Hasil Seleksi CPNS Kabupaten Abdya Diumumkan 30 Oktober, Peserta tak Lulus Masih Berpeluang Jadi CPNS

Besok, 

Panitia memberikan masa sanggah bagi pihak-pihak yang keberatan dengan pengumuman kelulusan seleksi CPNS besok.

Hasil Seleksi CPNS Abdya Diumumkan Besok, Peserta tak Lulus Masih Berpeluang Jadi CPNSKetua BKPSDM Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur, menjabat Ketua Panselda CPNS Abdya, didampingi Sekretaris BKPSDM, Rahmad Sumedi SE dan Kabid Pembinaan dan Pengembangan, Pusmeri Surtina SKM, memberi keterangan pers tentang SKD CPNS, Senin (27/1/2020). 

Kelulusan hasil seleksi akhir Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2019, termasuk untuk kebutuhan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), diumumkan, Jumat (30/10/2020) besok. 

Peserta dapat melihat hasil pengumuman CPNS 2019 melalui portal https://sscn.bkn.go.id

Pemerintah mengumumkan hasil kelulusan CPNS yang ditunggu-tunggu itu BKN melakukan sejumlah tahapan. Seperti mengolah nilai SKD dan SKB pada 8-18 Oktober dan rekonsiliasi integrasi SKD-SKB pada 19-23 Oktober 2020 lalu.

Kepala BKPSDM Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur melalui Sekretaris, Rahmad Sumedi SE , Kamis (29/10/2020) membenarkan hal itu.

Peserta yang dinyatakan lulus dalam tahap akhir seleksi CPNS di lingkungan Pemkab Abdya formasi 2019 adalah peserta yang memiliki peringkat terbaik sesuai formasi yang telah ditetapkan.

Peringkat terbaik tersebut berdasarkan  hasil integrasi SKD dan SKB yang dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional.   

Terkait pengumuman hasil seleksi akhir tersebut, panitia memberikan masa sanggah bagi pihak-pihak yang keberatan dengan pengumuman kelulusan seleksi tersebut.

Masa sanggah diberikan selama tiga hari sejak 30 Oktober 2020 atau sejak pengumuman hasil seleksi diterbitkan. Masa sanggah dilakukan sejak 1 sampai 3 November mendatang.

Sangahan dari peserta yang tidak lulus bisa dilakukan pada menu yang telah disediakan pada portal https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan akun peserta.

Setelah masa sanggah, kemudian masa jawab sehingga  perlu waktu sekitar enam hari setelah hasil akhir seleksi diumumkan.

Lalu, tanggal 6 sampai 15  November mendatang, peserta yang lulus mengisi daftar riwayat hidup (DRH) serta menyampaikan kelengkapan dokumen secara elektronik melalui akun masing-masing peserta pada  https://sscn.bkn.go.id untuk pengusulan NIP.

12 Formasi Kosong Peserta

Seperti diberitakan, Pemerintah Pusat, dalam hal ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI memberikan jatah CPNS Lingkup Pemkab Abdya sebanyak 138 orang formasi 2019.

Terbanyak adalah tenaga pendidikan (guru) sejumlah 71 orang, tenaga kesehatan 35 orang, dan tenaga teknis 22 orang. Hal ini berdasarkan Keputusan Menpan RB RI  Nomor 708 Tahun 2019.

Belakangan setelah pelaksanaan SKD, hasilnya diperkirakan formasi sebanyak 138 CPNS tersebut tidak mampu terpenuhi.

Sebab, dari hasil SKD yang diumumkan 23 Meret lalu, tercatat ada sekitar 6   jabatan (12 formasi) tidak ada peserta  yang lulus karena tidak memenuhi passing grade.

Peristiwa ini mengakibatkan 6 jabatan  dengan 12 formasi tersebut tidak ada alias nihil peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang telah dilaksanakan dilaksanakan 22-23 September 2020.   

Dari 6 jabatan dengan 12 formasi CPNS yang kosong peserta SKB, satu formasi diantaranya disebabkan tidak ada peserta yang mendaftar.

Yaitu jabatan ahli peñata anestesi kualifikasi pendidikan D-IV/S1 Anestesi pada RSUD Teungku Peukan dengan formasi 3 orang.

Sedangkan 5 jabatan dengan 9 formasi CPNS formasi lainnya terjadi kekosongan peserta SKB dikarenakan tidak ada peserta yang lulus SKD atau tidak ada peserta yang memenuhi ambang batas passing grade.

“Ada peserta yang mendaftar dan mengikuti SKD, tapi hasilnya tak memenuhi passing grade sehingga tak ada peserta yang berhak mengikuti SKB,” ungkap kata Rahmad Sumedi.

Lima jabatan dengan 9 formasi yang kosong peserta SKB, dirincikan, jabatan guru bahasa Indonesia 1 formasi, guru penjaskes 4 formasi, pranata komputer (disabilitas) 2 formasi, pamong belajar 1 formasi dan deseign  visual 1 formasi.      

Peserta Tak Lulus Masih Berpeluang Jadi CPNS

Sejumlah peserta yang tidak lulus, jangan kecewa berlebihan.

Sebab, diantara peserta yang tidak lulus, masih punya peluang menjadi CPNS lingkup Pemkab Abdya.

Sebab, beberapa peserta tidak lulus bisa mengisi formasi yang kosong asalkan harus sama kualifikasi pendidikannya.

Kepala BKPSDM Abdya, Cut Hasnah Nur melalui Sekretaris, Rahmad Sumedi menjelaskan, peserta yang meraih nilai tertinggi di jabatan lain, kemudian secara by sistem (aplikasi) mengisi formasi yang kosong asalkan kualifikasi pendidikannya sama.

Artinya, formasi yang kosong akan terisi secara aplikasi karena ada yang lulus SKD.

Dari enam jabatan dengan 12 formasi yang kosong karena tidak ada yang lulus SKD, menurut Rahmad Sumedi ada tiga jabatan dengan 7 formasi yang bisa terisi secara sistem oleh peserta nilai tertinggi di jabatan lain dan sama kualifikasi pendidikannya.

Tujuh formasi yang bisa terisi tersebut masing 1 formasi pada jabatan guru bahasa Indonesia, 4 formasi pada jabatan  guru penjaskes dan  2 formasi pada jabatan pranata komputer (disabilitas).

Sedangkan tiga jabatan lain dengan 5 formasi tidak bisa terisi, satu jabatan diantaranya adalah penata anatesi dengan 3 formasi. Jabatan ini  memang jelas tak bisa terisi karena tidak ada peserta yang mendaftar sejak awal dibuka pendaftaran.

Dua jabatan lain, yaitu pamong belajar dan deseign visual masing-masing 1 formasi juga tidak akan terisi. Pasalnya, peserta yang tinggi nilai SKB di jabatan lain, tapi kualifikasi pendidikannya tidak sama sehingga tidak bisa mengisi formasi yang kosong.

Misalnya, kata Rahmad, ada peserta kualifikasi pendidikan matematik meraih nilai terbaik di jabatan lain, tapi tidak bisa mengisi formasi kosong pamong belajar dan formasi design.(*)Aceh Tribun