Usulan Formasi PPPK CPNS Kabupaten Karangasem Tahun 2024

Kepala BPKSDM Karangasem I Komang Agus Sukasena menyebut 338 PNS di lingkungan pemkab akan pensiun tahun ini. Kebanyakan dari mereka tenaga pendidik dan kesehatan.
Kepala BKPSDM Kabupaten Karangasem I Komang Agus Sukasena. Foto: I Wayan Selamat Juniasa/detikBali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem mengusulkan sebanyak 2.850 formasi untuk rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2024. Rinciannya adalah 2.676 untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 174 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karangasem I Komang Agus Sukasena mengatakan jumlah formasi yang diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tersebut sudah sesuai dengan jumlah pegawai yang pensiun serta masih banyaknya kekurangan tenaga ASN di Karangasem saat ini.

"Ribuan formasi yang kami usulkan ke Menpan RB tersebut lebih diprioritaskan untuk tenaga teknis dan penyuluh. Namun ada juga untuk tenaga pendidikan dan kesehatan," kata Sukasena dikonfirmasi detikBali, Selasa (6/2/2024).

Sukasena menyebut alasan lebih memprioritaskan tenaga teknis tahun ini karena dalam beberapa tahun terakhir lebih fokus ke tenaga pendidikan dan kesehatan. Sehingga praktis tidak ada formasi untuk tenaga teknis dan penyuluh.

Namun pihaknya juga belum bisa memastikan apakah formasi yang diusulkan tersebut dapat terealisasi semuanya atau tidak. Sukasena berharap semua usulan tersebut dapat terealisasi.

"Meskipun kami banyak kekurangan ASN, roda pemerintahan di Kabupaten Karangasem masih bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Karena dibantu oleh tenaga kontrak," ungkap Sukasena.

Untuk diketahui sampai saat ini Karangasem masih kekurangan ribuan ASN. Meskipun setiap tahunnya ada perekrutan PPPK, namun formasinya masih belum bisa mengatasi kekurangan tersebut, terutama di sektor pendidikan.

(nor/dpw)detik