Kata Menpan RB Tentang 1,6 Juta Honorer yang Tak Lulus PPPK Akan Diutamakan pada CASN 2024

 1,6 Juta Honorer yang Tak Lulus PPPK akan Diutamakan pada CASN 2024 (Bkd.pacitankab.go.id)

1,6 Juta Honorer yang Tak Lulus PPPK akan Diutamakan pada CASN 2024 (Bkd.pacitankab.go.id)
Tak sedikit yang penasaran, bagaimana nasib honorer yang tak lulus PPPK 2023? pihak BKN telah mengungkapkan arah karir Non ASN ke depannya.

Honorer atau pelamar umum yang lulus akan mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH NI) tahun ini sebagai tanda penerimaan instansi masing-masing. Bagaimana nasib peserta yang tidak lulus?

Berdasarkan pengumuman kelulusan PPPK 2023, disebutkan ribuan tenaga, termasuk tenaga honorer yang dinyatakan tidak lulus.

Mengingat tenaga honorer dihapus sesuai UU ASN Nomor 20 Tahun 2023, paling lambat Desember 2024, pemerintah kembali memberi kesempatan bagi para Non ASN.

Kabar baiknya, Kementerian PANRB telah menyiapkan kuota besar untuk CASN 2024, terutama bagi tenaga honorer.

Sebanyak 1,6 juta tenaga honorer direncanakan direkrut pada 2024, dengan fokus pada guru di daerah 3T.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja mengatakan, Pemerintah berencana memberikan lebih banyak kuota CASN 2024 untuk fresh graduate atau yang baru menyelesaikan studi.

Jadi, sebanyak 1,6 juta formasi CASN tahun 2024 akan difokuskan pada tenaga honorer berpengalaman dan talenta baru.

Karena itu, bagi honorer yang belum lolos PPPK 2023, mungkin rezeki kalian ada di tahun ini, karena PPPK 2024 akan dibuka kembali. Tentu ini menjadi peluang Non ASN di tahun 2024.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Rencana penghapusan tenaga honorer ditunda berdasarkan usulan RUU ASN, memberikan tenggat waktu hingga Desember 2024.

Komisi II DPR mendorong penundaan ini untuk memungkinkan alih status dari honorer menjadi PPPK.

Menteri PANRB Azwar Anas, menegaskan komitmen untuk menghindari PHK massal dan pembengkakan anggaran. Tidak ada pengurangan pendapatan bagi tenaga honorer.

Pendaftaran CPNS 2024

Anas menyampaikan, prioritas seleksi ASN 2024 ialah guru dan tenaga kesehatan dan penyelesaian permasalahan tenaga honorer di instansi pemerintah.

Rencananya, Pengumuman seleksi atau rekrutmen CPNS 2024 dirilis pada minggu pertama Januari 2024.

Tak hanya penyelesaian honorer saja, para lulusan baru atau fresh graduate juga dapat kabar baik.

Anas secara gamblang menuturkan bahwa rekrutmen CPNS 2024 juga diperuntukkan bagi para fresh graduate dan ini menjadi hal yang baru dalam seleksi ASN.

Alasannya, pemerintah butuh lulusan baru atau fresh graduate yang memiliki talenta digital guna mendukung transformasi digital pemerintah RI.

Kata Anas, Selama ini belum pernah ada rekrutmen ASN yang dibuka khusus bagi fresh graduate, kecuali Kejaksaan, dan total kuota untuk lulusan baru cukup besar tahun ini.

Mengenai jumlah formasi atau kuota fresh graduate yang ada pada CPNS 2024, Anas menyebut hal tersebut bakal diumumkan langsung oleh Jokowi.

Demikian info nasib honorer yang tak lulus PPPK 2023, Pemerintah berencana utamakan Non ASN dan fresh graduete yang punya talenta digital pada seleksi CPNS 2024.***

Editor: Dina Miladina Dewimulyani/ayobandung