6 Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2023 Beserta Strukturnya

Ilustrasi Guru Mengajar
6 Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2023 Beserta Strukturnya. Foto: Dok. Kemendikbudristek

Salah satu poin yang harus dicermati bagi calon pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) Guru adalah memahami deskripsi diri. Hal ini penting karena merupakan salah satu persyaratan yang harus dilampirkan ketika mendaftar PPPK Guru.

Pendaftaran seleksi PPPK telah dibuka sejak 20 September 2023, tentunya terdapat berkas dan data yang harus disertakan oleh pelamar. Salah satunya adalah deskripsi diri pelamar.

Deskripsi diri yang dituliskan dengan baik dan benar akan menarik perhatian penyelenggara seleksi PPPK Guru. Sehingga kesempatan untuk diterima semakin besar.

Deskripsi diri PPPK Guru sendiri harus dituliskan dalam bentuk esai dan berisi gambaran tentang diri pelamar dalam pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat. Esai deskripsi diri ini ditulis dengan batas maksimal 3.000 karakter.

Berikut beberapa contoh deskripsi guru PPPK beserta strukturnya.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 1

Nama saya Syifa Hanisa, seorang pendidik yang mengajar di Sekolah Dasar Harapan Bangsa.

Saya lahir di Makassar 11 Maret 1998 dan telah mengajar di SD tersebut selama lima tiga tahun. Dalam menjalankan tugas, saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semangat tinggi dalam mengajar.

Hal itu dibuktikan dengan kedekatan antar guru ataupun dengan anak-anak didik. Dalam mengajar saya berupaya mewujudkan suasana yang menyenangkan, menarik serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Hal ini saya lakukan dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Selama di lembaga, saya juga terus menjaga dan memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan bersama.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2

Perkenalkan Nama saya Annisa Larasati lahir di Takalar pada tanggal 15 Agustus 1992, saat ini saya menjadi guru honorer di sekolah SMAN 6 Makassar Kecamatan ujung Pandang Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Saya sudah menjadi guru honorer selama kurang lebih 8 tahun dan Alhamdulillah sampai sekarang masih diberikan kesempatan untuk mengabdi di bidang pendidikan.

Tak hanya itu, saya juga mengabdi sebagai Ketua DKM Di Kampung halaman saya. Dan saya juga saat ini masih aktif di bidang kepemudaan contohnya ikut gabung di KNPI Tingkat Kabupaten.

Demikian essay ini saya tulis dengan sebenarnya. Terima kasih.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 3

Nama saya Yusuf Subagya S.Pd, seorang guru bahasa Inggris yang sudah mengajar di SDN 113 Banjarsari Bandung, dan sudah mengabdi selama 4 tahun.

Saya lahir di Bandung, 31 Agustus 1997 dan menempuh perkuliahan di Universitas Pendidikan Indonesia, mengambil program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Sejak kecil, menjadi guru sudah menjadi cita-cita saya. Kini, saya bisa mewujudkan impian saya sehingga saya selalu antusias dalam menjalani peran dan tugas yang diemban.

Di tahun kedua saya mengajar di SDN 113 Banjarsari Bandung, saya dipercaya menjadi wali kelas untuk kelas 4 selama 2 tahun.

Selama menjadi wali kelas, saya selalu menjaga komunikasi dengan orang tua murid sehingga membuat kepercayaan mereka pada sekolah semakin tinggi.

Sebagai seorang pengajar, saya selalu melakukan eksperimen dan evaluasi pada setiap proses belajar mengajar yang telah dilakukan.

Hal ini supaya saya bisa mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan setiap karakteristik dan potensi siswa-siswi.

Saya pun selalu menggunakan media yang tepat dan mengenalkan teknologi untuk siswa agar mereka bisa menjadi murid yang unggul serta berkualitas.

Salah satu prestasi yang saya dapatkan selama mengajar di SDN 113 Banjarsari Bandung adalah penghargaan Sekolah Adiwiyata di tahun 2022 lalu.

Hal ini berkat salah satu program yang saya canangkan yaitu "Jumat Bersih", di mana guru dan murid bekerja sama untuk membersihkan lingkungan sekolah serta melakukan penghijauan di area sekitar sekolah.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 4

Nama saya Alfredha Almira Kusuma, dan biasa dipanggil Amira. Saya lahir di Makassar, 17 Januari 1994.

Saat ini saya menjadi guru honorer yang mengajar matematika untuk kelas 8 dan 9 di SMPN 9 Makassar. Saya sudah menjalani peran ini selama 7 tahun.

Sebagai guru honorer, saya selalu melaksanakan tugas dan peran sebaik-baiknya.

Saya selalu mencoba menyampaikan materi pembelajaran menggunakan beragam metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami murid. Hal ini dilakukan agar murid tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang diberikan.

Jika murid mulai merasa bosan dan mengalami penurunan pada performa belajarnya, saya mencoba untuk memposisikan diri sebagai siswa agar bisa menemukan metode belajar yang memotivasi siswa.

Agar mengetahui perkembangan siswa, saya juga selalu mencoba membangun hubungan baik dengan mereka supaya tahu kondisi dan keadaan yang dialami oleh murid.

Hal ini membuat saya tahu karakteristik siswa, dan membantu saya mengayomi mereka ketika belajar.

Selain dengan murid, saya juga selalu mencoba membangun hubungan baik dengan guru lain agar bisa memberi pembelajaran yang optimal pada siswa.

Saya juga aktif mendorong siswa mengikuti lomba atau olimpiade. Hal ini agar mereka bisa menunjukkan bakat dan menjadi siswa berprestasi. Salah satu siswa saya berhasil menjadi juara 1 olimpiade biologi tingkat nasional pada tahun 2020 lalu.

Selain di sekolah, saya juga selalu mencoba berkontribusi pada masyarakat di sekitar saya. Saya ikut aktif mengikuti karang taruna di lingkungan rumah dan selalu ikut serta pada kegiatan sosial yang diselenggarakan.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 5

Nama saya Hawa Humaira, lahir di Medan, 12 Februari 1996. Saat ini saya adalah seorang guru honorer di SMA Negeri 12 Medan. Saya sudah mengabdi di SMA Negeri 12 Medan selama 5 tahun.

Sebagai guru, saya selalu mencoba mengembangkan kemampuan saya sebagai pendidik dengan rutin mengikuti pelatihan kependidikan.

Salah satunya adalah program teacher training yang sempat diadakan di Inggris pada tahun 2020 lalu.

Pelatihan yang saya ikuti membuat saya dinobatkan sebagai Guru Teladan di SMA Negeri 12 Medan selama 8 bulan berturut-turut.

Tak hanya itu, saya juga mendapatkan penghargaan Guru Favorit di tahun 2022 tingkat provinsi.

Selain mengajar, saya juga turut aktif berorganisasi di Komunitas Guru Bahasa Indonesia. Saat ini saya menjabat sebagai sekretaris.

Bersama rekan-rekan guru bahasa Indonesia lainnya, saya berhasil menyelenggarakan pelatihan bahasa Indonesia ke berbagai kalangan masyarakat di pulau Sumatera.

Beberapa penghargaan yang saya pernah raih di antaranya;

  • Guru Terbaik SMA Negeri 12 Medan
  • Pembimbing Terbaik di Jambore Pramuka Nasional
  • Best Speaker on International Seminar of Teaching

Selain itu, saya pun rutin mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan saya sebagai guru. Beberapa pelatihan yang pernah saya ikuti di antaranya seperti;

  • Pelatihan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan pembelajaran
  • Pelatihan pengembangan kurikulum
  • Pelatihan penulisan dan literasi
  • Pelatihan pembuatan media pembelajaran

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 6

Saya adalah seorang pendidik di sebuah SD.

Saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semangat dalam menjalankan tugas.

Sebagai seorang guru saya berpegang teguh pada nilai-nilai luhur dan pedoman mengajar.

Saya merawat kedekatan antar guru, peserta didik, dan wali murid.

Dalam mengajar saya berupaya menciptakan suasana yang menyenangkan, menarik, serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Saya menerapkan pendekatan, metode, media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar dan kemampuan peserta didik.

Mengajar adalah kecintaan saya, maka saya selalu mengerjakannya dengan senang hati sehingga tidak merasa terbebani.

Selama bekerja saya selalu memilah kepentingan pribadi dan kepentingan bersama.

Ada dua bagian yang harus digarisbawahi, dalam bidang pekerjaan dan bermasyarakat.

Struktur Deskripsi Diri PPPK Guru 2023

Dalam menulis deskripsi diri untuk memenuhi persyaratan berkas PPPK Guru, harus ditulis dengan baik dan benar. Oleh karena itu, berikut struktur deskripsi diri yang sebaiknya dicantumkan ketika menulis deskripsi diri untuk mendaftar PPPK Guru 2023.

Berikut ini beberapa poin penting yang sebaiknya dituliskan dalam deskripsi guru:

  • Identitas diri meliputi nama lengkap, tempat, dan tanggal lahir
  • Informasi mengenai sekolah yang ditempati mengajar, mulai dari nama sekolah, berapa lama mengajar. Cantumkan juga kontribusi apa saja yang sudah diberikan pada sekolah, serta prestasi-prestasi yang sudah pernah diraih
  • Utarakan bagaimana hubungan pelamar dengan para siswa dan guru yang lain
  • Sampaikan bagaimana hubungan dalam bermasyarakat, seperti keaktifan dalam organisasi masyarakat, keikutsertaan dalam kegiatan bermasyarakat, serta kontribusi lainnya yang sudah diberikan dalam kehidupan bermasyarakat
  • Pengalaman organisasi yang pernah diikuti
  • Pengalaman kursus atau pelatihan yang sesuai dengan bidang yang dilamar
  • Pengalaman pengembangan kepribadian atau profesi
  • Sertifikasi yang dimiliki dan ada kaitannya dengan bidang kerja

Nah itu tadi contoh deskripsi diri untuk PPPK Guru, semoga lolos seleksi ya Lur!

(ahr/ahr)detik