Cara Cek Penjadwalan SKD CPNS 2023 di Laman SSCASN BKN

 Ilustrasi link pendaftaran CPNS 2023.

Cara Cek Penjadwalan SKD CPNS 2023 di Laman SSCASN BKN. Foto: Istimewa/ Unsplash.com.

Setelah lolos seleksi administrasi, peserta seleksi CPNS harus mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Lantas mulai kapan peserta bisa mengetahui jadwal CPNS dan cara ceknya? Berikut penjelasannya.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), tes SKD memuat pertanyaan yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan keterampilan dasar peserta. Ujian ini akan dilakukan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT).

Tes SKD terdiri dari tiga bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan 30 soal dan ambang batas 65, Tes Inteligensi Umum (TIU) dengan 35 soal dan ambang batas 80, serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan 45 soal dan ambang batas 166.

Lantas, bagaimana cara melihat jadwal SKD CPNS 2023? Simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Jadwal Tes SKD CPNS 2023

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 Badan Kepegawaian Negara tentang Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 2023, tes SKD CPNS akan dimulai tanggal 9-18 November 2023 atau dilaksanakan selama total 10 hari.

Sebelum melaksanakan tes SKD pada pertengahan bulan November nanti, para peserta CPNS masih harus menunggu penjadwalan SKD CPNS yang dilakukan pada tanggal 1-4 November 2023. Baru setelah itu, peserta dapat melihat tempat, waktu, dan tanggal pelaksanaan tes SKD tanggal 5-8 November 2023.

Mulai tanggal 5 November, pengumuman mengenai daftar peserta, waktu, dan tempat pelaksanaan tes SKD dapat peserta lihat secara online melalui laman resmi SSCASN yang diakses melalui tautan sscasn.bkn.go.id.

Cara Cek Penjadwalan SKD CPNS 2023

  1. Buka situs resmi sscasn.bkn.go.id untuk melihat jadwal tes SKD CPNS
  2. Klik menu "Layanan Informasi"
  3. Pilih menu "Jadwal Ujian"
  4. Di layar akan terlihat jadwal ujian untuk setiap instansi

Demikian cara melihat penjadwalan SKD CPNS 2023 pada laman SSCASN BKN. Semoga bermanfaat!

(apl/ams)detik