Target dan Tips Lolos Rekrutmen PPPK Guru 2024

Kegiatan Seleksi PPPK  di SMA Negeri 1 Bunguran Timur.
Begini target rekrutmen PPPK guru 2024. Simak juga tips lolos seleksi PPPK guru di sini. Foto: dok. Grandyos Zafna/detik

Rekrutmen 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ditargetkan selesai lewat rekrutmen PPPK guru 2024. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam perayaan Hari Guru Nasional 2023 lalu.

"Saat ini pemerintah tengah berupaya agar seluruh rombongan belajar dan mata pelajaran di sekolah negeri diampu oleh guru ASN. Target rekrutmen guru ASN PPPK dari tahun 2020 adalah 1 juta guru, dan diharapkan hingga nanti tahun 2024, 1 juta guru honorer itu dapat terangkat (menjadi ASN) semua," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek Prof Nunuk Suryani dalam kanal YouTube Kemdikbud RI, Kamis, (9/11/2023) lalu.

Berdasarkan catatan Kemendikbudristek, guru honorer yang sudah diangkat menjadi guru PPPK sejak 2021 sebanyak 544.000 orang. Sedangkan proses seleksi guru PPPK 2023 ditargetkan menambah 296.000 guru PPPK baru.

"Dengan demikian, jumlah guru yang diangkat menjadi ASN PPPK nanti sudah lebih dari 800.000 orang," kata Nunuk.

Pola karier dan pemerataan guru di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) juga dibahas Kemendikbudristek bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Rencananya, ada aturan insentif karier dan insentif pendapatan bagi guru bersangkutan.

"Pertemuan ini juga untuk memastikan karier guru dan ketersediaan guru di daerah-daerah yang paling tertinggal dan terluar itu ada. Skema insentifnya ini kami detailkan dan nanti dituangkan di Peraturan Pemerintah. Insentifnya mulai dari sisi karier hingga insentif pendapatan, mudah-mudahan regulasinya bisa kita tuntaskan tidak lama lagi," kata MenPANRB Abdullah Azwar Anas, dikutip dari detiknews.

Tips Lolos Rekrutmen PPPK Guru 2024

Guru PPPK Avisa Apvif Kusuma menyarankan agar calon pendaftar memastikan semua dokumen persyaratan sudah lengkap dan akurat agar lolos tahap seleksi dokumen. Avisa juga menyarankan calon pelamar aktif mencari info terkait persyaratan, seleksi, dan persiapan ujian.

Kemudian, lakukan persiapan ujian, diskusi dengan sesama pelamar PPPK guru. Lalu cari referensi yang cocok dengan jurusan asal pelamar dan berdoa.

Berdasarkan penerimaan tahun lalu, berikut syarat PPPK guru 2023:

  1. Minimal S1/D4 dan atau memiliki sertifikat pendidik
  2. Kualifikasi pendidikan dan/atau kompetensi pendidik untuk guru TK, SD, dan paket A/sederajat minimal lulusan SMA/sederajat dan telah mengikuti pendidikan guru selama 2 tahun. Jika pelamar dengan kualifikasi pendidikan dan/atau kompetensi pendidik seperti ini yang lulus seleksi, maka instansi wajib meningkatkan kualifikasinya ke jenjang S1/D4
  3. Kualifikasi pendidikan dan/atau kompetensi pendidik dikecualikan pelamar yang mendaftar kebutuhan wilayah otonomi khusus Provinsi Papua
  4. Pelamar penyandang disabilitas rungu tidak dapat melamar untuk kebutuhan PPPK guru bahasa Indonesia/Inggris
  5. Pelamar penyandang disabilitas daksa tidak dapat melamar kebutuhan guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan
  6. Pelamar penyandang disabilitas netra tidak dapat melamar kebutuhan PPPK guru seni budaya keterampilan.
(twu/pal) detik