Ruangan SKB CPNS 2019, Kapasitas 60 Orang Diisi 20-25 Peserta Saja

Intip Suasana SKB CPNS yang Akan Segera Digelar, Ruangan Kapasitas 60 Orang Diisi 20-25 Peserta Saja

Kepala BKN Bima Hari Wibisana sebelumnya memastikan bahwa SKB CPNS 2019 yang sempat ditunda akibat pandemi covid-19 akan kembali digelar.

Intip Suasana SKB CPNS yang Akan Segera Digelar, Ruangan Kapasitas 60 Orang Diisi 20-25 Peserta Saja
JADWAL SKB CPNS - (ilustrasi) Suasana tes CPNS Pemkot Surabaya di Gelanggang Remaja Tambaksari, Minggu (9/2). Setelah melalui tahap SKB, peserta yang dinyatakan memenuhi syarakat selanjutnya akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 
Sejumlah instansi sudah mulai melakukan persiapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 yang akan segera digelar.
Untuk diketahui, SKB CPNS 2019 yang seharusnya dilaksanakan pada 25 Maret 2020 terpaksa ditunda gara-gara wabah virus Corona atau covid-19 masih merebak di Indonesia.
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Hari Wibisana sebelumnya memastikan bahwa SKB CPNS 2019 yang sempat ditunda akibat pandemi covid-19 akan kembali digelar.
Rencananya, pelaksanaan SKB CPNS 2019 itu akan dilakukan pada Bulan Agustus hingga Oktober 2020.


"Jadwal SKB rencana akan dilakukan pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2020, setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai," kata Bima dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR, Selasa (23/6/2020).
Pelaksanaan SKB CPNS 2019 akan dilakukan dengan protokol kesehatan covid-19 secara ketat.
Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 untuk menetapkan lokasi ujian yang layak.
"Panselnas akan menetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa saja terjadi lintas kabupaten/kota, lintas provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta," ujar Bima.
"Oleh sebab itu, Panselnas akan melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas covid-19 di pusat atau daerah," lanjut dia.
Bima mengatakan, saat ini BKN telah menyiapkan surat edaran terkait pelaksanaan SKB CPNS 2019 dengan protokol kesehatan covid-19.
Hingga saat ini BKN masih terus memantau perkembangan pandemi covid-19 di Tanah Air.

"Hal ini tetap melihat keadaan situasi perkembangan pandemi covid-19 ke depan. Saat ini BKN telah menyiapkan surat edaran Kepala BKN tentang mekansime pelaksanaan seleksi dengan computer assistant test (CAT) yang mengedepankan protokol kesehatan, pencegahan penyebaran covid-19 sesuai dengan keputusan Menkes," ucap dia.
Ruang berkapasitas 60 orang akan diisi 20-25 peserta SKB CPNS saja
Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD-Diklat) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyatakan siap menyelenggarakan tes seleksi kemampuan bidang (SKB) bagi peserta yang lulus seleksi tahap pertama, seleksi kompetensi dasar (SKD).
JIka memang Panselnas menetapkan seleksi SKB dilanjutkan akhir Agustus hingga awal Oktober, daerah akan melakukan persiapan.
Kasubsi Motasi dan Formasi BKD-Diklat HSS Zulkipli Mahmud, yang dikonfirmasi Selasa (23/6/2020) mengatakan, secara resmi pihaknya belum menerima surat pemberitahuan dari Panselnas dan BKN.

“Tapi jika memang mau dilaksanakan Agustus hingga awal Oktober, kami siapkan penyelenggaraanya. Termasuk setting pengaturan ruang tes dan computer sesuai protokol kesehatan,”ungkap Mahmud.
Disebutkan, sebelum wabah covid-19 pada seleksi tahap pertama, jumlah peserta dalam satu ruangan sebanyak 50 dan 60 orang terdiri dua ruang komputer.
Adapun total peserta seleksi kemampuan dasar (SKD) HSS berjumlah 3.495 orang dengan masa pelaksanaan seleksi selama delapan hari.
Sedangkan peserta yang lulus seleksi, 300 orang lebih.
“Sesuai protokol kesehatan, mungkin nanti hanya bisa 20 sampai 25 orang dalam satu ruangan. Waktu penyelenggaraan tiga sampai empat hari,”katanya.
Dikatakan, dalam penyelenggaraan SKB nanti, pihaknya siap melaksanakan sesuai petunjuk BKN maupun Kementerian Kesehatan.
Sementara, salah satu peserta yang lulus SKD, Rosida menyatakan senang jika benar seleksi CPNS program 2019 yang diseleggarakan pada Januari hingga Maret 2020 itu dilanjutkan.
“Selama ini saya sangat menantikan, dan berharap ada kejelasan kelanjutannya,” kata tenaga medis honor di RS Sambang Lihum Banjarbaru yang ikut seleksi CPNS di Pemkab HSS ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas. dengan judul "Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2019 Digelar Agustus-Oktober 2020" dan di banjarmasinpost dengan judul BKD HSS Siap Selenggarakan Tes SKB Seleksi CPNS Secara Protokol Kesehatan