan sudah 4 tahun mengabdi di sini.

Saya pernah mengikuti sejumlah trainning kependidikan di Australia, Amerika, dan England pada tahun 2019.

Saya pernah dinobatkan sebagai Guru Teladan 6 bulan berturut-turut dan Guru Favorit 2020 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Saya aktif berorganisasi di PGRI Toraja dan menjabat sebagai Sekretaris Utama yang sudah menyelenggarakan 20 kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Saya juga aktif di PKK Jombor Kidul, tempat saya tinggal dan pernah menjadi Pembina PKK Terbaik se-Kabupaten Toraja.

Saat ini saya juga aktif di Wardah Beauty Teacher yang menginisiasi Learning Camp bagi para para guru di pedalaman Toraja.

Saya pernah bertemu dan mendapatkan pembinaan langsung dari Mendikbudristek Nadiem Makarim di Seminar Guru Merdeka SMA 2020.

Beberapa penghargaan yang saya pernah raih di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Best Teacher SMAN 1 Toraja
  • Best Presenter on International Seminar on Learning Academy
  • Wardah Beauty Ambassador for Education
  • LOREAL Business Plan
  • Pembimbing OSN SMAN 1 Toraja

Beberapa pelatihan yang pernah saya ikuti di antaranya adalah:

  • Public Speaking for Educator
  • Pelatihan Koperasi dan Kewirausahaan
  • Pelatihan Penggunaan Teknologi atau Aplikasi Pendidikan
  • Pelatihan Kepemimpinan (Leadership)
  • Pelatihan Ice Breaking untuk Pembelajaran
  • Workshop Profesionalisme Guru
  • Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup
  • Pembinaan Ideologi Pancasila
  • Pelatihan Pengembangan Kurikulum
  • Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran
  • Pelatihan Penulisan dan Literasi

Saya sering mengikuti seminar kependidikan dan sering menjadi best participant hingga mendapatkan banyak sekali hadiah.

Saya orang yang optimis dan memiliki hasrat untuk mengabdikan diri saya bagi pendidikan Indonesia yang lebih baik sesuai kebutuhan Industry 4.0.

Beberapa hal yang menjadi kompetensi utama saya di antaranya adalah public speaking, tech-savy, dan good intrapersonal skill.

Saya juga mampu mengelola program belajar mengajar, dengan berbagai tahap, di antaranya sebagai berikut:

  • Merumuskan tujuan pembelajaran.
  • Mengenal dan bisa menggunakan metode mengajar yang baik.
  • Melaksanakan program belajar mengajar.
  • Mengenal kemampuan (entry behavior) peserta didik.
  • Melakukan perencanaan dan pelaksanaan program remedial.
  • Melakukan perencanaan dan pelaksanaan pengajaran remedial dan juga -pengayaan.
  • Melakukan evaluasi program remedial dan pengayaan.

Saya memiliki hobi olahraga, membaca buku, mendengarkan podcast, hingga memelihara burung.

5. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SMK

Perkenalkan nama saya [nama pelamar], lahir di [tempat lahir] pada [tanggal lahir]. Saat ini saya menjadi guru honorer di sekolah SMK XX.

Saya sudah menjadi guru honorer selama kurang lebih 8 tahun dan Alhamdulillah sampai sekarang masih diberikan kesempatan untuk mengabdi di bidang pendidikan.

Tak hanya itu, saya juga mengabdi sebagai Ketua DKM Di Kampung halaman saya. Dan saya juga saat ini masih aktif di bidang kepemudaan contohnya ikut gabung di KNPI Tingkat Kabupaten.

Sebagai seorang guru SMK, keterlibatan saya dalam pembelajaran tidak hanya berlangsung di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas.

Saya aktif terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dan proyek-proyek sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di berbagai bidang.

Saya berusaha menjadi contoh yang baik bagi siswa dengan mendukung partisipasi mereka dalam kegiatan positif.

6. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam

Perkenalkan nama saya [nama pelamar], lahir di [tempat lahir] pada [tanggal lahir]. Saya adalah seorang guru Pendidikan Agama Islam dari SDN ABCD dengan berbagai pengalaman di bidang yang selaras.

Selama mengabdi di SDN ABCD, saya banyak menemukan berbagai karakter siswa yang berbeda-beda. Saya juga sudah beberapa kali mengalami rotasi.

Awal mengajar, saya ditugaskan menjadi guru campuran untuk semua mata pelajaran. Namun, di tahun kedua mengajar, saya akhirnya dikembalikan untuk mengajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Selain itu, saya juga pernah menjadi wali kelas untuk kelas 1, 4 dan 6 dengan total masa pengabdian 6 tahun.

Walaupun saya memiliki background sebagai seorang guru Pendidikan Agama Islam, namun saya juga memiliki keahlian mengajar di bidang yang lain.

Selama menjadi bagian dari keluarga besar SDN Batu Raya 01, Malang, saya banyak belajar dan melakukan kolaborasi dengan dewan guru yang lain.

Mengajar dengan metode yang tidak membosankan dan banyak berinteraksi dengan siswa adalah salah satu kelebihan saya. Yang saya inginkan yaitu siswa-siswi dapat memahami materi pelajaran yang saya berikan, bukan hanya sekedar menuntaskan kewajiban.

Saya paling suka jika siswa-siswi banyak melakukan diskusi dengan rekannya, ataupun melakukan pembelajaran dua arah deng gurunya.

Pendidikan Agama Islam memang kurang bisa dijelaskan jika hanya dengan materi saja, oleh karena itu saya lebih suka mengajak siswa-siswi untuk praktik bersama.

Beberapa materi yang biasanya saya berikan secara praktik yaitu shalat berjamaah hingga mengaji dengan tartil. Tujuannya adalah menanamkan materi agama secara mendalam ke dalam otak dan juga hati siswa-siswi saya.

Ketika siswa-siswi saya merasa bosan belajar di dalam kelas, saya berusaha mengajak mereka untuk belajar di luar ruangan.

Menurut saya, memberikan materi di luar ruangan juga cukup efektif untuk melatih kepekaan siswa-siswi terhadap semua ciptaan Allah. Karena menurut saya, sebagai seorang guru memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk kepekaan siswa-siswinya.

7. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru Bahasa Indonesia

Nama saya [nama pelamar]. Saya adalah lulusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dari Universitas Pendidikan XYZ, dengan gelar sarjana pada tahun 20XX. Selama studi saya, saya mendalami berbagai aspek sastra dan bahasa Indonesia, dan ini telah memperkuat dasar pengetahuan saya dalam mata pelajaran ini.

Pengalaman mengajar saya telah meliputi berbagai jenjang pendidikan. Saya memulai karir sebagai guru di SD Negeri ABC selama 3 tahun, di mana saya mengajar bahasa Indonesia dan sastra untuk siswa kelas 4 hingga 6. Setelah itu, saya pindah ke SMP Swasta XYZ, di mana saya mengajar bahasa Indonesia dan membantu mengelola perpustakaan sekolah. Pengalaman mengajar saya telah memungkinkan saya untuk merancang strategi pembelajaran yang beragam dan efektif.

Saya adalah pendukung kuat penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Saya telah memanfaatkan perangkat lunak pendidikan dan sumber daya daring untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi siswa. Saya sering menggunakan platform pembelajaran daring untuk memberikan tugas, evaluasi, dan sumber daya tambahan kepada siswa.

Saya memiliki pengalaman dalam pengembangan kurikulum bahasa Indonesia yang sesuai dengan standar pendidikan terbaru. Selain itu, saya juga aktif dalam komite kurikulum sekolah, di mana saya berkontribusi dalam merancang materi pelajaran yang mengintegrasikan sastra Indonesia dengan konteks kehidupan sehari-hari.

Kemampuan komunikasi saya yang baik membantu saya menjelaskan konsep-konsep bahasa Indonesia dan sastra dengan jelas. Saya berusaha untuk menciptakan lingkungan kelas yang mendukung komunikasi terbuka dan diskusi aktif, sehingga siswa merasa nyaman berpartisipasi dalam pembelajaran.

Saya sangat peduli terhadap perkembangan akademik dan pribadi siswa-siswa saya. Saya selalu berusaha untuk memahami kebutuhan individu mereka dan memberikan dukungan yang sesuai. Saya juga aktif memberikan bimbingan kepada siswa yang memerlukan tambahan pembelajaran.

Selain mengajar, saya juga aktif dalam berbagai proyek pendidikan di sekolah saya. Saya terlibat dalam program ekstrakurikuler sastra, serta menjadi fasilitator dalam pelatihan penulisan kreatif bagi siswa-siswa yang berbakat dalam menulis.

Saya merasa sangat antusias untuk menjadi seorang guru PPPK, yang akan memberi saya peluang lebih besar untuk mempengaruhi perkembangan pendidikan di Indonesia. Saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang sebagai seorang pendidik, serta memberikan kontribusi maksimal bagi siswa dan perkembangan bahasa Indonesia. Saya siap untuk menghadapi setiap tugas dan tantangan yang datang dalam peran ini.

8. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru Matematika

Saya [nama pelamar], sebagai seorang guru yang mengajar di SMA ABCD, dengan lamanya mengabdi tiga tahun. Saya lahir di [tempat lahir] pada [tanggal lahir] dan menempuh perkuliahan di Universitas XX program studi Pendidikan Matematika.

Menjadi seorang guru adalah salah satu cita-cita dan impian saya sejak kecil, dan kini saya berhasil mewujudkannya sehingga selalu bersemangat dalam menjalani tugas. Bahkan setelah 2 tahun mengajar, saya mendapatkan kepercayaan menjadi wali kelas untuk kelas 6.

Tiga tahun mengajar di SMA ABCD saya selalu memantau potensi bahkan karakter siswa. Sehingga saya bisa melakukan evaluasi dalam melihat berbagai perkembangan dalam setiap proses belajar mengajar. Adapun eksperimen dalam proses mengajar telah saya lakukan demi mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Selain itu, saya juga memanfaatkan sarana media, sebagai bentuk pengenalan teknologi untuk siswa juga saya terapkan untuk menciptakan siswa yang unggul dan berpengetahuan luas. Dalam sistem pembelajaran tambahan, saya berikan pembelajaran robotik dan coding sederhana untuk siswa sekolah dasar.

Tidak hanya melakukan peningkatan pembelajaran di kelas, namun aktivitas siswa di luar kelas juga harus di berdayakan. Namun salah satu program yang saya cetus adalah "Jumat Penghijauan" dimana mengajak para siswa dan siswi dari kelas 1-6 untuk melakukan bersih-bersih dan penghijauan di area sekolah.

Atas program yang saya cetuskan ini, Sekolah SD QWERTY bisa mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata pada tahun 20XX.

9. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru Bahasa Inggris

Nama saya [nama pelamar]. Saya meraih gelar sarjana dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Bahasa XYZ pada tahun 20XX. Selama studi saya, saya memperoleh pemahaman yang kuat tentang bahasa Inggris dan metode pengajaran yang efektif.

Saya telah menjadi guru bahasa Inggris di SMA Negeri QQ selama 8 tahun terakhir. Selama waktu ini, saya telah mencapai sejumlah prestasi. Salah satu prestasi yang signifikan adalah peningkatan hasil ujian nasional bahasa Inggris, di mana persentase siswa yang mencapai skor di atas 90 meningkat dari 15 persen menjadi 75 persen dalam rentang lima tahun terakhir.

Saya telah mengimplementasikan platform pembelajaran daring yang interaktif dalam kelas, memungkinkan siswa untuk mengakses materi, latihan, dan sumber daya pendidikan secara efisien. Ini juga membantu meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa dalam konteks digital.

Saya memiliki pengalaman dalam mengembangkan kurikulum bahasa Inggris yang sesuai dengan standar pendidikan nasional. Selama tiga tahun terakhir, saya berhasil memperbarui kurikulum bahasa Inggris sekolah kami untuk mencakup beragam aspek kemampuan berbahasa, termasuk keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.

Saya menerima penghargaan "Guru Bahasa Inggris Terbaik" di tingkat kabupaten selama tiga tahun berturut-turut (20XX, 20XX, dan 20XX). Selain itu, dua siswa yang saya bimbing meraih penghargaan pertama dalam Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat Nasional pada tahun 20XX dan 20XX.

Saya juga telah menjalin kemitraan dengan komunitas bahasa Inggris lokal dan organisasi terkait. Ini melibatkan keikutsertaan dalam program pertukaran budaya, seminar bahasa Inggris, dan proyek kolaboratif dengan berbagai pihak yang berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris di komunitas kami.

Saya sangat bersemangat untuk menjadi seorang guru PPPK dan melanjutkan kontribusi saya dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa di Indonesia. Saya berkomitmen untuk terus mengembangkan metode pengajaran yang efektif dan memberikan dampak positif pada perkembangan pendidikan.

10. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru BK

Nama saya [nama pelamar], biasa dipanggil [nama panggilan pelamar]. Saat ini saya berusia 00 tahun, lahir pada [tanggal lahir] di [tempat lahir].

Saat ini saya adalah guru tenaga honorer di SMP XX. Pekerjaan ini saya geluti selama 5 tahun ini.

Selain di SMP XX, saya juga pernah mengajar di SMP YY. Keduanya di posisi sebagai guru BK, atau Bimbingan Konseling.

Sejak awal saya memilih menjadi guru BK adalah misi dan semangat untuk membentuk karakter anak didik yang baik dan sesuai dengan norma dan tuntunan agama.

Biasanya, guru BK ditakuti para murid karena dianggap sebagai komisi kedisiplinan, yang menegur dan menghukum anak-anak.

Namun, saya selalu melakukan pendekatan dari berbagai sudut pandang masalah siswa. Tak hanya sekedar memberi nasihat, saya berupaya murid-murid memahami bahwa tujuan pendidikan adalah karakter dan budi pekerti yang baik.

Harapannya, saya bisa membentuk anak-anak yang jujur sehingga mereka bisa mengungkapkan cita-cita, dan minatnya, sehingga bisa saya kembangkan bakatnya melalui program-program di sekolah.

Sebagai contoh, saya menjalin komunikasi dengan orang tua atau wali murid, serta meminta partisipasi dan dukungan dari mereka selama siswa di rumah.

Saya juga mencoba untuk mendukung perkembangan murid dengan berkoordinasi dengan guru-guru lainnya, termasuk guru senior yang sudah berpengalaman mendampingi siswa bermasalah.

Tak hanya di sekolah, saya juga aktif mengikuti kegiatan kemasyarakatan dan bergotong royong dalam beberapa lembaga sosial (sebutkan).

Sebelum mengisi bagian deskripsi diri PPPK Guru 2023, pastikan kamu mempelajari kumpulan contoh di atas. Semoga membantu

(mff/afb)detik