690 Ribu Formasi CASN IKN Fresh Graduate

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas
Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas/Foto: dok. KemenPAN-RB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan akan ada lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 untuk formasi fresh graduate. Jumlah formasinya 690.822 orang untuk tahun ini.

Menurutnya yang dicari dari lowongan CASN fresh graduate adalah talenta-talenta digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Kemudian merekrut talenta-talenta baru khususnya fresh graduate melalui tes CPNS talenta baru nanti sebagian adalah talenta digital dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang merata di seluruh Indonesia," ungkap Azwar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Azwar mengungkapkan nantinya formasi fresh graduate juga difokuskan untuk kebutuhan aparatur negara di IKN. Hal ini merupakan titah langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Formasi fresh graduate juga untuk IKN. Talenta unggul nanti ini akan diarahkan ke IKN sebagaimana arahan presiden," sebut Azwar Anas.

Soal berapa banyak yang bakal ke IKN dan kebutuhan formasinya pada bagian apa saja, Azwar Anas belum mau mengungkapkan. Nantinya ada perhitungan sendiri dari kementerian dan lembaga soal berapa banyak kebutuhan ASN di IKN.

"Nanti akan kita hitung sesuai dengan kebutuhan Kementerian lembaga yang akan pindah ke IKN," ungkap Azwar Anas.

Lebih lanjut, Azwar Anas menjelaskan PNS di IKN bakal bekerja dengan lebih lincah. Akan ada sistem khusus yang dibentuk berbasis elektronik.

"Apalagi nanti sistem pemerintah berbasis elektronik, termasuk platform tunggal dari ASN sedang diselesaikan dalam bulan ini, sehingga dengan demikian cara kerja ASN ke depan akan lebih lincah, lebih efektif, dan pelayanan publiknya akan lebih berdampak," papar Azwar Anas.

(hal/ara)detik