Fresh Graduate di Daerah & IKN Untuk CPNS 2024

Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun Anggaran 2019. Puluhan peserta yang reaktif mengikuti ujian di bilik khusus.
Rekrutmen CPNS 2024 disebut akan menyediakan formasi bagi fresh graduate talenta digital, terutama untuk kebutuhan di daerah dan IKN. Begini infonya. Foto: Deny Prastyo Utomo

Pengumuman lowongan CPNS 2024 direncanakan rilis pada minggu pertama Januari 2024. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan prioritas rekrutmen ASN 2024 yaitu tenaga guru dan tenaga kesehatan, kemudian penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

Anas menambahkan, rekrutmen CPNS fresh graduate juga dikhususkan pada 2024. Para lulusan baru diutamakan memiliki talenta digital untuk mendukung transformasi digital pemerintah RI.

"Selama ini belum ada rekrutmen (untuk fresh graduate) kecuali Kejaksaan kemarin, dan totalnya cukup besar tahun ini, jumlah detailnya nanti akan diumumkan oleh Bapak Presiden," ujar Azwar Anas dalam detikFinance, dikutip Selasa (2/1/2024).

Kebutuhan CPNS Fresh Graduate Talenta Digital di Daerah

Anas mengatakan, kebutuhan talenta digital dari kelompok fresh graduate diperlukan untuk mendukung pengembangan berbagai sektor di daerah.

"Salah satu fokusnya di talenta-talenta digital karena kita banyak talenta digital yang diperlukan di daerah. Tetapi talenta digitalnya bukan marketing digital, seperti pinjaman online dan lain-lain, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian," jelasnya.

Fresh Graduate di IKN

Azwar Anas mengatakan, Presiden Joko Widodo memberi arahan rekrutmen PNS fresh graduate atau lulusan baru 2024. Ia menjelaskan, Presiden Jokowi ingin lebih banyak fresh graduate ditempatkan di IKN.

"Dan Beliau (Jokowi) minta fresh graduate yang hebat-hebat nanti salah satunya diberi ruang banyak di IKN," ucapnya.

(twu/nwy)detik