BKN Umumkan UPDATE Total Formasi yang Dibutuhkan, PPPK Jauh Lebih Banyak dari CPNS

BKN merilis update total formasi yang dibutuhkan dalam seleksi penerimaan CASN 2023 yang terdiri dari calon PPPK dan CPNS.
BKN merilis update total formasi yang dibutuhkan dalam seleksi penerimaan CASN 2023 yang terdiri dari calon PPPK dan CPNS. /Dok. BKN/ Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis jumlah total formasi kebutuhan calon PPPK dan CPNS dalam rekrutmen CASN 2023. Bagi Anda yang berminat melamar jabatan PPPK maupun CPNS, simak informasi ini sampai habis.

Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CASN 2023. Meski jadwal pasti pembukaan rekrutmen CASN 2023 belum dirilis, per Agustus 2023, BKN telah merilis jumlah formasi yang dibutuhkan.

Dikutip dari laman resmi BKN, total formasi yang dibutuhkan dalam seleksi CASN 2023 adalah sebanyak 572.496 formasi.

Perlu diketahui, jumlah kebutuhan formasi CASN 2023 ini telah ditetapkan pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan CASN 2023 pada Kamis, 3 Agustus 2023 lalu.

Dari total dormasi yang ada, diketahui sebanyak 543.593 formasi yang dibutuhkan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sementara itu, sebanyak 28.903 formasi yang dibutuhkan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Adapun dari total jumlah formasi PPPK yang dibutuhkan, sebanyak 493.634 merupakan formasi instansi pemerintah daerah, sementara 49.959 adalah formasi untuk pemerintah pusat.

Mekanisme Penetapan Kebutuhan Formasi CASN 2023

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengungkap mekanisme rekrutmen CASN 2023 ditetapkan sesuai dengan kebutuhan kelompok jabatan ASN, yaitu jabatan fungsional dan jabatan pelaksana.

Untuk jabatan fungsional, kebutuhannya ditetapkan sesuai dengan jumlah pegawai yang akan pensiun. Sementara untuk jabatan pelaksana (administrasi) ditetapkan berdasarkan proyeksi pensiun pegawai dan kebutuhan SDM yang bisa digantikan dengan proses digitalisasi.

Lebih lanjut, BKN menyebutkan bahwa kebutuhan CASN PPPK 2023 didominasi oleh tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

Lalu, bagaimana dengan kebutuhan formasi CPNS? BKN menjelaskan bahwa kebutuhan calon PNS akan dialokasikan untuk jabatan-jabatan fungsional atau keahlian lainnya sesuai dengan kebutuhan instansi.

Rekap CASN 2022

Dalam penerimaan CASN 2022, Panselnas melalui BKN telah melaksanakan seleksi PPPK guru dan tenaga kesehatan. Berdasarkan hasil seleksi formasi tahun 2022, rata-rata kelulusan PPPK guru mencapai 78,5 persen. Sementara kelulusan PPPK nakes mencapai angka 78,6 persen.

Sementara itu, untuk seleksi PPPK tenaga teknis 2022, persentase kelulusan PPPK adalah sebesar 44 persen.

Namun, dengan adanya kebijakan reformulasi yang ditetapkan oleh Kemenpan RB, persentase kelulusan PPPK teknis 2022 meningkat menjadi 69 persen.

“Tetapi dengan adanya kebijakan reformulasi yang ditetapkan Kementerian PANRB melalui Keputusan Menteri PANRB Nomor 571 Tahun 2023, BKN memperhitungkan persentase kelulusan PPPK Teknis bisa mencapai 69 persen,” terang Haryomo.***

Editor: Egia Astuti Mardani/prsoloraya