Usulan Formasi CASN CPNS PPPK Kabupaten Gianyar Tahun 2024

Kantor Bupati Gianyar. (Foto: sippn.menpan.go.id)
Kantor Bupati Gianyar. (Foto: sippn.menpan.go.id)

Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gianyar mengajukan usulan kebutuhan calon aparatur sipil negara (CASN) sebanyak 7.864 formasi pada 2024. Rinciannya, sebanyak 7.704 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 7.704 dan 160 CPNS.

"Kebutuhan ASN kami di Gianyar 7.864 usulan, terdiri dari PPPK dan CPNS," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala (BKPSDM) Kabupaten Gianyar I Wayan Warnata, Jumat (2/2/2024).

Warnata menjabarkan ribuan usulan PPPK tersebut terdiri dari tenaga guru sebanyak 1.325 formasi, tenaga kesehatan (1.047), dan tenaga teknis (5.332). Sedangkan untuk CPNS terdiri dari 80 formasi teknis dan 80 tenaga kesehatan. Menurutnya, usulan kebutuhan pegawai itu belum tentu mendapat persetujuan.

"Belum tentu bisa disetujui semua. Nanti bagaimana perhitungannya, pusatlah yang punya kewenangan tersebut," imbuhnya.

Warnata berharap usulan tersebut dapat disetujui agar kebutuhan tenaga di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) terisi. Menurutnya, jumlah tenaga kerja yang memadai juga akan berdampak pada kinerja dan pelayanan yang lebih maksimal.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar belum pernah membuka seleksi CPNS dalam kurun lima tahun terakhir. Sebab, Pemkab Gianyar masih memprioritaskan kebutuhan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis penunjang untuk formasi PPPK.

"Pengajuan-pengajuan sebelumnya hanya disetujui PPPK guru dan tenaga kesehatan (nakes) saja. Yang sudah terlantik tahun 2023 ada 843 PPPK guru dan 142 nakes," pungkasnya.

iws/dpw)detik