Usulan Kuota PPPK 2022 Pemprov Sulsel

 ILUSTRASI/ Kantor Gubernur Sulsel

Foto: Kantor Gubernur Sulsel (Noval Dhwinuari Antony-detik)

Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) mengusulkan kebutuhan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ke Kementerian PANRB sebanyak 10.587 orang. Formasi PPPK guru terbesar sebanyak 10.385 orang.

"Alhamdulillah, tahun ini kita kembali mengusulkan formasi PPPK Guru. Usulan kami 10.385 formasi, dan pemerintah pusat menetapkan sesuai yang kita usulkan," ungkap Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) usai Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2022 di Jakarta dalam rilis yang diterima, Selasa (13/9/2022).

Pemprov Sulsel total mengusulkan kebutuhan PPPK sebanyak 10.587 formasi. Dengan rincian terbesar untuk PPPK guru ada 10.385 orang. Kemudian jabatan fungsional teknis sebanyak 173 formasi dan jabatan fungsional kesehatan 29 formasi.

"Ini merupakan wujud komitmen kami akan pemenuhan guru di Sulsel dalam rangka mendukung terlaksananya proses pembelajaran yang maksimal di satuan pendidikan," bebernya.

Sementara, Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja memaparkan, total formasi yang disiapkan tahun 2022 ini sebanyak 530 ribu lebih. Ini termasuk formasi untuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Untuk pemerintah pusat yang usulannya paling banyak dari Kementerian Agama. Untuk pemerintah daerah yang terbanyak adalah dari Pemprov DKI Jakarta.

"Sedangkan untuk prioritas guru sebagaimana upaya yang sudah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Guru paling banyak usulan yang sudah masuk adalah dari Provinsi Sulawesi Selatan 10.385 formasi. Ini adalah komitmen pak Gubernur Sulawesi Selatan untuk bisa mencapai kebutuhan guru secara nasional," jelasnya.

(tau/sar)detik