Dirjen GTK: Masih Ada Kekurangan Formasi 242 Ribu

Proses Screening Tes CPNS di Surabaya
Ilustrasi CPNS. Begini update formasi guru ASN dan PPPK menurut Dirjen GTK. Foto: Istimewa/ Dok Kemenkumham Jatim

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Nunuk Suryani membagikan perkembangan terbaru terkait seleksi guru ASN dan PPPK 2024. Menurutnya, Kemendikbudristek terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan guru dan tenaga kependidikan tepat waktu.

"Kami sangat ingin memenuhi kebutuhan guru dan tenaga kependidikan yang berkualitas secara tepat waktu, sehingga menjamin kesejahteraan, penghargaan, dan perlindungan guru secara berkelanjutan," ujar Nunuk dalam Rapat Kerja antara Kemendikbudristek dan Komisi X DPR RI dikutip dalam rilis resmi, Jumat (5/4/2024).

Sampai dengan 2023, Kemendikbudristek telah memenuhi kebutuhan guru di sekolah negeri seluruh Indonesia dengan kelulusan 774.999 guru ASN PPPK. Untuk memenuhi target 1 juta guru, masih ada kuota yang perlu dipenuhi sebanyak 419.146 guru ASN PPPK.

"Namun kami masih berupaya memenuhi usulan 419.146 formasi lagi untuk penuntasan," lanjut Nunuk.

Menjelang penerimaan CASN 2024, setiap instansi daerah mengirimkan kebutuhan formasi kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemen PAN-RB). Namun, sampai waktu penutupan formasi guru yang ditetapkan Kemen PAN-RB baru sekitar 177 ribu.

Sehingga untuk mencapai jumlah 419.146 formasi masih ada kekurangan sekitar 242 ribu. Jumlah ini masih akan terus dikejar dengan berbagai upaya mengingat pelaksanaan CASN 2024 berjalan dalam tiga periode hingga akhir tahun.

"Untuk mengupayakan hal tersebut, Kemendikbudristek telah melaksanakan rapat koordinasi dengan 564 instansi daerah," pungkas Nunuk.

Strategi Kemendikbudristek Terkait CASN 2024

Dengan masih adanya pekerjaan rumah terkait pelaksanaan CASN 2024, Kemendikbduristek mengusulkan beberapa rekomendasi, yakni:

  • Mengupayakan penuntasan Guru Prioritas 1 (P1) yang saat ini tersisa 14.070 dari 193.954 guru.
  • Mengusulkan formasi pengawas
  • Mengusulkan tenaga kependidikan khususnya tenaga administrasi sekolah
  • Memberikan pertimbangan tentang kebutuhan formasi di daerah, mengingat mekanisme pengusulan rincian jabatan fungsional daerah kini langsung dari pemerintah daerah ke BKN.

Kementerian PAN-RB Tetapkan 40.541 Formasi CASN Kemendikbduristek

Di kesempatan berbeda, Kementerian PAN-RB telah menetapkan 40.541 formasi calon ASN di lingkungan Kemendikbudristek. Jumlah tersebut terdiri dari 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK.

Terkait hal ini MenPAN-RB, Azwar Anas menjelaskan ada tiga poin penting yang perlu diketahui publik. Hal itu disampaikannya setelah bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Senin (1/4/2024) lalu. Ketiga poin tersebut adalah:

  1. Formasi yang ditetapkan adalah upaya penuntasan tenaga non ASN/honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek.
  2. Pemenuhan dan pengoptimalan kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi termasuk dosen.
  3. Pemenuhan formasi untuk penempatan di IKN.
Devita Savitri - detikEdu
(det/nwy)