Isi UU Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN dan Link Downloadnya

Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)
Tangkapan layar isi UU Nomor 20 tahun 2023 tentang ASN. (Foto: Dok. Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menandatangani Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Aturan ini mulai berlaku sejak tanggal diundangkan, yakni pada 31 Oktober 2023.

Dengan secara resmi telah diberlakukannya UU Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN tersebut maka mencabut peraturan sebelumnya, yakni UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Berikut informasi selengkapnya:

Isi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN

Dilansir laman resmi Database Peraturan Perundang-Undangan, pokok-pokok pengaturan yang terdapat di dalam UU Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN adalah sebagai berikut:

1) Penguatan pengawasan Sistem Merit
2) Penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK)
3) Kesejahteraan PNS dan PPPK
4) Penataan tenaga honorer
5) Digitalisasi Manajemen ASN termasuk di dalamnya transformasi komponen Manajemen ASN.

Dijelaskan bahwa, pegawai ASN terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pegawai ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Kemudian terkait batas usia pensiun jabatan pegawai ASN yaitu dibagi menjadi:

a. Jabatan Manajerial: 60 (enam puluh) tahun bagi pejabat pimpinan tinggi utama, pejabat pimpinan tinggi madya, dan pejabat pimpinan tinggi pratama; dan 58 (lima puluh delapan) tahun bagi pejabat administrator dan pejabat pengawas.
b. Jabatan Non-Manajerial: sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bagi pejabat fungsional; dan 58 (lima puluh delapan) tahun bagi pejabat pelaksana.

Lampiran dan Link Download UU Nomor 20 Tahun 2023

Selengkapnya tentang isi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat diunduh melalui laman resmi Database Peraturan Perundang-Undangan. Berikut link download dan lampirannya:

(wia/imk)detik