Tahapan Selanjutnya Setelah Pengumumam PPPK Guru 2023

Upacara Korpri di Balai Kota Solo, Rabu (29/11/2023).
Ilustrasi (Foto: Tara Wahyu NV)

Pengumuman PPPK Guru 2023 telah diterbitkan pada 22 Desember 2023. Simak cara cek, link pengumuman untuk seluruh wilayah Indonesia dan tahapan selanjutnya yang akan ditempuh.

Dikutip dari situs resmi BKN, pengumuman ini merujuk pada penyesuaian kembali jadwal seleksi PPPK 2023 sesuai dengan Surat BKN Nomor 13497/B-KS.04.01/SD/D/2023. Pengumuman kelulusan hasil PPPK khususnya pada formasi Guru berlangsung pada 22 Desember 2023.

Terhitung dari data BKN 23 Desember 2023, sebanyak 323 instansi pemerintah telah menyampaikan pengumuman hasil seleksi. Artinya para pelamar PPPK Guru sudah dapat mengecek hasil kelulusan yang diumumkan masing-masing instansi.

"Selain itu pelamar juga dapat mengecek status kelulusannya melalui login di portal SSSCASN BKN. Para peserta yang dinyatakan lulus merupakan peserta yang telah melewati tahapan Seleksi Kompetensi yang meliputi Seleksi Kompetensi Teknis, Seleksi Kompetensi Manajerial, dan Seleksi Kompetensi Sosial Kultural dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN," terangnya secara tertulis dan dikutip dari situs BKN, Minggu (24/12/2023).

Selengkapnya, berikut informasi seputar pengumuman PPPK Guru 2023, mulai dari cara melihat, link pengumuman untuk seluruh provinsi di Indonesia hingga tahapan yang akan ditempuh selanjutnya. Simak yuk!

Cara Melihat Pengumuman PPPK Guru 2023

Terdapat dua cara untuk melihat pengumuman PPPK Guru 2023, yakni melalui situs SSCASN dan juga lewat laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

1. Melalui Portal Resmi SSCASN BKN

Berikut cara melihat pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2023 melalui situs SSCASN BKN, yaitu:

  • Buka laman https://sscasn.bkn.go.id/.
  • Pilih menu "Masuk" di pojok kanan atas halaman.
  • Isi nomor induk kependudukan (NIK) dan kata sandi yang digunakan ketika mendaftar, kemudian klik Masuk.
  • Apabila detikers lupa kata sandi, klik bagian "Klik di sini untuk me-reset password" dan kamu akan dialihkan ke laman ubah password. Lengkapi seluruh
  • data yang diminta untuk mendapatkan kata sandi baru.
  • Apabila sudah berhasil masuk ke dalam akun SSCASN BKN, halaman yang akan muncul pertama yakni tampilan resume pendaftaran. Resume ini akan memberikan keterangan terkait status kelulusan PPPK Guru.

2. Melalui Laman Resmi Kemdikbudristek

Berikut tata cara melihat pengumuman akhir PPPK Guru di situs Kemendikbudristek:

  • Buka laman https://s.id/HasilSeleksiPPPK2023
  • Masukkan NIK dan nomor peserta pada kolom yang tersedia
  • Klik "Cari Data".
  • Halaman situs akan menginformasikan lolos atau tidaknya peserta dengan NIK dan nomor peserta tersebut.

Berikut link pengumuman PPPK Guru 2023 seluruh provinsi di Indonesia yang telah diterbitkan, antara lain:

Tahapan Lanjutan Usai Pengumuman PPPK Guru 2023

Setelah pengumuman, peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi PPPK Guru 2023 akan melanjutkan tahapan pengisian Daftar Riwayat Hidup Nomor Induk (DRH NI) PPPK mulai 14 Desember 2023 hingga 12 Januari 2024. Pengisian DRH NI dilakukan pada akun yang telah teregistrasi di laman https://sscndaftar.bkn.go.id/login.

Langkah pengisian DRH NI sebagai berikut:

  • Pengisian data perorangan: berisi data-data seperti penulisan gelar, alamat domisili, hobi, dan data-data yang harus ditulis tangan.
  • Pengisian riwayat pendidikan dan riwayat kursus: pendidikan akan otomatis muncul dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.
  • Pengisian riwayat pekerjaan, penghargaan, dan prestasi.
  • Pengisian riwayat keluarga: mulai dari ayah, ibu, saudara kandung, anak, pasangan, hingga mertua.
  • Pengisian riwayat organisasi (jika ada).
  • Unggah dokumen: peserta diwajibkan untuk dua klik cetak DRH yang telah diisi sebelumnya.

Nah, itulah informasi seputar pengumuman PPPK Guru 2023, mulai dari cara melihat hingga tahapan yang akan ditempuh selanjutnya. Semoga bermanfaatya!

(edr/urw)detik