Link Pendaftaran CPNS Lulusan SMA beserta Formasinya

 Jaksa menyita 102 dokumen terkait penggeledahan kantor BBWS Pompengan Jeneberang dan BPN Wajo, terkait dugaan korupsi pembebasan lahan Bendungan Pasollerang di Wajo. detikSulsel/Nur Afni

Foto: Jaksa

Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 tinggal menghitung hari tepatnya pada 17 September 2023. Seleksi ini bisa diikuti oleh lulusan dari jenjang SMA/SMK/sederajat hingga D3 dan S1 di berbagai jurusan.

Untuk detikers yang bertanya tentang link pendaftaran CPNS lulusan SMA, dikutip dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) akses melamar hanya bisa dilakukan di Portal SSCASN yaitu https://sscasn.bkn.go.id/.

Seluruh Warga Negara Indonesia termasuk lulusan SMA diperkenankan mendaftar asal memenuhi syarat sesuai tiap-tiap instansi dan batas usia terpenuhi. Lalu instansi mana saja yang membuka formasi untuk lulusan SMA? Berikut daftar selengkapnya dikutip dari berbagai sumber.

Formasi CPNS 2023 Khusus Lulusan SMA

1. Kejaksaan Republik Indonesia

Kejaksaan Republik Indonesia (Kejari) memiliki dua formasi CPNS untuk lulusan SMA yakni Pengelola Penanganan Perkara (2.142 formasi) dan Penjaga Tahanan (2.258 formasi). Tugas Pengelola Penanganan Perkara Kejari berkaitan dengan pengelolaan administrasi penanganan perkara di bidang pidana hingga penegakan hukum perdata dan tata usaha negara (TUN).

Sedangkan Penjaga Tahanan bertugas melakukan penjagaan, pembinaan, pengawalan dan pengelolaan tahanan.

2. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kemenkumham mengumumkan formasi CPNS Penjaga Tahanan dan Dosen dengan jumlah 1.015 orang. Diketahui formasi Penjaga Tahanan dibuka untuk lulusan SMA/Sederajat.

3. Badan Intelijen Negara

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 544 Tahun 2023, formasi CPNS SMA di Badan Intelijen Negara (BIN) adalah Asisten Penata Kelola Intelijen. Formasi ini bertugas di bidang pelaksanaan dan pemberian dukungan teknis penyelenggaraan intelijen di BIN.

Syarat Pendaftaran CPNS 2023

Syarat Umum:

Warga Negara Indonesia (WNI)

Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun

Tidak pernah melakukan tindak pidana hingga dipenjara

Tidak diberhentikan dengan tidak hormat dari PNS, TNI, dan Kepolisian

Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, Polri, dan sejenisnya

Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dibuka, pendidikan yang dibuka dari jenjang SMA/sederajat hingga sarjana (S1)

Sehat jasmani dan rohani

Bukan anggota atau pengurus partai politik

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia maupun negara lain sesuai dengan ketentuan instansi.

Syarat Berkas:

Fotokopi ijazah dan transkrip nilai terakhir

Fotokopi KTP

Fotokopi akta kelahiran

Pas foto terbaru dengan latar belakang merah

Surat pernyataan mau ditempatkan di mana pun

Surat lamaran dan curriculum vitae (CV)

Itulah link pendaftaran dan formasi CPNS yang sudah diketahui terbuka untuk lulusan SMA/sederajat. Ke depannya, masih banyak instansi yang belum mengumumkan formasi CPNS 2023. Jadi, pastikan untuk terus memantaunya dan semoga berhasil 

(nwy/nwy)detik