Lanjutan Seleksi CPNS 2019 Berlangsung pada September hingga Oktober


Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 akan berlangsung pada September hingga Oktober 2020. SKB CPNS tersebut akan dilakukan dalam tiga tahap.

Namun, untuk tanggal pasti SKB dilakukannya kapan, masih belum ditentukan. Itu yang disampaikan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono. “Untuk tanggal belum ditentukan. Iya segera (dirapatkan), nanti kita informasikan,” ujar dia , Senin (20/7).

 Dia pun memastikan, jika memungkinkan untuk dilaksanakan, SKB akan berjalan sesuai rencana. Jika tidak, nantinya akan ada evaluasi lebih lanjut. “InsyaAllah (tetap lanjut) kalau tidak ada sesuatu yang luar biasa (kejadian tidak terduga), tetap September dan Oktober,” ungkap dia.

Seperti diketahui, kebijakan itu tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SE MenPAN-RB) Nomor B:611/M.SM.01.00/2020. Dalam surat yang ditujukan kepada pejabat pembina kepegawaian (PPK) serta kepala BKN tersebut, dipaparkan sejumlah rencana pelaksanaan SKB seleksi CPNS formasi tahun 2019.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo memaparkan, penyelesaian SKB akan terbagi menjadi tiga jadwal kegiatan. Pertama, pelaksanaan SKB dengan computer assisted test (CAT) dijadwalkan pada September hingga Oktober.

Kedua, bagi instansi yang melaksanakan SKB tambahan selain dengan CAT, waktu dan teknis pelaksanaannya diatur instansi masing-masing. Dengan catatan, harus ada persetujuan dari pusat dan dilaksanakan dalam kurun waktu September hingga Oktober. Terakhir, pengolahan dan pengumuman hasil seleksi dijadwalkan dilakukan pada akhir Oktober. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking