Delapan orang peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Aceh Jaya gagal mengikuti ujian setelah sejumlah peserta tidak hadir pada hari pertama pelaksanaan ujian.

“Karena tidak hadir dan tidak ada keterangan, maka kedelapan peserta ini dinyatakan gugur kepesertaannya,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Jaya Syarif Hidayat di Calang, Sabtu.

Ia mengatakan, pada hari pertama ujian yang dipusatkan di ruang komputer SMAN 1 Calang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya.

Syarif mengatakan pelaksanaan tes CPNS di tengah pandemi COVID-19 juga mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah.

Pihaknya sebagai panitia penyelenggara juga mewajibkan seluruh peserta tes menggunakan masker selama ujian berlangsung, serta memperlihatkan surat kesehatan hasil tes antigen sebelum mengikuti ujian.

"Alhamdulillah, sejauh ini belum ditemukan ada peserta yang positif COVID-19,” kata Syarif Hidayat.

Ada pun formasi yang dibuka pada tahun ini meliputi tenaga kesehatan dan manajemen, dengan total peserta yang mendaftar mencapai 570 orang, tuturnya.