Ujian SKB CPNS 2020 Segera Digelar, Menteri PANRB Minta Instansi Siap-Siap



Kabar baik untuk kamu yang sedang menantikan jadwal Seleksi Kompetensi Bindang (SKB) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020. Pemerintah memastikan akan segera melaksanakan SKB CPNS dan meminta instansi pusat dan daerah untuk bersiap-siap.

Permintaan untuk melanjutkan pelaksanaan SKB telah disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam surat tertanggal 16 Juli 2020 yang ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di Pusat dan Daerah serta Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengenai rencana pelaksanaan SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.

Dalam surat bernomor B:611/M.SM.01.00/2020 tersebut, Pemerintah melalui Kementerian PANRB akan melakukan langkah-langkah antisipasi untuk pelaksanaan SKB.

Rencananya pelaksanaan SKB akan terbagi dalam tiga jadwal kegiatan, yakni pelaksanaan SKB dengan Computer Assisted Test (CAT) yang dijadwalkan pada September hingga Oktober 2020.

Kedua, bagi instansi yang melaksanakan SKB tambahan selain dengan CAT, maka waktu dan teknis pelaksanaannya diatur oleh masing-masing instansi yang telah memiliki persetujuan dan dilaksanakan dalam kurun waktu September hingga Oktober 2020.

Jadwal ketiga adalah pengolahan dan pengumuman hasil seleksi dijadwalkan dilakukan pada akhir Oktober 2020.

Seperti diketahui proses seleksi CPNS Tahun 2020 terpaksa dihentikan setelah pemerintah menggelar tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Pandemi Covid-19 pada Maret 2020 membuat pemerintah terpaksa menunda penyelenggaraan SKB.

Menteri PANRB Tjahjo seperti dikutip dari laman Menpan.go.id, menegaskan bahwa seluruh pelaksanaan SKB wajib memperhatikan pedoman dan/atau protokol terbaru pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan daerah.