Bocoran SKD CPNS Terlengkap Untuk Seleksi CASN 2024 akan Segera Dibuka

Seleksi CASN 2024 akan Segera Dibuka
Seleksi CASN 2024 akan Segera Dibuka
Pendaftaran seleksi CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) tahun anggaran 2024 sebentar lagi akan dibuka.

Para calon pelamar pejuang CASN yang terdiri dari CPNS dan PPPK tahun 2024 segera mempersiapkan diri dari sekarang.

Salah satu poin penting yang harus dipersiapkan adalah materi seleksi Tes SKD CPNS 2024.

Materi seleksi tes SKD CPNS ini merupakan salah satu pintu menuju lolos tidaknya CPNS setelah melawati proses seleksi administrasi.

Dengan demikian, para pejuang CPNS sangat urgensi memaksimalkan belajar kisi- kisi latihan soal Tes SKD CPNS 2024.

Lantas, kapan seleksi CPNS 2024 dibuka?

Sebelum ke jadwal seleksi CPNS tahun 2024, berikut ini bocoran kisi- kisi latihan soal Tes SKD sebagaimana dikutip Ayo Bandung melalui Instagram @cpns.asn pada, Minggu 03 Maret 2024.

Tes Karakteristik Pribadi

Pelayanan publik

Dalam sektor ini individu diharapkan mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

Jejaring kerja

Mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

Sosial budaya

Mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.

Teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK)

Penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) dengan efisien untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kinerja.

Profesionalisme

Mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan Jabatan.

Anti-radikalisme

Peningkatan kesadaran dan pengetahuan terhadap pencegahan radikalisme dengan mengumpulkan informasi dari individu, serta mampu merespons berbagai situasi dengan cara yang bijaksana dan tepat

 Tes Intelegensi Umum

Kemampuan Verbal

Kemampuan verbal sangat diperlukan bagi pejuang ASN.

Dalam konteks ini kemampuan penalaran verbal merupakan tes untuk mengukur kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.

Contohnya: Analogi, Silogisme, Analitis

Kemampuan Numerik

Penalaran numerikal merupakan tes untuk mengukur kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Contohnya: Berhitung, Deret angka, Perbandingan kuantitatif dan Soal cerita.

Kemampuan Figural

Penalaran figural bukan hanya sekadar tes, tetapi juga sebuah sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang kreatif dan sistematis.

Dengan memahami dan melatih kemampuan penalaran figural, seseorang dapat mengungkap potensi kreativitasnya dan mewujudkan prestasi yang gemilang dalam berbagai bidang kehidupan.

Tes Wawasan Kebangsaan

Nasionalisme

Mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Integritas

Mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

Bela negara

Dengan berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara, kita semua dapat menjadi bagian dari upaya menjaga keutuhan dan keberlangsungan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan berdaulat.

Pilar negara

Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, setiap individu di Indonesia dapat menjadi agen perubahan yang mampu menciptakan harmoni, keadilan, dan kemajuan bagi bangsa dan negara ini.

Bahasa negara

Dengan menjaga dan mengembangkan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, kita memperkuat fondasi kesatuan dan keberagaman Indonesia.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk terus mendukung dan mempromosikan penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sebagai simbol persatuan dan identitas bangsa.

Untuk diketahui, selesai CASN 2024 ini akan dibuka sebanyak tiga periode.

Untuk Periode pertama, akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Maret 2024.

Pada periode ini, pendaftaran, seleksi administrasi, dan seleksi kompetensi dasar (SKD) akan dilakukan secara online.

Di samping itu, Periode kedua akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024.

Sementara periode ke 3 akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024.***

Editor: Hartanto Ardi Saputra/ayobandung