8 Tips dan Strategi Terbaik dalam Tes CPNS

Sejumlah peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD-CPNS) tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Banda Aceh, Aceh. Selasa (14/9/2021). Pemprov Aceh tahun 2021 membuka formasi PNS sebanyak 3.470 orang yang akan ditempatkan di sejumlah intansi kabupaten/kota, sedangkan jumlah peserta yang mengikuti tes CPNS sebanyak 57.684  orang. ANTARA FOTO/Ampelsa/aww.
Ilustrasi tes CPNS/Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA

 Apakah kamu mendaftar seleksi CPNS 2023? Berikut ini sederet tips dan strategi terbaik yang bisa dilakukan agar lolos tes CPNS.

Setiap tahunnya, seleksi CPNS selalu menyedot banyak pelamar. Sehingga persaingan untuk lolos pun semakin ketat.

Maka dari itu, butuh persiapan yang matang untuk menjalani tes CPNS. Yang kemudian dibarengi dengan doa.

Berikut ini sederet tips dan strategi terbaik dalam tes CPNS. Dengan harapan bisa lolos tes dan menjadi PNS sesuai mimpi dan cita-cita.


Ilustrasi tes CPNSIlustrasi tes CPNS/ Foto: Ilustrasi/Luthfy Syahban

Tips dan Strategi Terbaik dalam Tes CPNS:

1. Buat Jadwal Belajar Teratur dan Fokus pada Materi

Jika kamu bingung harus memulai belajar tes CPNS dari mana, alangkah baiknya menyiapkan jadwal dan fokus. Membuat jadwal akan memudahkan kamu mempelajari materi secara tertata dan tidak berantakan.

Kemudian fokus pada materi yang sedang dipelajari. Sehingga bisa cepat menyerap materi tersebut.

2. Memahami Tipe soal yang Akan Diujikan

Dalam tes CPNS terdapat beberapa tipe soal. Ini harus perhatikan.

Kamu harus sering-sering berlatih soal, dan memahami jenis soal yang ada. Mempelajari jenis soal yang akan diujikan, akan membantu kamu mempersiapkan strategi belajar yang lebih efektif.

3. Kuasai Materi

Ketika kamu sudah memahami tipe soal yang akan diujikan, kuasai materi tersebut. Banyak mencari tipe soal yang serupa dan berlatih.

Agar ketika tes berlangsung, kamu sudah tahu bagaimana cara untuk mengerjakannya.

4. Berlatih dengan Soal-soal

Apabila kamu sudah menguasai materi, coba uji diri dengan soal-soal yang ada. Coba untuk mengerjakan sebisa kamu.

Ini akan memudahkan kamu dalam menghadapi mode soal yang menjebak.

5. Perkuat Bahasa Inggris

Dalam seleksi CPNS, memiliki kemampuan berbahasa Inggris adalah syarat penting. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti bimbingan. Atau bisa dengan belajar dan berlatih secara otodidak.

6. Mengikuti Bimbingan

Jika merasa tidak cukup dengan berlatih otodidak, maka dapat mengikuti bimbingan di luar rumah untuk memperdalam kemampuan dalam menjalani tes CPNS.

7. Mengikuti Simulasi atau Try Out

Apabila 6 langkah di atas sudah dilakukan dan ingin menguji kompetensi, kamu bisa mengikuti simulasi dan try out yang biasanya diadakan di media sosial.

Ini bertujuan untuk mengukur kemampuan. Sehingga jika hasilnya dirasa masih kurang, bisa belajar lebih keras lagi.

8. Percaya Diri dan Berdoa

Langkah akhir adalah meyakinkan diri sendiri serta berdoa. Jangan membanding-bandingkan skill kamu dengan ribuan orang di luar sana yang sedang bersaing juga.

Perbanyak doa dan jangan lupa untuk minta restu kepada kedua orang tua. Agar ketika ujian berlangsung, semuanya berjalan dengan lancar.

Itulah sederet tips dan strategi terbaik dalam tes CPNS. Semoga bermanfaat ya!

(sun/dte)detik