Ujian Susulan PPPK Nagan Raya di SMAN 1 Seunagan, 30 Peserta Rapid Test Antigen Ulang

Pasalnya, mereka sebelumnya diketahui reaktif positif Covid-19 sesuai hasil RA antigen.

Besok, Ujian Susulan PPPK Nagan Raya di SMAN 1 Seunagan, 30 Peserta Rapid Test Antigen Ulang

Peserta PPPK menjalani rapid test antigen gratis di Labkesda Pemkab Nagan Raya, Senin (13/9/2021) 

 Pasalnya, mereka sebelumnya diketahui reaktif positif Covid-19 sesuai hasil RA antigen. 

Sebanyak 30 peserta calon pegawai pemerintah perjanjian kerja (PPPK) di Nagan Raya menjalani rapid test (RA) antigen ulang. 

Pasalnya, mereka sebelumnya diketahui reaktif positif Covid-19 sesuai hasil RA antigen. 

Rapid test ulang guna mereka mengikuti ujian susulan yang telah dijadwal khusus pada Sabtu (18/9/2021). 

"Mereka diberikan peluang untuk rapid test ulang.

Sebab rapid test yang lalu mereka hanya berlaku 1x24 jam (1 hari)," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Nagan Raya, Hajidam , Jumat (17/9/2021).

Menurutnya, rapid test ulang guna diperiksa kembali apakah masih reaktif atau non-reaktif. Pemeriksaan rapid test boleh di Labkesda Nagan Raya atau tempat lain. 

Namun sudah disampaikan kepada peserta yang RA antigen reaktif untuk rapid test ulang di Labkesda sebab disediakan gratis.

"Selain rapid test ulang mereka juga dilakukan swab PCR untuk memastikan apakah terpapar Covid-19 atau tidak," ujar Hajidam.

Terhadap hasil terhadap 30 orang tersebut, ujar Hajidam belum diketahuinya. 

"Besok baru kita ketahui berapa jumlah yang hadir atau tidak.

Kami juga menunggu informasi lanjutan dari Dinkes Nagan Raya," sebut Hajidam seraya menambahkan pihaknya sedang merampungkan persiapan pelaksanaan ujian susulan pada Sabtu.
                 
Di SMAN 1 Seunagan

Menurut Kacabdin Pendidikan Wilayah Nagan Raya, Hajidam mengatakan, ujian susulan bagi yang sebelumnya reaktif dan berhalangan hadir karena sakit pada Sabtu (18/9/2021) dipusatkan hanya di  SMAN 1 Seunagan. 

Ujian sebelumnya diselenggarakan dari 13-16 September pada 3 titik sekolah yang sebelumnya terdaftar peserta PPPK sebanyak 963 orang.

Dikatakan, peserta PPPK yang sudah mengikuti ujian CAT selama empat hari sebanyak 876 orang dari jumlah calon sebanyak 963 orang. 

Sedangkan jumlah peserta yang telah mendaftar hingga siang susulan sebanyak 19 orang. 

Terhadap banyak yang tidak mengikuti ujian belum diketahui, apakah ada penyebab lain atau ada yang tidak hadir karena takut dengan RA antigen. 

Sebab RA antigen dengan hasil non-reaktif merupakan salah satu syarat untuk tes PPPK di semua daerah termasuk di Nagan Raya.

Selama empat hari

Sementara itu, Dinkes Nagan Raya selaku yang melakukan rapid tes antigen gratis terhadap PPPK menemukan 30 orang hasilnya reaktif. 

Sebanyak 30 orang selama empat hari ditemukan hari pertama 14 orang, hari kedua 3 orang, hari ketiga 7 orang dan hari keempat 6 orang. 

Total yang ikut rapid test di Labkesda Pemkab Nagan Raya sebanyak 690 orang.

Kadiskes Nagan Raya, Hj Siti Zaidar didampingi Sekdiskes dr Dedi Apriadi mengatakan, peserta rapid test antigen yang reaktif akan menjalani tes lanjutan swab PCR. (*)Aceh Tribun