MenPAN-RB Sebut Banyak Instansi Tak Usulkan Posisi Auditor di CPNS 2024

Foto: dok. KemenPAN-RB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyoroti banyaknya kementerian/lembaga yang tidak mengajukan formasi auditor untuk rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, termasuk CPNS dan seleksi PPPK.

Padahal menurut Anas, posisi auditor menjadi salah satu posisi prioritas untuk para fresh graduate di rekrutmen CASN 2024 ini, setelah talenta digital. Hal ini pun juga menjadi salah satu amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Salah satu yang diharapkan oleh Bapak Presiden adalah merekrut talenta-talenta digital dan juga para auditor. Karena di berbagai tempat itu formasi auditor udah mulai kurang," kata Anas, dalam acara Penyerahan Hasil Reviu dan Penandatangan Laporan Kinerja Pemerintah Pusat (LKJPP) Tahun 2023, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

"Oleh karena itu formasi (CASN) tahun ini adalah selain untuk talenta digital adalah auditor. Sayangnya, K/L tidak mengusulkan tenaga untuk auditor. Nah, padahal jelas-jelas kekurangan auditor," sambungnya

Lebih lanjut Anas menjelaskan, formasi auditor sangat dibutuhkan untuk kemajuan dalam meningkatkan kualitas belanja, meningkat kualitas kinerja, hingga agar evaluasi setiap K/L berjalan dengan baik.

"Atas dasar itu kami lapor (kebutuhan formasi auditor) ke Presiden (Joko Widodo), maka kemudian disepakati. Nah salah satunya selain talenta-talenta digital, yang direkrut yang punya kapasitas bagus adalah untuk merekrut para auditor. Sehingga K/L diminta mengusulkan formasi itu," terangnya.

Atas kondisi ini, mantan Bupati Banyuwangi itu meminta K/L untuk memverifikasi kembali formasi yang telah disiapkan dan menambahkan formasi auditor ke dalam usulan CASN 2024. Dengan demikian, ia berharap pemerintah dapat merekrut auditor dan talenta-talenta yang handal.

"Makanya kemarin saya minta diverifikasi kembali untuk formasi-formasi yang telah kita siapkan. Saya minta dikembalikan ditambahkan formasi untuk auditor. Karena ini adalah bagian untuk mendorong akuntabilitas, peningkatan disiplin, termasuk ke kinerjanya bagi teman-temen K/L diharapkan meningkat dengan merekrut auditor yang handal dan talenta-talenta yang handal," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, pada tahun ini pemerintah membuka setidaknya 690 ribu formasi fresh graduate atau lulusan baru dalam rekrutmen CASN 2024, termasuk CPNS dan seleksi PPPK. Jumlah formasi ini merupakan yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Anas sebelumnya sempat menyebut, pada seleksi CASN tahun lalu formasi untuk lulusan baru terbatas dibuka untuk posisi di kejaksaan hingga Kementerian Luar Negeri, itu pun jumlahnya tidaklah besar, porsinya hanya sekitar 20% dari keseluruhan formasi.

Oleh karena itu, formasi dibuka dalam jumlah besar, salah satu yang mendapat perhatian lebih ialah untuk posisi talenta digital. Formasi untuk talenta digital ini juga menjadi salah satu yang paling banyak dibutuhkan di IKN.

(shc/rrd)detik