Rangkaian Jadwal Pendaftaran Seleksi PPPK 2022

Rangkaian jadwal seleksi PPPK 2022 hingga pendaftaran. Honorer yang ingin jadi ASN wajib tahu. /Dedhez Anggara/ANTARA FOTO
Berdasarkan surat edaran Menpan RB tanggal 22 Juli 2022, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diimbau untuk segera melakukan inventarisasi data pegawai non ASN di instansinya.

Hal ini untuk dilakukan pendataan tenaga honorer yang akan menjadi bahan evaluasi pemerintah salah satunya untuk diikutsertakan dalam seleksi PPPK 2022.

Pembukaan pendaftaran seleksi PPPK 2022 digadang-gadang semakin dekat. Pasalnya, transfer naskah soal seleksi ASN telah rampung dan diserahkan kepada Panselnas.

Dilihat dari rangkaian jadwal seleksi PPPK tahun ini, agenda penetapan keputusan menteri tentang kebutuhan ASN nasional pada tahun 2022 yang telah dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Juni 2022 lalu.

Masih di bulan Juni 2022 dan pada minggu yang sama hingga minggu kedua Juli, telah diadakan coaching clinic usulan kebutuhan guru tahun anggaran 2022 di instansi daerah.

Sementara itu untuk pembukaan pengusulan ASN tahun 2022 melalui aplikasi formasi untuk instansi daerah juga telah dilaksanakan pada minggu keempat Juni hingga minggu ketiga bulan Juli 2022.

Belum lama ini tepatnya tanggal 29 Agustus 2022, telah diadakan rapat koordinasi transfer atau serah terima naskah soal seleksi ASN tahun 2022.

Dengan hal ini bisa dikatakan, naskah soal untuk seleksi PPPK 2022 telah rampung dan para tenaga non ASN bisa segera bersiap untuk menyambut pembukaan pendaftaran.

Selanjutnya pada minggu pertama bulan September 2022 mendatang, akan diadakan rakor pengadaan ASN tahun 2022.

Pada waktu tersebut juga dilakukan penyerahan keputusan menteri tentang penetapan kebutuhan ASN kepada seluruh instansi pemerintah.

Masih pada minggu pertama September, pemerintah juga akan merilis juknis untuk seleksi PPPK guru di tahun 2022.

Pembukaan pendaftaran seleksi calon ASN direncanakan akan berlangsung pada minggu ketiga dan keempat di bulan September 2022. Sementara untuk tanggalnya belum diinformasikan lebih lanjut.

Sama seperti tahun sebelumnya, pembuatan akun untuk calon ASN akan dilakukan serentak yakni pada minggu ketiga dan keempat bulan September 2022.

Pembuatan akun dapat dilakukan melalui portal SSCASN milik BKN. Bagi yang belum memiliki akun, tentu harus membuat akun terlebih dahulu pada saat pendaftaran telah dibuka.

Sementara guru honorer yang sudah memiliki akun hanya perlu login dengan memasukkan NIK dan password.

Dalam seleksi PPPK guru 2022, pelamar dibagi ke dalam empat kategori yakni pelamar prioritas 1, 2, 3 dan prioritas 4 atau pelamar umum. Pelamar prioritas 1 adalah guru honorer yang telah lulus passing grade pada seleksi PPPK di tahun 2021.

Ketika pendaftaran dibuka, guru prioritas 1 akan langsung ditempatkan. Guru dapat segera login ke akun SSCASN dan melakukan konfirmasi.

Penempatan guru prioritas 1 berdasarkan data dapodik. Jika masih ada formasi yang belum terpenuhi oleh prioritas 1, maka akan dilanjutkan ke prioritas 2 dan 3.

Pelamar prioritas 2 merupakan guru THK-I dan prioritas 3 adalah guru sekolah negeri yang telah mengabdi selama tiga tahun.

Mekanisme seleksi yang akan dilalui prioritas 2 dan 3 yaitu seleksi administrasi berkas dan verifikasi. Proses seleksi dilakukan oleh pihak Kemendikbudristek.

Jika masih ada formasi, pelamar prioritas 4 akan di seleksi melalui tes CAT UTBK. Adapun pelamar prioritas 4 adalah guru honorer sekolah negeri yang masa kerjanya di bawah tiga tahun, lulusan PPG dan guru swasta.***

Editor: Syifa Alfi Wahyudi

Sumber: PANRB