Formasi CPNS 2020 Ajuan Kabupaten Wonogiri

PNS Kabupaten Wonogiri melakukan upacara, sebelum pandemi Covid-19. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

BKD Tetap Ajukan Formasi CPNS: Belum Tahu Tahun Ini Ada atau Tidak
Badan Kepegawaian Daerah (BKD) belum mendapat surat resmi terkait peniadaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Untuk itu, BKD tetap mengajukan formasi ke pemerintah pusat.

"Secara prinsip, daerah diminta untuk mengajukan formasi. Tapi semua keputusan dikembalikan kepada pusat," ungkap Plt Kepala BKD Wonogiri Suharno.

Dia mengatakan, terkait dengan ditetapkan formasi CPNS yang dikirimkan ke pihak pusat, hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui apakah penerimaan CPNS di tahun ini akan digelar atau tidak. Hingga Jumat (8/7) lalu, pihaknya belum menerima surat resmi tentang peniadaan CPNS di tahun 2020 ataupun 2021.

"Kami pesimistis kalau ada penerimaan CPNS di 2020. Sebab, yang 2019 saja belum selesai," paparnya.

Ditanya terkait berapa dan apa saja formasi yang tetap diajukan, Suharno mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyusunan untuk diusulkan.

"Kami usulkan lewat aplikasi yang langsung terkoneksi ke sana. Tapi setidaknya sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun itu ada berapa," paparnya.

Untuk informasi, tahapan seleksi CPNS 2019 terhenti karena adanya pandemi Covid-19. Hingga saat ini masih menunggu pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Pada seleksi CPNS 2019 ada 560 formasi yang diperebutkan pendaftar. Rinciannya, 241 formasi guru, 183 kesehatan, dan 136 tenaga teknis.

Dikatakan Suharno, peserta yang lolos seleksi CPNS tahun 2019 baru akan diangkat pada 2021 mendatang. Dan, tahapan seleksi CPNS 2019 tetap akan diselesaikan di tahun ini.

"Logikanya kan yang 2019 tuntas, baru 2020 dilakukan. Tapi sampai saat ini belum ada pemberitahuan secara resmi," kata Suharno. (al/nik/ria)

(rs/ria/per/JPR)