Rekrutmen Ditiadakan, SKB Tes CPNS Kota Probolinggo Tak Jelas

Ilustrasi

PANDEMI Covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor. Bukan hanya soal kesehatan dan ekonomi, tapi juga rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2020 dan 2021.

Kabar terbaru, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memastikan tidak akan ada pembukaan penerimaan maupun seleksi CPNS 2020-2021. Selain itu, tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 juga tak jelas.

“Kabar yang kami dengar demikian, namun surat secara resminya kami belum menerimanya. Yang jelas, karena ini agenda nasional, maka keputusannya juga tidak akan jauh dengan keputusan nasional,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Gogol Sudjarwo, kemarin.

Meski tidak ada seleksi CPNS, tetapi untuk program sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer, akan tetap berjalan seperti biasa. Sebab, sekolah kedinasan sudah terprogram.

Bila pada 2020-2021 tidak ada rekrumen CPNS, kata Gogol, akan terjadi kekosongan karena ada sejumlah aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun. Namun, ia tidak menyebutkan berapa yang akan pensiun. “Jika tidak ada rekrutmen, maka akan ada kekosogan, soalnya kan ada yang pensiun,” ujarnya.

Selain itu, tahap SKB yang dikabarkan akan digelar pada Agustus-Oktober mendatang, juga masih abu-abu. Sebab, sampai kemarin belum ada kejelasan mengenai jadwalnya. “Sampai saat ini kami juga menunggu, sebab dari BKN juga belum menetapkan jadwal pelaksanaannya,” ujar Gogol. (rpd/rud)