Tes SKB CPNS 2019 Tetap Dilaksanakan Tahun Ini


Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tetap dilaksanakan tahun ini. Setelah mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19. Sejauh ini belum ada informasi penundaan, namun kepastian jadwal tes SKB hingga kini belum diputuskan.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKD) Kabupaten Tegal, Retno Suprobowati mengatakan, dari informasi Badan Kepegawaian Negara (BKN), tes SKB tetap akan dilaksanakan tahun 2020 ini.

Namun pelaksanaan tes tersebut menunggu seleksi sekolah  kedinasan. ’’BKN belum memastikan kapan dilaksanakannya. Kemungkinan tetap dilaksanakan tahun ini, karena belum ada keputusan penundaan,’’ kata Retno.

Saat ini para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Kabupaten Tegal yang lolos tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) masih menunggu tes SKB CPNS 2019  yang semula dijadwalkan 28 Maret 2020.

Menurut Retno pelaksaan tes SKB untuk CPNS di tengah-tengah pandemi Covid-19 membutuhkan persiapan matang, lantaran prosedur dan pelaksaan tes wajib memenuhi protokol kesehatan Covid-19.

Retno mengatakan, tes SKB semula dijadwalkan 28 Maret 2020 bertempat  di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Saat itu, tes SKB akan dilaksanakan dalam tiga sesi. Satu sesi menampung 500 peserta. Adapun jumlah peserta calon PNS dari Kabupaten Tegal yang mengikuti tes SKB tercatat 1.357 orang.

Retno menambahkan, untuk tes CPNS formasi tahun 2020 dipastikan akan ditunda dan rencananya dilaksanakan pada 2021.

Retno mengingatkan masyarakat, agar tidak mudah percaya terhadap janji oknum /orang-orang yang menjanjikan bisa meloloskan tes SKB  dan diterima CPNS.

‘’Pada tes CPNS ini tidak ada orang yang bisa menjamin diterima. Masyarakat agar hati-hati terhadap iming-iming siapa pun yang menjanjikan lulus CPNS. Tes CPNS dilaksanakan secara transparan,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara BKD Kabupaten Tegal, Trianto Budiatmoko menyebutkan secara keseluruhan jumlah peserta seleksi CPNS tahun 2019 Kabupaten Tegal tercatat 12.894 orang.

Namun peserta yang hadir mengikuti saat tes SKD di Udinus Semarang 12.074 orang, sehingga ada  820 orang tidak hadir. ‘’Untuk formasi CPNS 2019 disediakan 499 formasi,’’ pungkasnya.