1.393 Pelamar CPNS Ikut SKD, Enam Peserta Dinyatakan Gugur

Sebanyak 1.393 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Aceh Barat Daya (CPNS Abdya) formasi tahun 2021

1.393 Pelamar CPNS Ikut SKD, Enam Peserta Dinyatakan Gugur

Wabup Abdya, Muslizar MT, Kabag Ops Polres Abdya, Kompol Masril memantau pelaksanaan CPNS, Jumat (24/9/2021) di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Abdya  
Sebanyak 1.393 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Aceh Barat Daya (CPNS Abdya) formasi tahun 2021 mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Abdya, Jumat (24/9/2021).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya, Cut Hasnah Nur melalui Sekretaris Azharida mengatakan, pelaksanaan SKD tersebut dilaksanakan mulai 24 hingga 30 September 2021.

Menurutnya, pelaksanaan SKD dibagi dalam dua sesi. Masing-masing sesi sebanyak 60 orang peserta. "Untuk sesi pertama hari ini, yang hadir sebayak 54 orang, sedangkan 6 orang lagi tidak hadir,” ujar Sekretaris BKPSDM Abdya, Azharida. Bagi 6 orang peserta yang tidak hadir itu, katanya, dianggap gugur dalam ujian SKD dan tidak dapat lagi mengikuti seleksi selanjutnya yaitu seleksi kompetensi bidang (SKB).

Untuk sesi kedua, tambahnya, dimulai pukul 15.00 WIB dengan jumlah peserta 60 orang. Peserta juga diwajibkan hadir 90 menit sebelum SKD dimulai. Hal itu guna untuk memeriksa kesehatan berupa suhu tubuh dan menampakkan hasil test antigen.

"Kemudian, peserta mengisi absensi hadir, pengesahan nomor ujian dan registrasi PIN sebagai syarat untuk dapat login ke aplikasi Computer Assisted Test (CAT) yang sudah disediakan panitia," terangnya.

Untuk hari kedua sampai hari keenam, pelaksanaan SKD dibagi dalam empat sesi, masing-masing sesi juga diikuti oleh 60 orang peserta. "Nanti hari ketujuh, yaitu hari terakhir, pelaksanaan SKD kembali kita bagi dalam dua sesi dengan jumlah 60 peserta di masing-masing sesi," paparnya.

Pelaksanaan tes SKD ini, tambahnya, diawasi langsung oleh tim dari Kantor Regional XIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aceh.  Peserta yang dinyatakan lulus, katanya, adalah mereka yang mencapai nilai passing grade minimal di tes wawasan kebangsaan (TWK) 65, test intelejensi umum (TIU) 80, dan test karakteristik kepribadian (TKP) 166.

"Yang mencapai target passing grade minimal itu, baru bisa mengikuti SKB. Untuk ke tahapan SKB pun juga dihitung tiga kali jumlah formasi. Misalnya, formasi yang diterima satu, yang lulus passing grade 5, maka yang berhak ke SKB adalah peringkat satu sama tiga, begitu selanjutnya," paparnya.

Azharida berharap, peserta tes CPNS Abdya benar-benar mengikuti seleksi dengan serius dan penuh semangat. Dalam acara pembukaan SKD itu turut hadir  Wabup Abdya, Muslizar MT, Kabag Ops Polres Abdya, Kompol Masril serta tiga orang pengawas dari kantor regional XIII BKN Aceh.(c50)