Provinsi Riau Tahun 2020 Tidak Menerima CPNS

Ikhwan Ridwan
USULAN PEMPROV GUGUR

Tak Ada Penerimaan CPNS

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB), secara resmi telah mengumumkan tahun 2020 ini tidak akan dilakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dengan demikian, usulan penerimaan CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang sudah diusulkan gugur.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, sebelum adanya informasi bahwa tidak akan dilakukan penerimaan CPNS tahun 2020, pihaknya sudah mengajukan usulan penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov Riau.

“Dengan adanya informasi tidak adanya penerimaan CPNS tahun 2020 ini, usulan formasi CPNS Pemprov Riau bisa gugur atau batal. Tahun ini kami mengajukan formasi sebanyak 359. Karena penerimaan CPNS inikan merupakan kewenangan pemerintah pusat,” kata Ikhwan.

Dengan tidak adanya penerimaan CPNS tahun 2020 tersebut, pihaknya akan fokus menyelesaikan penerimaan CPNS tahun 2019 dulu. Pasalnya, penerimaan CPNS tahun 2019 saat ini masih dalam tahap menunggu ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang tertunda akibat pandemi Covid-19.

“Kami akan fokus untuk CPNS tahun 2019 dulu, karena dari informasi terakhir yang kami terima, ujian SKB akan dilaksanakan Agustus mendatang. Namun untuk tanggal pastinya belum diketahui,” ujarnya.

Dengan tidak adanya penerimaan CPNS tahun 2020 tersebut, menurut Ikhwan sedikit banyak akan memengaruhi kinerja. Pasalnya setiap tahunnya juga ada PNS yang pensiun di lingkungan Pemprov Riau.

“Sedikit banyak mempengaruhilah, tapi masih bisa kita atasi dengan memberdayakan PNS yang ada saat ini. Karena setiap tahunnya PNS yang pensiun dilingkungan Pemprov Riau bisa sampai ratusan,” sebutnya.

Untuk diketahui, pada seleksi CPNS yang dimulai tahun 2019 lalu, Pemprov Riau akan menerima 271 CPNS. Di antaranya terdiri dari 170 tenaga pendidikan, 22 tenaga kesehatan dan 79 tenaga teknis.(gem) 

Laporan SOLEH SAPUTRA, Pekanbaru