Rekrutmen CPNS Masih Tak Jelas, 425 PNS di Banjarnegera Pensiun

CPNS di Banjarnegara beberapa tahun lalu saat akan digembleng. Dok Radar Banyumas

Jumlah PNS di lingkungan Pemkab Banjarnegara terus menyusut. Pasalnya jumlah pegawai yang pensiun lebih besar dibandingkan dengan yang diterima. Sementara perekrutan CPNS tahun 2019, belum selesai. Sebab belum dilaksanakan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) karena adanya pandemi Covid-19.
Kepala BKD Banjarnegara Yusuf Agung Prabowo menjelaskan jumlah PNS yang pensiun setiap tahun sekitar 450 orang. Dia menyebut per Maret 2020 ada 8.087 PNS di Kabupaten Banjarnegara. Namun jumlahnya terus berkurang karena banyak yang memasuki purna.
Dikatakan dalam setahun, jumlah guru yang memasuki purna tugas sekitar 250 orang. Sedangkan PNS lainnya sekitar 200 orang per tahun.


“Tahun ini saja sekitar 425 yang pensiun. Sedangkan formasi 2020 belum ada gambaran,” jelasnya.
Sementara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk rekrutmen tahun CPNS 2019 juga belum dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19. Dengan banyaknya yang memasuki masa purna tugas, jumlah PNS yang ada terus menyusut. “Kekurangan terus, cari staf sekarang sulit,” jelasnya.
Formasi perekrutan CPNS yang diusulkan ke pemerintah pusat, biasanya yang disetujui lebih kecil.
“Menurut penghitungan kebutuhan, kalau kita mengusulkan sekitar 1.000 sesuai formasi yang dibutuhkan. Cuma biasanya formasi yang dari sana turun paling hanya turun 400 atau 500 sesuai kemampuan keuangan daerah,” paparnya. (drn)