Tes CPNS Bisa Dilakukan di Mana Saja, Seperti Tes Toefl. Agar Lebih Efektif di Masa Depan

Banyak hal yang disampaikan mereka, seperti pelaksanaan, kapan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) akan segera berakhir, hingga kendala dalam p
Agar Lebih Efektif di Masa Depan, Tes CPNS Bisa Dilakukan di Mana Saja, Seperti Tes Toefl
CPNS 2019 
Kepala BKN Ungkap Selanjutnya Kemungkinan Seleksi CPNS Lebih Efektif, Seperti Tes Toefl
Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, bersama stafnya baru-baru ini melakukan konferensi pers untuk pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 .
Banyak hal yang disampaikan mereka, seperti pelaksanaan, kapan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) akan segera berakhir, hingga kendala dalam pelaksanaan seleksi.
Bima mengungkapkan, bisa saja seleksi CPNS ke depannya lebih lebih fleksibel dan efektif, misal seperti tes Toefl.
Peserta bisa melaksanakan dimana saja dan kapan saja, sehingga tidak ada penumpukan dan memakan waktu lama.
" Ke depan bisa saja pelaksanaan seleksi cpns bisa seperti tes toefl, kapan saja dan di mana saja, sehingga tidak perlu ada penumpukan masa seperti ini, mereka tidak susah payah ketempat tes jauh-jauh hari sebelumnya, dalam keadaan yang penuh dengan orang," jelas Bima seperti dikutip dari Channal YouTube BKN ASNkinibeda berjudul 'konpersi pers'.


Bima menyebutkan, kalaupun itu dilaksanakan, akan ada perubahan aturan yang mengaturnya.
Tentunya aturan tidak seperti seleksi seperti sekarang, semunya akan berubah.
" Kalau dilaksanakan seperti itu tentu saja peraturan dan pelaksanaanya akan berubah," lanjutnya
Di sisi lain, Bima mengatakan, tahapan seleksi CPNS 2019 hingga kini masih terus berlangsung yakni SKD.
Dia pun berharap SKD ini akan berakhir awal Maret dan dilanjutkan dengan pengumuman hasilnya, kemudian dilanjutkan dengan seleksi kompetensi bidang (SKB)

SKD masih beakhir akhir Febuari
Tahapan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah sampai pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Selanjutnya setelah lolos tes SKD akan masuk ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Rangkaian tes SKD CPNS 2019 telah dilaksanakan sejak tanggal 27 Januari 2020 dan dijadwalkan berakhir pada tanggal 28 Februari 2020.
Berdasarkan Siaran Pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 092/RILIS/BKN/XII/2019 hasil SKD dapat diumumkan sekitar tanggal 22 sampai dengan 23 Maret 2020.
Selanjutnya, instansi pusat maupun daerah dapat melaksanakan SKB mulai tanggal 25 Maret 2020 hingga 10 April 2020.
Pengumuman hasil seleksi tersebut dapat disampaikan pada tanggal 27 hingga 30 April 2020 guna integrasi nilai SKD dan SKB untuk kemudian diumumkan hasilnya tanggal 1 Mei 2020.

Lulus Passing Grade (PG) SKD Belum Tentu Lanjut ke SKB
Berdasarkan Siaran Pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 007/RILIS/BKN/II/2020 bahwa peserta SKD yang mampu melampaui PG, tidak serta merta dinyatakan lulus SKD dan otomatis bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Nilai peserta SKD yang lolos PG akan diolah terlebih dahulu, karena satu formasi tidak dilamar oleh peserta dari satu titik lokasi (Tilok) saja, namun harus digabungkan dengan hasil SKD pelamar dari berbagai Tilok.
Selain itu dalam pemeringkatan nilai SKD juga harus menyertakan hasil SKD peserta P1/TL (peserta seleksi CPNS 2018 yang memenuhi PG SKD dan masuk dalam 3 kali formasi jabatan yang dilamar untuk mengikuti SKB tahun 2018 namun dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir).
Tahap pengolahan data akan dilanjutkan dengan tahap rekonsiliasi data hasil SKD yang melibatkan instansi penyelenggara SKD dan BKN.
Hasil rekonsiliasi tersebut kemudian akan diajukan kepada Kepala BKN untuk mendapat approval dan digital signature (DS) yang dilakukan by system pada portal SSCASN.
Kemudian, hasil SKD seluruh peserta seleksi akan disampaikan Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas kepada PPK masing-masing instansi melalui portal SSCASN dan admin instansi dapat mengunduh hasil SKD tersebut.
Selanjutnya Ketua Panitia Seleksi Instansi akan menetapkan pengumuman hasil kelulusan SKD dan menyampaikannya kepada publik. (Bngkpos/Nordin)