Formasi dalam Pendaftaran CPNS 2024

Ilustrasi link pendaftaran CPNS 2023.
Ilustrasi mengecek formasi pendaftaran CPNS 2024/Foto: Istimewa/ Unsplash.com

Berapa formasi dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024? Soal formasi CPNS 2024 sudah diumumkan pemerintah sejak beberapa hari yang lalu.

Jadi pada Jumat (5/1/2024), pemerintah mengumumkan akan ada 2,3 juta formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Terdiri dari 690 ribu formasi CPNS, dan 1,6 juta formasi PPPK.

Ketika mengumumkan formasi CASN 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tahun ini pemerintah mengincar talenta-talenta muda digital untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis digital. Birokrasi yang efisien dan mendorong peningkatan kinerja dan akuntabilitas pemerintah.

"Menghadapi disrupsi teknologi yang pesat pemerintah membutuhkan pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, mendorong peningkatan kinerja dan akuntabilitas pemerintah," kata Jokowi dalam keterangan pers video yang dikutip detikFinance, Jumat (5/1/2024).

Untuk lebih tepatnya, formasi CPNS 2024 mencapai 690.822. Yang dicari dari lowongan CASN fresh graduate ini adalah talenta-talenta digital.

Itu juga seperti yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Menurutnya, talenta-talenta digital ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Kemudian merekrut talenta-talenta baru khususnya fresh graduate melalui tes CPNS talenta baru, nanti sebagian adalah talenta digital dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang merata di seluruh Indonesia," kata Anas.

Anas mengungkapkan nantinya formasi fresh graduate akan difokuskan untuk kebutuhan aparatur negara di IKN. Itu merupakan titah langsung Presiden Jokowi.

"Formasi fresh graduate juga untuk IKN. Talenta unggul nanti ini akan diarahkan ke IKN sebagaimana arahan presiden," imbuh Anas.

Mengenai berapa banyak yang bakal ke IKN dan kebutuhan formasinya pada bagian apa saja, Anas belum mau mengungkapkan. Nantinya ada perhitungan sendiri dari kementerian dan lembaga soal berapa banyak kebutuhan ASN di IKN.

"Nanti akan kita hitung sesuai dengan kebutuhan Kementerian lembaga yang akan pindah ke IKN," imbuh Anas.

Sementara dikutip detikSulsel dari laman PANRB, berikut ini uraian formasi CPNS dan PPPK 2024 untuk instansi pusat dan daerah.

Instansi Pusat (429.183 formasi):

  • CPNS: 207.247 formasi
  • PPPK: 221.936 formasi

Instansi Daerah (1.867.333 formasi)

  • CPNS: 483.575 formasi
  • PPPK: 1.383.758 formasi

Sekolah Kedinasan (6.027 formasi)

Lalu, kapan seleksi CPNS 2024 akan digelar? Berdasarkan catatan detikcom pada Kamis (4/1), seleksi CPNS 2024 kemungkinan besar akan dibuka pada Maret atau April mendatang. Seperti yang disampaikan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas.

"Bulan ini kan tidak otomatis langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Bisa jadi Maret atau April baru (dibuka seleksi)," ujarnya.

Dikutip detikFinance, menurut Anas, itu agar pemerintah daerah dan kementerian/lembaga terkait bisa menghitung kebutuhan formasi CASN terlebih dahulu. itu juga dilakukan agar usulan terkait CPNS dan PPPK tidak hanya dari pemerintah pusat.

"Ini kita umumin dulu segini, nah, nanti pemda daerah mana usulan mu? Ini lho, kita siapin ada formasi PPPK sama ada CPNS fresh graduate. Contoh, oh, ternyata dari PPPK nya tidak ada talenta digital, nah, silahkan ngusulin," ucap Anas di kantor Kemenpan RB, Sudirman, Jakarta Selatan. Senin (8/1/2023).

(sun/fat)detik