Trik Mengerjakan Soal CPNS 2021 TKP dan TIU, Agar Lulus Ujian SKD

Peserta menunggu dimulainya tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Balai Rakyat, Depok, Jawa Barat, Minggu (3/10/2021). Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mencatat sebanyak 3.131 peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021 di Kota Depok dengan kebutuhan ASN di wilayah tersebut hanya 182 formasi. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Tes CASN 2021 di Kota Depok. Berikut trik mengerjakan soal CPNS 2021. Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA
Soal CPNS 2021 dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terbagi dalam tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Bagaimana trik mengerjakan soal CPNS 2021 TKP dan TIU pada SKD dalam durasi yang ditentukan?

Berdasarkan PermenpanRB nomor 27 tahun 2021, durasi pelaksanaan SKD CPNS 2021 sebanyak 100 menit. Khusus pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan khusus penyandang disabilitas, waktu pelaksanaan SKD yaitu 130 menit.

Sementara itu, pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan umum atau kebutuhan khusus selain kebutuhan khusus penyandang disabilitas diberikan durasi ujian 100 menit.

Soal CPNS 2021 dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) terdiri dari soal tentang nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara, seperti tercantum dalam PermenpanRB nomor 27 tahun 2021.

Tes intelegensia umum (TIU) berisi soal mengenai kemampuan verbal analogi, silogisme, dan analitis, lalu kemampuan numerik berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. TIU juga mencakup soal-soal kemampuan figural analogi, ketidaksamaan, dan serial.

Tes karakteristik pribadi (TKP) berisi soal mengenai pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.

Trik Mengerjakan Soal CPNS 2021 TIU dan TKP

Soal TIU

Soal kemampuan verbal analogi kata dan analitis merupakan dua bagian dari soal TIU pada SKD CPNS 2021. Tes analogi kata sekilas membutuhkan waktu singkat dalam pengerjaannya. Tetapi, analogi yang mirip membuat peserta dapat salah menjawab. Sementara itu, soal analitis disebut sebagai bagian TIU yang menghabiskan banyak waktu dalam memahami wacana yang diberikan.

Nah, berikut tips dan trik mengerjakan soal TIU pada SKD CPNS 2021 dikutip dari buku Top One Psikotes Terlengkap oleh Tim Bintang Psikologi yaitu sebagai berikut:

  • Tes Analogi Kata

1. Perhatikan soal dan coba bangun hubungan yang tepat antara kata-kata dalam pasangan yang diberikan. Hal ini biasanya membantu mengungkapkan hubungan dalam frasa atau kalimat. Lalu, cari pilihan jawaban dengan sepasang kata yang hubungannya paling dekat dengan soal.
2. Kadang-kadang, lebih dari satu pilihan jawaban sekilas benar di awal. Coba cari hubungan yang lebih tepat atau mengidentifikasi beberapa aspek dari hubungan antara pasangan kata-kata dalam soal dengan jawaban.

3. Jangan memutuskan jawaban terbaik tanpa membaca pilihan jawaban.

  • Soal Analitis

Soal analitis merupakan bagian tes verbal yang sangat berpengaruh pada manajemen waktu saat ujian. Tips dan trik mengerjakan soal CPNS 2021 analitis yaitu:

1. Baca wacana secara cepat (membaca cepat).
2. Perhatikan dan soal yang ditanyakan.
3. Setelah memahami soal, mulai baca secara detail wacana tersebut.
4. Temukan ide pokok setiap paragraf karena ide pokok tiap paragraf biasanya sering ditanyakan.
5. Jawab pertanyaan sesuai isi wacana.

Soal TKP

Soal TKP dalam soal CPNS 2021 memiliki kedudukan penting di SKD. Sebab, berdasarkan PermenpanRB nomor 27 tahun 2021, jika pelamar memperoleh nilai SKD sama dan berada pada batas 3 tiga kali jumlah kebutuhan jabatan, makan penentuan kelulusan SKD secara berurutan mulai dari nilai TKP dulu, baru TIU, lalu nilai TWK. Trik mengerjakan soal CPNS 2021 TKP seperti dikutip dari akun Instagram Go CPNS 2021 @gocpns2021 yaitu sebagai berikut:

  • 1. Soal TKP jenis pelayanan publik memiliki ciri-ciri terdapat unsur pelayanan publik dalam soal. Pilih jawaban yang paling menguntungkan masyarakat banyak.
  • 2. Soal TKP jenis sosial budaya memiliki ciri-ciri terdapat unsur kebijakan publik. Pilih jawaban yang mengarah ke sikap integritas, jujur dan tanpa korupsi.
  • 3. Soal TKP jenis profesionalisme memiliki ciri-ciri terdapat kasus gangguan pekerjaan atau pilihan pekerjaan dari sesuatu di masa lalu. Pilih jawaban yang fokus pada pekerjaan, apapun gangguannya.
  • 4. Soal TKP jenis jejaring kerja atau kemitraan memiliki ciri-ciri terdapat unsur kinerja dan koneksi. Pilih jawaban yang mencerminkan sikap supel dan terbuka ke semua orang.
  • 5. Soal TKP yang memiliki jenis integritas memiliki ciri terdapat kasus gangguan korupsi, kecurangan, dan lain-lain. pilih jawaban yang mengandung sikap berintegritas, jujur dan tanpa korupsi yang fokus pada diri sendiri.
  • 6. Soal TKP jenis semangat berprestasi memiliki ciri ada tantangan dalam pekerjaan atau hal baru yang bisa diraih. Pilih jawaban yang mencerminkan antusiasme, suka tantangan, dan terus belajar.
  • 7. Soal TKP jenis kreativitas dan inovasi memiliki ciri ada unsur baru dari pekerjaan. Pilih jawaban yang kreatif, bebas, dan out of the box.
  • 8. Soal TKP jenis orientasi pada pelayanan memiliki unsur pelayanan berhubungan dengan layanan ke pihak luar. Pilih jawaban yang menjunjung kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau kelompok.
  • 9. Soal TKP dengan jenis orientasi pada orang lain memiliki ciri-ciri adanya situasi dalam kelompok. Pilih jawaban yang berorientasi pada orang lain dalam kelompok, seperti rekan kerja.
  • 10. Soal TKP jenis kemampuan beradaptasi memiliki ciri ada hal baru yang masuk, baik atasan, sistem, dan rekan kerja. Pilih jawaban yang mencerminkan sikap adaptif, supel, dan mau mencoba hal baru.
  • 11. Soal TKP jenis kemampuan mengendalikan diri memiliki ciri adanya cobaan seperti penolakan dan belum berhasil dalam ujian. Pilih jawaban yang menunjukkan sikap sabar dan menerima kenyataan.
  • 12. Soal TKP jenis kemampuan bekerja mandiri dan tuntas memiliki ciri tantangan dalam pekerjaan atau hal baru yang bisa dicapai. Pilih jawaban yang mencerminkan antusiasme, suka tantangan, dan mau terus belajar.

Nah, itu dia tips mengerjakan soal CPNS 2021 TKP dan TIU pada SKD dalam durasi yang ditentukan. Semangat berjuang 

(twu/pay) detik